12 Tips Ini akan Membantumu Melakukan Presentasi dengan Baik (Part 2)

Jasa Presentasi – Banyak orang mengalami kesulitan dan merasa takut ketika harus melakukan presentasi. Padahal presentasi meruapakan salah satu kemampuan penting yang perlu dimiliki oleh mereka yang bekerja di bidang profesioanl. Salah satu alasan mengapa banyak orang takut saat harus presentasi adalah rasa tidak percaya diri dan kurang pengalaman, dan hal ini harus diatasi. Caranya adalah dengan melakukan latihan secara terus menerus, karena presentasi adalah skill yang dapat diasah. Berikut beberapa tips yang dapat membantu kita melatih skill presentasi sehingga dapat melakukan presentasi dengan baik.

5. Lakukan Pembukaan dengan Menarik

Kemungkinan kita dapat menarik perhatian audiens bergantung pada 30 detik pertama dari presentasi yang kita lakukan, dan 30 detik pertama dari presentasi adalah pembukaan. Biasanya kita melakukan pembukaan dengan memperkenalkan diri dan memberitahu audiens tentang maksud dari presentasi yang akan kita lakukan, padahal seharusnya setiap orang yang datang sudah tahu mengapa mereka mengikutinya, oleh karena itu, lompati sesi perkenalan ini, dan sebagai gantinya, lakukan pembukaan presentasi dengan menyampaikan sebuah cerita. Mengapa cerita? Cerita dapat membantu audiens terhubung secara emosional dengan pembicara dan topik yang akan disampaikan. Lakukan selama 30 sampai 45 detik.

6. Tunjukkan Rasa Percaya Dirimu

Menunjukkan kepercayaan diri merupakan hal yang penting untuk dilakukan, karena akan mempengaruhi audiens dan membuat mereka percaya pada kredibilitas kita sebagai sumber informasi. Salah satu cara untuk dapat menunjukkan rasa percaya diri kita adalah dengan melakukan power pose. Berdirilah dengan tegap, posisikan kedua tangan di samping dengan nyaman, pundak tegap, dan kepala tidak menunduk. Gunakan juga tangan dan jari untuk menyampaikan gestur yang berkaitan dengan presentasi. Hindari menggunakan satu gerakan terlalu sering atau menggunakan gerakan yang dapat mendistraksi audiens.

7. Tinggalkan Segala Hal yang Tidak Berkaitan dengan Topik Presentasi

Kemungkinan kita memiliki waktu yang terbatas untuk melakukan presentasi, oleh karena itu, hindari untuk menyampaikan berbagai macam informasi yang tidak ada kaitannya dengan topik presentasi. Sampaikan informasi-informasi yang dapat mengantarkan kita untuk mencapai tujuan presentasi. Pastikan juga presentasi yang kita sampaikan sesuai dengan waktu yang telah diberikan. Jika kita mencoba untuk menyertakan banyak informasi, presentasi akan berjalan dengan terburu-buru dan biasanya akan melebihi waktu yang diberikan.

8. Pastikan Audiens Tahu Manfaat yang akan Mereka Dapatkan

Audiens sebenarnya tidak peduli dengan apa yang kita jual atau sampaikan, kecuali hal-hal yang akan membawa manfaat bagi mereka. Kita akan kehilangan perhatian mereka jika hanya menyampaikan apa yang menjadi tujuan kita, tanpa mempedulikan apa yang menjadi tujuan audiens datang ke presentasi yang kita lakukan. Oleh karena itu, pastikan kita mengetahui apa yang diinginkan dan menjadi tujuan audiens ketika mengikuti presentasi yang kita sampaikan, kemudian bantu audiens untuk mencapai tujuan mereka dengan memberikan informasi-informasi terkait.

 

Presentasi adalah skill penting yang harus dimiliki oleh seorang profesional. Presentasi dapat membantu kita membuat kesepakatan, mendapatkan klien, mendapat promosi, dan lain-lain. Meskipun demikian, banyak di antara kita yang takut dan kurang percaya diri saat harus melakukan presentasi, dan hal ini perlu di atasi. Terapkanlah beberapa tips di atas setiap kita melakukan presentasi.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *