Tips Berpenampilan Menarik Untuk Presentasi

Tips Berpenampilan Menarik Untuk Presentasi

Tips Berpenampilan Menarik Untuk Presentasi

Tips Berpenampilan Menarik Untuk Presentasi

Jasa Presentasi – Ketika berkaitan dengan presentasi, kebanyakan presenter akan lebih fokus untuk menyampaikan pesan dan informasi pada audiens. Hal ini memang penting, namun terdapat faktor lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu hal yang berkaitan dengan penampilan fisik.

Penampilan merupakan cerminan yang menunjukkan apakah presenter adalah seseorang yang profesional, berpengetahuan, menyenangkan, atau layak untuk didengarkan. Oleh karena itu, presenter harus memperhatikan penampilan sebelum melakukan presentasi. Bagaimana berpenampilan yang menarik untuk presentasi? Berikut beberapa tips untuk membantu presenter menentukan pakaian yang akan dikenakan dalam presentasi.

  1. Berpakaianlah seperti audiens

Ketika memilih pakaian, sesuaikan dengan tema dan demografi audiens. Pilihlah pakaian yang sesuai dengan audiens atau sedikit lebih baik dari audiens. Misalnya, ketika presenter akan memberikan presentasi di hadapan mahasiswa, kenakanlah pakaian yang bebas tapi rapi, seperti baju batik dan celana bahan atau bahkan bisa mengenakan celana jeans (tidak ketat). Jika akan memberikan presentasi di hadapan para eksekutif, kenakan pakaian formal, seperti kemeja dan jas. Pakaian dapat menentukan apakah audiens dapat terhubung dengan presenter atau tidak. Oleh karena itu, hindari mengenakan pakaian yang terlalu berlebihan atau lebih buruk dari audiens.

  1. Kenakan pakaian yang memudahkan untuk bergerak

Body language sangat penting dalam penyampaian presentasi, karena akan membuat audiens terhubung dengan presenter, sehingga pesan dan informasi yang disampaikan dalam presentasi menjadi lebih mudah tersampaikan. Oleh karena itu, kenakan pakaian yang tidak menyulitkan presenter untuk bergerak. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat dan sepatu yang kurang nyaman. Meskipun mengenakan pakaian yang menarik memang penting, namun pertimbangkan juga kenyamanan dan kemudahan untuk bergerak dalam memilih pakaian.

  1. Berpenampilan sesuai usia

Berpenampilanlah sesuai dengan usia. Meskipun pada tips pertama menyebutkan untuk berpenampilan sesuai dengan audiens, bukan berarti presenter harus berpenampilan persis seperti style auidens. Sebagai contoh, jika audiens berusia 20-an tahun dan mengenakan pakaian kasual, bukan berarti presenter yang berusia 40 tahun harus mengenakan pakaian bergaya anak muda 20 tahun, tetapi presenter dapat menggunakan gaya kasual yang sesuai dengan usianya.

  1. Berhati-hati dengan warna

Warna pakaian dapat mencerminkan sebuah isyarat yang ingin disampaikan presenter kepada audiens. Namun bukan berarti presenter mengenakan satu warna dalam pakaiannya. Misalnya, presenter mengenakan kemeja, dasi, celana, dan jas berwarna merah untuk membawa pesan keberanian. Untuk itu, kombinasikan beberapa warna pakaian, namun jangan terlalu berlebihan dan jangan mengkombinasikan terlalu banyak warna. Pilih warna yang cocok dan menggambarkan diri atau mewakili brand. Jika presenter tidak yakin dengan warna yang cocok dan sesuai, mintalah pendapat dan saran pada saudara, teman, atau rekan kerja.

 

Tips Khusus Untuk Wanita

  • Kenakan pakaian yang tertutup. Pakaian yang terlalu terbuka akan menunjukkan bahwa presenter tidak profesional.
  • Jika presenter memutuskan untuk mengenakan dress atau rok, kenakanlah yang tidak terlalu pendek. Kenakan dress atau rok yang memiliki panjang di bawah lutut.
  • Kenakan makeup secukupnya. Hindari menggunakan makeup yang berlebihan.
  • Jika ingin mengenakan sepatu berhak tinggi, pertimbangkan tinggi hak agar tidak menyulitkan dalam bergerak.
  • Hindari terlalu banyak mengenakan aksesoris.

 

Tips Khusus Untuk Pria

  • Pastikan pakaian yang digunakan sesuai. Hindari mengenakan celana yang terlalu ketat, namun jangan terlalu longgar. Begitu juga dengan atasan, kenakan kemeja yang pas.
  • Pastikan untuk tidak mengenakan pakaian yang kusut.
  • Kenakan sepatu yang sesuai dengan pakaian. Jika menggunakan setelah jas, gunakan sepatu pantofel. Hindari menggunakan sandal.
  • Jika presenter memiliki brewok, pastikan untuk merapikannya.

 

Penampilan yang baik dapat menambah kepercayaan diri presenter dan memudahkan audiens untuk terhubung dengan presenter. Hal ini dapat mengantarkan presentasi pada kesuksesan. Oleh karena itu, ikuti panduan berpenampilan di atas untuk mempermudah memilih pakaian yang akan dikenakan dalam presentasi. Berikan kesan pertama yang baik di mata audiens, sehingga mereka tertarik untuk memperhatikan presentasi.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *