PowerPoint vs PDF, Mana yang akan Kamu Gunakan untuk Presentasi?

Jasa Presentasi – Presentasi merupakan hal yang akan selalu dihadapi oleh para profesional, entah itu untuk memaparkan informasi, mengedukasi, maupun untuk meyakinkan calon investor. Lalu, format seperti apa yang paling baik untuk digunakan dalam melakukan presentasi? Beberapa akan memilih menggunakan PowerPoint, namun tidak sedikit para profesional memilih menggunakan PDF karena beberapa alasan. Berikut adalah perbandingan PowerPoint dan PDF yang bisa membantuk kita dalam memilih format yang akan digunakan.

 

Kelebihan PowerPoint dibandingkan PDF

1. Terdapat Animasi dan Transisi. PowerPoint menawarkan cara menarik untuk membuat presentasi kita menjadi lebih hidup yakni dengan menambahkan animasi dan transisi. Ketika diterapkan secara tepat dan tidak berlebihan, animasi dan transisi akan menambah ketertarikan slide presentasi yang akan kita tampilkan. Hal ini tidak bisa dilakukan ketika menggunakan PDF.

2. Dapat Memutar Video dan Audio. Terkadang, kita membutuhkan elemen lain untuk mendukung penyampaian presentasi, seperti video atau audio. Pada PowerPoint, kita bisa menyisipkan dan menampilkannya secara langsung dari slide. Berbeda jika kita menggunakan PDF untuk presentasi.

3. Dapat Diedit. Ketika menggunakan PowerPoint, kita bisa mengeditnya kapan pun, bahkan beberapa menit sebelum presentasi di mulai. Sedangkan jika menggunakan PDF, hal ini tidak mudah untuk dilakukan.

 

Kelebihan PDF dibandingkan PowerPoint

1. Teks Tidak Berubah Ketika Menggunakan Font Kustom. Agar slide presentasi tidak kaku dan monoton, kita perlu memperhatikan pemilihan font. Kita bisa menggunakan font default maupun font kustom. Penggunaan font kustom yang tepat memang akan menambah tampilan presentasi kita menjadi lebih menarik dan berbeda dengan lainnya, namun hal ini bisa berakibat fatal ketika kita menggunakan device lain yang belum memiliki font yang digunakan dalam presentasi. Meskipun demikian, hal ini dapat diatasi dengan menyimpan presentasi dalam format PDF. Apapun font yang digunakan dalam presentasi, tampilannya akan tetap sama ketika ditampilkan dalam PDF.

2. Dapat Didistribusikan secara Universal. Masalah selanjutnya yang muncul ketika kita menggunakan PowerPoint adalah file yang tidak ramah di semua perangkat, artinya tidak semua perangkat bisa menangkap dengan baik tampilan slide presentasi yang sudah kita buat. Di sisi lain, PDF dapat ditampilkan, didistribusikan, dan dibaca pada hampir semua perangkat. Kita dapat mengirim presentasi dalam format PDF melalui email, dan penerima dapat melihatnya dengan jelas di perangkat selulernya.

3. Memiliki Ukuran File yang Tidak Besar. Foto dan video berkualitas tinggi merupakan unsur visual yang bisa mendukung presentasi untuk lebih mudah dipahami dan akan membuatnya lebih menarik. Penggunaan foto atau video berkualitas tinggi ini akan menyebabkan ukuran file yang besar. Pada beberapa kasus, hal ini dapat mempersulit kita ketika akan membagikannya kepada pihak lain. Berbeda jika file presentasi kita disimpan dalam format PDF, sebab hal ini memungkinkan kita untuk menambahkan foto atau video beresolusi tinggi tanpa ukuran file yang besar.

 

Setelah mengetahui beberapa perbandingan antara PowerPoint dan PDF, manakah format yang menurutmu lebih baik? Jadikan beberapa perbandingan di atas untuk membantumu mempertimbangkan format presentasi yang akan digunakan. Pastikan format yang kamu pilih merupakan format yang memudahkanmu ketika melakukan presentasi.

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *