Tips Menyertakan Humor yang Tepat dalam Presentasi

Jasa Presentasi – Kunci kesuksesan sebuah presentasi adalah pemahaman audiens akan presentasi. Agar audiens dapat memahami presentasi, audiens perlu terhubung dengan presenter. Salah satu cara agar audiens terhubung dengan presenter adalah dengan mencairkan suasana menggunakan humor.

Humor, selain berfungsi agar audiens terhubung, juga dapat membuat status presenter terlihat lebih tinggi, lebih kompenten, dan lebih percaya diri, jika dilakukan dengan benar. Namun jika dilakukan dengan tidak sesuai dan tidak membuat audiens tertawa, malah akan membuat presenter terlihat tidak kompeten dibandingkan dengan presenter yang tidak menyertakan humor dalam presetasinya.

Bagaiamana menyertakan atau menggunakan humor yang tepat dalam sebuah presentasi? Berikut beberapa tips yang dapat membantumu membuat menyampaikan humor yang berhasil.

  1. Lakukan percobaan

Ketika seorang presenter telah merencanakan sebuah humor yang akan disertakan dalam presentasi, lakukanlah percobaan terlebih dahulu dengan menceritakannya di hadapan teman atau rekan sebelum menyampaikannya di depan publik yang mungkin sebagian besar belum dikenal.

  1. Menjadikan diri sendiri sebagai bahan humor

Otak manusia lebih menyukai dan mudah memahami sebuah cerita dibandingkan penjelasan teoritis. Untuk membuat audiens tertarik dalam presentasi, presenter perlu menambahkan cerita, terutama pengalaman pribadi. Agar semakin menarik, cerita perlu ditambahkan humor agar lebih hidup dan mencairkan suasana.

Humor mungkin akan berhasil dan membuat audiens tertawa, namun audiens akan kehilangan kepercayaan dan ketertarikan pada presentasi ketika presenter membuat lelucon tentang orang lain, terutama jika lelucon berupa hinaan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika presenter menjadikan diri sendiri beserta pengalamannya sebagai bahan lelucon. Hal ini akan meningkatkan kekaguman dan ketertarikan audiens terhadap presenter dan presentasi yang disajikannya.

  1. Buat humor secara umum

Ketika seorang presenter memutuskan untuk menyertakan humor dalam presentasinya, pastikan agar humor tidak hanya membuat tertawa beberapa orang saja, tetapi semua audiens yang hadir juga dapat ikut tertawa. Oleh karena itu, buatlah lelucon yang bersifat umum, simple, dan mudah dipahami.

  1. Jangan lakukan jika ragu

Presenter yang tidak terbiasa menggunakan humor mungkin akan ragu ketika ingin menyertakannya dalam presentasi. Namun jika presenter belum yakin apakah humor yang dibuatnya dapat diterima oleh audiens atau tidak, lebih baik tidak mengungkapkannya sama sekali, dari pada mengambil risiko yang bisa saja berakhir buruk, misalnya kehilangan klien dan reputasi.

 

Humor atau lelucon merupakan cara yang efektif untuk mencairkan suasana dan membuat audiens terhubung dengan presenter. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat dan menyampaikannya dengan benar dan tepat.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *