12 Tips Ini akan Membantumu Melakukan Presentasi dengan Baik (Part 1)

Jasa Presentasi – “Presentasi bukanlah kemampuan bawaan, melainkan kemampuan yang dapat dipelajari dan perlu dilatih secara terus menerus.”

Mengutip dari business.com (https://www.business.com/articles/tips-for-better-presentations/), menurut survey yang dilakukan oleh Harris Poll, sebanyak 70% pekerja Amerika percaya bahwa skill presentasi merupakan skill yang penting untuk mencapai kesuksesan secara profesional. Jika kita ingin membuat kesepakatan, melakukan penjualan, mendapat promosi atau ingin pembicaraan kita didengar oleh banyak orang, kita membutuhkan skill ini. Berikut beberapa tips yang bisa kita ikuti ketika akan melakukan presentasi.

1. Lakukan Perencanaan dengan Jelas

Rencana merupakan salah satu kunci kesuksesan dari segala hal, termasuk presentasi. Membuat outline dan menyusun konten dengan baik sangat penting dilakukan untuk memastikan penyampaian yang lancar dan sesuai dengan alur. Aturlah perpindahan konten secara natural dengan membuat alur yang mudah diikuti oleh audiens. Konten dan alur yang tersusun dengan baik juga akan memudahkan kita dalam penyampaian dan memastikan kita tidak kehilangan fokus.

2. Usir Rasa Gugup

Seorang pembicara yang paling berpengalaman sekalipun, pasti pernah mengalami rasa gugup sebelum naik ke atas panggung, apalagi bagi hampir separuh populasi dunia yang memiliki ketakutan pada public speaking. Hal ini perlu di atasi, salah satu caranya adalah melakukan olahraga, misalnya dengan lari atau berjalan di pagi hari sebelum melakukan presentasi. Olahraga dapat membantu menyebarkan endorfin sehingga akan membuat kita lebih santai dan merasa percaya diri.

3. Datang Lebih Awal

Salah satu hal yang dapat meningkatkan rasa percaya diri sebelum melakukan presentasi adalah dengan melakukan persiapan dengan matang. Termasuk mempersiapkan peralatan yang akan digunakan. Datanglah ke tempat presentasi akan berlangsung lebih awal. Lakukan pengecekan atau pengaturan pada peralatan dan tempat yang akan digunakan. Pastikan segalanya berjalan dengan lancar. Atur ruangan agar tidak hanya nyaman untuk kita tetapi juga untuk audiens.

4. Jangan Lupa untuk “Bernafas”

Detak jantung akan meningkat ketika kita merasa gugup dan grogi. Kita perlu mengatasinya dengan berkonsentasi dan menghirup nafas dalam-dalam. Hal ini tidak hanya akan membantu badan kita menjadi lebih santai serta membuat pikiran menjadi lebih fokus, tetapi juga dapat membantu ritme penyampaian yang lebih santai dan teratur. Berhentilah sejenak setelah beberapa saat, sehingga kita bisa mengatur kembali kalimat yang akan kita sampaikan selanjutnya.

 

Presentasi bukanlah skill bawaan, tetapi skill yang dapat dilatih. Terdapat banyak cara untuk melatih presentasi, beberapa di antaranya adalah cara-cara di atas. Terapkanlah tips-tips tersebut dan lakukanlah secara terus menerus.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *