Tips Menghemat Waktu dalam Membuat Presentasi

Tips Menghemat Waktu dalam Membuat Presentasi

Jasa Presentasi – Bagi sebagian orang, membuat presentasi bukanlah hal yang mudah. Diperlukan banyak waktu yang untuk menciptakan presentasi yang menarik. Untuk memudahkan dan menghemat waktumu dalam mendesain slide presentasi, ikutilah beberapa tips berikut ini.

  1. Gunakan shortcut

Tips pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghemat waktu dalam membuat presentasi adalah dengan menggunakan shortcut. Shortcut atau jalan pintas dalam dunia teknologi terutama dunia komputer biasanya dilakukan dengan menggunakan tombol keyboard. Meski tidak terlihat secara signifikan, kamu akan lebih menghemat waktu ketika menggunakan kombinasi shortcut dan mouse. Jangan biarkan satu tanganmu sibuk sementara tangan yang lainnya diam tidak melakukan apa-apa. Gunakan tangan kananmu untuk mengatur mouse dan tangan kirimu untuk mencapai jalan pintas. Dengan begitu, pekerjaanmu akan lebih efektif dan efisien.

  1. Download template powerpoint

Mengerjakan desain membutuhkan banyak waktu dan kreativitas, padahal kamu masih memiliki banyak hal yang perlu dikerjakan. Untuk itu, kamu perlu mempersingkat waktu dalam mendesain slide presentasi, yaitu dengan cara mengunduh template slide presentasi secara online baik yang gratis maupun berbayar. Pastikan template yang kamu gunakan menarik dan professional.

  1. Buat outline sebelum masuk ke powerpoint

Agar pekerjaanmu lebih terarah dan teratur, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat outline. Outline di sini tidak hanya berupa urutan konten yang akan disertakan dalam presentasi, tetapi termasuk juga daftar elemen visual (gambar, video, ikon, dll) yang akan digunakan. Pastikan kamu sudah mempersiapkan juga situs-situs yang akan dikunjungi.

  1. Cari inspirasi dan tentukan tema terlebih dahulu

Sebelum mulai membuka software atau aplikasi desain presentasi, carilah inspirasi di internet, di situs-situs yang berisi kumpulan desain presentasi untuk memilih tema yang tepat untuk presentasimu. Setelah menentukan tema, lakukanlah tips nomor 3, yaitu membuat outline beserta detail elemen lain yang akan disertakan.

  1. Kurangi teks, perbanyak visual

Ketika konten slidemu memiliki sedikit teks, maka kemungkinan besar slide akan memiliki tampilan yang clean dan simple. Hal ini tentu akan lebih memudahkanmu dalam melakukan desain, karena visual berupa gambar, ikon, atau video, bisa didapatkan tanpa perlu membuatnya.

  1. Berlatih

Kunci utama dari semua praktek adalah berlatih. Selain membantu membuat hasil yang sempurna, berlatih juga dapat membiasakan sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat selesai. Kamu tidak hanya dapat berlatih ketika harus membuat presentasi, tetapi juga dapat memanfaatkan waktu luang untuk melakukan percobaan.

  1. Daur ulang

Ketika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mendesain presentasimu sendiri, kamu dapat mengubah konten dari file presentasi yang sudah ada. Juga dapat menggunakan elemen lain yang sudah tersedia. Namun perlu diingat bahwa elemen yang akan digunakan harus memiliki tema yang mirip atau sama, sehingga meskipun menghemat waktu, slide presentasimu juga mudah dipahami dan menarik.

  1. Pertahankan proses yang sesuai denganmu

Banyak sekali tips di luar sana yang memberikan saran mengenai proses atau langkah-langkah yang dapat diterapkan untuk mendesain presentasi. Tips ini mungkin berguna bagi sebagian orang, namun bisa jadi sesuai jika digunakan bagi mereka yang sudah terbiasa mendesain presentasi sesuai dengan alur yang ia ciptakan sendiri. Kamu boleh mencoba mengikuti tips-tips tersebut, namun jika kamu sudah terbiasa dengan caramu, sebaiknya tetap gunakan caramu sendiri. Akan tetapi jika ada cara yang lebih baik, tidak ada salahnya untuk mencoba.

  1. Tidak perlu menjadi sempurna

Salah satu penyebab seseorang memakan terlalu banyak waktu untuk mendesain presentasi adalah karena terlalu perfeksionis. Mendesain presentasi dengan sempurna memang baik, namun jika memakan terlalu banyak waktu, malah akan merugikan diri sendiri. Oleh karena itu, kamu tidak perlu menjadi sempurna, cukup buat desain yang simple namun menarik

  1. Sewa desainer presentasi

Ini merupakan cara terakhir yang dapat ditempuh seseorang ketika ingin menghemat waktu dalam mendesain presentasi. Cara ini dapat terjadi karena dua hal, yaitu karena kamu tidak memiliki banyak waktu dan banyak hal lain yang perlu dikerjakan atau karena kamu tidak terlalu menguasai desain presentasi. Jika kamu memenuhi kedua alasan tersebut, kamu sebaiknya menerapkan cara ini, menyewa desainer presentasi. Selain menghemat waktu, hasilnya pun tidak diragukan lagi. Kamu hanya perlu menjelaskan detailnya dan biarkan mereka melakukan pekerjaannya.

 

Sumber : http://presentationpanda.com/blog/10-powerpoint-time-saving-tips-for-creating-presentations-3x-faster/


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 085742499660 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *