12 Tips Menjadi Pendengar yang Baik (Part 2)

12 Tips Menjadi Pendengar yang Baik (Part 2)

Jasa Presentasi – Seperti yang telah disebutkan pada Part 1, bahwa kemampuan yang dimiliki seorang presenter bukan hanya kemampuan berbicara di depan publik, tetapi juga kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik. Hal ini didukung dengan sebuah quote yang bunyinya sebagai berikut.

“There is only one rule for being a good talker – learn to listen”

Quote di atas menunjukkan bahwa terdapat satu syarat untuk menjadi pembicara yang baik, yaitu belajar untuk mendengarkan. Namun mendengarkan tidak hanya sekedar mendengarkan, tidak hanya sekedar untuk memberikan jawaban, tetapi mendengarkan dilakukan untuk memahami apa yang lawan bicaramu ungkapkan.

7. Berikan tanggapan terbuka

Memberikan tanggapan yang baik agar percakapan tetap berlanjut dan menunjukkan bahwa kamu tertarik dan mendengarkan dengan baik adalah dengan tidak hanya memberikan jawaban pasif seperti “ya” atau “tidak”. Kamu perlu melanjutkan jawaban tersebut dengan memberikan penjelasan atau melontarkan pertanyaan lainnya.

8. Ulangi pertanyaan sebelum menjawabnya

Untuk memastikan bahwa maksud pertanyaan yang diberikan sama dengan apa yang kamu pahami, ulangi kembali pertanyaan sebelum menjawabnya. Selain untuk memastikan maksud pertanyaan, hal ini dilakukan untuk menunjukkan ketertarikan atau memberikan ringkasan atas pertanyaan yang diberikan. Oleh karena itu, kamu perlu menjadi pendengar yang baik agar dapat memahami apa yang diungkapkan lawan bicara.

9. Ingat detail yang paling penting

Menunjukkan bahwa kamu dapat mengulang nama, tanggal, atau kejadian tertentu yang diungkapkan lawan bicaramu dapat menunjukkan bahwa kamu mendengarkan mereka dengan aktif. Catatlah jika perlu.

10. Hindari sikap defensif

Sikap defensif merupakan kesalahan yang umum dilakukan oleh banyak presenter atau banyak orang pada umunya ketika audiens memberikan pertanyaan yang tidak sesuai dengan topik, atau ketika presenter diberi kritik atau merasa diserang. Luangkan waktu untuk menenangkan diri dan mempertimbangkannya sebelum memberikan tanggapan. Dengarkan mereka dengan seksama agar kamu dapat memberikan jawaban yang tepat dan tidak melukai hati mereka.

11. Berpikiran terbuka

Ketika sedang mendengarkan orang lain berbicara, kamu perlu mengesampingkan praduga, pendapat negatif atau kepercayaan. Berpikirlah terbuka agar apa yang dikatakan oleh orang lain dapat diterima dan dipahami dengan baik dan positif. Hindari membuat asumsi mengenai orang lain sebelum mengetahui mereka dengan baik.

12. Lakukan follow up

Hal ini mungkin dapat dilakukan jika kamu bertemu kembali dengan lawan bicaramu di lain waktu. Atau ketika kamu memberikan saran atau jawaban yang dapat dipraktekkan secara langsung. Atau jika kamu mengenal lawan bicaramu secara pribadi, kamu dapat menghubungi mereka, misalnya melalui sms, pesan di media sosial atau telepon.

Kita diberi dua telinga dan hanya satu mulut untuk sebuah alasan, yaitu untuk lebih banyak mendengar dibandingkan berbicara. Namun bukan berarti menjadi presenter atau pembicara merupakan hal yang buruk. Menjadi pendengar yang baik tidak hanya membuatmu menjadi presenter yang lebih baik, tetapi juga mengembangkan pemahamanmu dan memungkinkanmu untuk melihat dunia yang lebih luas dari mata orang lain.

Sumber : https://24slides.com/blog/12-tips-listen-better/


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *