Permudah Presentasimu dengan Peralatan Ini

Permudah Presentasimu dengan Peralatan Ini

Jasa Presentasi – Topik dan konten sudah siap, latihan sudah matang, penampilan sudah rapi, tetapi tiba-tiba file presentasimu tidak dapat dibuka atau hilang.

Topik dan konten sudah siap, latihan sudah matang, penampilan sudah rapi, file presentasi sudah terpampang gagah di depan audiens, namun ketika melakukan presentasi, kamu harus mondar-mandir untuk mengganti slide.

Topik dan konten sudah siap, latihan sudah matang, penampilan sudah rapi, file presentasi sudah terpampang gagah di depan audiens, namun ketika ingin berpindah slide, kamu harus mengatakan “next… selanjutnya… bukan, bukan, slide yang sebelumnya”

Topik dan konten sudah siap, latihan sudah matang, penampilan sudah rapi, file presentasi sudah terpampang gagah di depan audiens, namun ketika sampai pada slide 20, waktu yang diberikan sudah habis padahal masih ada 40 slide lagi yang belum dijelaskan.

Topik dan konten sudah siap, latihan sudah matang, penampilan sudah rapi, file presentasi sudah terpampang gagah di depan audiens, presentasi selesai dengan tanggapan yang bagus dari audiens, namun ketika tiba pada sesi tanya-jawab, kamu lupa semua pertanyaan yang telah dilontarkan.

Jika beberapa kondisi di atas pernah kamu alami atau tidak ingin kamu alami, kamu perlu melengkapi presentasimu dengan beberapa peralatan berikut ini.

 

Remot atau pointer presentasi

Tidak seperti mouse yang harus digunakan berdekatan dengan laptop/pc, remot atau pointer presentasi membantumu mengendalikan jalannya slide presentasi dari jarak jauh. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat dan memudahkan kita, sebagai presenter, ketika melakukan presentasi, sehingga tidak perlu meminta bantuan orang lain atau repot menangani sendiri.

 

Flashdisk/harddisk yang berisi cadangan file presentasi

Kamu tentu tidak menginginkan hal buruk yang tidak terduga terjadi pada hari presentasimu kan? Salah satu hal yang mungkin sepele namun penting adalah membuat cadangan file presentasi, meskipun hal ini tidak lagi menjadi penting ketika kamu merupakan seorang presenter atau pembicara yang baik dan berpengalaman. Namun, agar audiens lebih mengingat konten presentasimu, kamu perlu menggunakan visual. Buatlah cadangan dengan menaruhnya pada media penyimpanan lain, seperti flashdisk, harddisk, atau media penyimpanan online (dropbox, google drive, dll).

 

Pulpen dan buku note

Presentasi atau public speaking sangat identik dengan penggunaan media digital dan lisan, sehingga penggunaan media tulis manual dianggap tidak penting. Namun hal ini bukan berarti media tulis manual tidak dibutuhkan, terutama bagi kamu yang percaya bahwa menuliskan sesuatu secara manual dapat meningkatkan daya ingat. Kamu dapat mencatat setiap pertanyaan, kritik, saran, dan pendapat dari audiens dengan menggunakan media catat manual. Kelebihan lainnya adalah kamu dapat mencatat sesuai dengan keinginan dengan cepat, seperti ketika kamu ingin membuat alur sendiri.

 

Air minum

Meskipun tidak berhubungan secara langsung dengan presentasi, air minum dapat memastikan tubuhkan tidak kekurangan cairan, sehingga akan lebih fokus dalam menyampaikan presentasi. Untuk itu, pastikan untuk selalu menyediakan atau membawa air minum dan buatlah dirimu tetap terhidrasi.

 

Kartu nama

Setelah menyampaikan presentasi yang berkesan, para “fans” barumu pasti menginginkan untuk terhubung denganmu. Untuk itu, pastikan untuk selalu membawa beberapa kartu nama agar dapat kamu bagikan kepada para “fans” barumu itu. Selain itu, menyediakan kartu nama juga penting untuk terhubung dengan “orang hebat” lainnya yang hadir dalam presentasi. Dengan begitu, jejaringmu akan semakin bertambah dan mungkin saja dapat mempengaruhi pekerjaan dan bisnismu.

 

Smartphone/tablet

Smartphone atau tablet merupakan aksesoris presentasi yang tidak perlu disarankan lagi untuk dibawa. Karena di era digital ini, diyakini bahwa setiap orang sudah memiliki minimal 1 ponsel pintar di tangannya. Namun sebagai presenter, kamu harus pandai memanfaatkannya untuk mendukung presentasi. Misalnya dengan menggunakannya timer pada ponsel jika kamu memiliki batas waktu yang ketat, atau sebagai remot presentasi (dengan mendonwload aplikasinya), atau sebagai media catat digital. Selain itu, smartphone atau tablet juga dapat digunakan sebagai cue card presentasi.

 

Jam tangan

Bagi sebagian orang, jam tangan sudah tidak terlalu dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, namun bagi sebagian lainnya, jam tangan tidak dapat tergantikan meskipun saat ini kita disajikan dengan kecanggihan smartphone. Jika kamu akan melakukan presentasi, ada baiknya memakai jam tangan, sehingga dapat digunakan untuk melihat jam tanpa harus bertanya atau membuka ponselmu di depan audiens.

 

Kamera

Jika kamu adalah tipe orang yang selalu belajar dari pengalaman, ada baiknya jika membawa kamera ketika melakukan presentasi. Selain untuk membuat jejak, merekam presentasi yang sedang kamu lakukan dapat membantu dan memudahkanmu untuk memberikan koreksi pada diri sendiri, sehingga kamu tahu apa yang masih kurang dan harus dibenahi. Dengan begitu, kamu dapat belajar dari kesalahan dan bisa menjadi presenter yang lebih baik.

 

Masih banyak peralatan yang bisa kamu persiapkan untuk menghindari hal buruk yang mungkin terjadi, seperti speaker portable, makanan atau minuman yang mengandung mint, minuman berenergi, software live polling, microphone, baterai cadangan, handout presentasi untuk audines, tas punggung atau tas laptop, dan lain sebagainya.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 085742499660 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *