10 Tips untuk Menjadi Public Speaker yang Hebat

10 Tips untuk Menjadi Public Speaker yang Hebat

10 Tips untuk Menjadi Public Speaker yang Hebat

10 Tips untuk Menjadi Public Speaker yang Hebat

Jasa Presentasi – Presentasi tidak bisa dipisahkan dari public speaking. Public Speaking atau berbicara di depan orang banyak adalah salah satu komunikasi yang menggunakan lisan sebagai medianya dengan output berupa pidato, ceramah, presentasi, dan lain-lain.

  1. Pahami Materi yang akan Disampaikan

Pilihlah sebuah topik yang diminati dan pahami lebih dalam tentang topik yang akan dibahas. Sertakan humor, cerita atau pengalaman pribadi, dan gunakan bahasa yang biasa digunakan sehari-hari. Cara ini dapat digunakan agar tidak lupa dengan apa yang akan disampaikan.

  1. Berlatih, Berlatih, dan Berlatih

Peribahasa practice makes perfect dapat dijadikan acuan untuk menjadi public speaker yang baik. Cobalah berlatih dengan peralatan yang akan digunakan, misalnya mic dan slide presentasi. Gunakan teknik pausing & breathing untuk mengatur pernapasan dan mengurangi grogi.

  1. Kenali Audiens

Sapa beberapa audiens secara pribadi untuk lebih mengenal audiens yang akan menjadi target public speaking. Hal ini dilakukan karena lebih mudah untuk berbicara di depan beberapa teman  atau orang yang sudah dikenal dibandingkan di depan orang asing.

  1. Kenali Ruangan yang akan Digunakan

Datang lebih awal dan cobalah berjalan di sekitar area yang akan digunakan. Berlatih menggunakan mic dan beberapa peralatan visual untuk membiasakan diri.

  1. Relaks

Santai akan memberikan lebih banyak waktu dan mengurangi kegugupan. Berhenti sejenak, tersenyum, dan berhitung sampai tiga sebelum memulai berbicara agar santai, karena gugup akan membuatmu melupakan beberapa materi yang sudah disiapkan.

  1. Bayangkan Diri Sendiri Sedang Berbicara di Depan Publik

Bayangkan diri sendiri sedang berbicara di depan publik dengan suara yang keras, jelas dan penuh percaya diri. Kemudian bayangkan audiens bertepuk tangan ketika selesai berbicara.

  1. Sadari bahwa Orang-orang Menginginkanmu untuk Sukses

Ketika datang untuk mendengarkan sebuah presentasi, audiens akan berharap bahwa speaker atau presenter akan menyampaikan materinya dengan menarik, membangkitkan semangat, informatif dan menghibur. Sadarilah bahwa harapan audiens adalah dukungan agar public speaking berhasil.

  1. Jangan Meminta Maaf untuk Apapun

Audiens mungkin tidak pernah tahu bahwa kamu grogi. Jadi, percaya diri sangat diperlukan untuk menjadi public speaker yang hebat. Meminta maaf adalah salah satu hal yang menandakan bahwa seseorang melakukan kesalahan. Oleh karena itu, hindari meminta maaf jika tidak melakukan kesalahan fatal.

  1. Berkonsentrasilah pada pesan – bukan pada sarana

Alihkan perhatian dari kecemasan dan fokus untuk menyampaikan pesan pada audiens. Karena jika kecemasan menguasai, konsentrasi untuk menyampaikan pesan menjadi hilang.

  1. Tambah pengalaman

Pengalaman akan membangun kepercayaan diri yang mana merupakan kunci dari public speaking.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *