20 Tips Public Speaking dari Presenter Terbaik TED (Part 2)

20 Tips Public Speaking dari Presenter Terbaik TED (Part 2)

20 Tips Public Speaking dari Presenter Terbaik TED (Part 2)

20 Tips Public Speaking dari Presenter Terbaik TED (Part 2)

Jasa Presentasi – Setiap speaker pasti menginginkan public speaking yang dilakukannya meraih kesuksesan. Kesuksesan dapat diperoleh jika speaker mampu menarik perhatian audiens untuk mendengarkan dan memperhatikan, sehingga mereka memahami apa yang disampaikan speaker. Oleh karena itu, speaker harus menjadi penyaji yang baik. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips yang dapat dipelajari dari para pembicara TED.

  1. Kejutkan audiens dengan fakta atau informasi

Cari dan temukan fakta yang menarik dan mengejutkan serta relevan dengan topik yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Atau dapat juga mencari analogi yang unik yang sebelumnya tidak terbayangkan oleh audiens. Buat audiens kagum dan tertarik untuk memperhatikan lebih lanjut.

  1. Jelaskan manfaat, bukan “menjual”

Ketika speaker ingin membujuk audiens melalui public speaking, fokuslah untuk meyakinkan audiens mengenai manfaat yang akan mereka dapatkan dari public speaking. Karena jika speaker dapat meyakinkan audiens, berarti speaker telah melakukan promosi dan penjualan. Hindari untuk melakukan penjualan secara langsung.

  1. Jangan membuat alasan

Kegelisahan yang dialami speaker biasanya dikarenakan kurangnya persiapan dan ketakuran-ketakutan yang diciptakan oleh pikiran sendiri. Kegelisahan ini jika dibawa ke atas panggung dapat mempengaruhi speaker dalam menyampaikan topik. Dan speaker akan membuat alasan untuk menutupi kekurangannya. Namun, alasan-alasan tersebut tidak akan mengubah penilaian audiens terhadap speaker menjadi lebih baik, melainkan akan membuat audiens berpikir bahwa speaker telah membuang waktu mereka. Oleh karena itu, lakukanlah persiapan dengan matang. Pelajari dan kuasai materi secara mendalam dan luas.

  1. Periksa hal teknis sebelum naik ke atas panggung

Periksa hal teknis, seperti mic dan proyektor, sebelum presentasi dimulai. Hindari memeriksanya ketika speaker sudah berada di hadapan audiens dan bersiap untuk melakukan public speaking. Hal ini untuk menghindari kejadian dan kesalahan yang tidak diinginkan, seperti peralatan yang tidak berfungsi dengan baik. Dan jika hal ini terjadi ketika speaker tengah melakukan penjelasan, hadapilah dengan santai, jangan panik dan tersenyumlah sambil tetap mengusahakan untuk menanganinya.

  1. Hindari membaca slide

Slide merupakan visual yang mendukung public speaking atau presentasi. Meskipun sebagai pendukung, slide tetap harus dibuat dengan menarik. Namun terkadang, speaker menyalahgunakan slide dengan memberikan banyak teks kemudian menyampaikan topik dengan membacanya. Hal ini dapat membuat audiens merasa bosan dan tidak terhubung dengan speaker. Selain itu, slide yang berisi banyak teks juga dapat mengganggu dan mengalihkan fokus audiens dari speaker, karena otak manusia lebih tertarik dengan visual dibandingkan verbal.

  1. Buat slide dengan simpel

Seperti yang telah dijelaskan pada poin nomor 15 bahwa slide merupakan pendukung presentasi namun penting untuk dibuat dengan menarik. Slide yang menarik adalah slide yang simpel. Selain menarik, slide yang simpel juga dapat membantu audiens untuk lebih mudah memahami topik yang disampaikan speaker. Cara membuat slide yang simpel adalah dengan tidak menyertakan terlalu banyak teks dan memberikan gambar atau video di dalamnya. Untuk cara lainnya, dapat dilihat pada artikel ini.

  1. Berfokus untuk mendapatkan perhatian

Dibandingkan meminta audiens untuk mematikan ponsel dan meminta mereka memperhatikan, lebih baik lakukan hal yang dapat menarik perhatian mereka. Misalnya dengan menampilkan slide dan melakukan pembukaan serta penyampaian yang menarik, menghibur, dan menginspirasi. Audiens memiliki pilihan untuk memperhatikan atau tidak memperhatikan, namun merupakan tugas seorang speaker untuk menarik perhatian audiens.

  1. Ulangi pertanyaan sebelum menjawab

Tidak semua audiens mendengar atau memahami pertanyaan yang diajukan oleh audiens lain. Oleh karena itu, menjadi tugas speaker untuk mengulang pertanyaan sehingga dapat dimengerti oleh audiens lain sebelum kemudian menjawabnya. Hal ini tidak hanya menunjukkan kesopanan, tetapi juga dapat memberikan sedikit lebih banyak waktu bagi speaker untuk memikirkan jawaban beserta cara menjawab yang tepat.

  1. Lakukan pengulangan pada kata kunci

Tidak semua yang disampaikan speaker dapat diterima dan diingat oleh audiens. Pun jika paham, mereka memiliki perspektif, pemahaman, dan daya serap yang berbeda-beda pula mengenai topik yang disampaikan. Agar pesan dan informasi dapat diterima dan dipahami serta diingat oleh seluruh audiens, sampaikanlah kata kunci dengan melakukan pengulangan. Untuk itu, buat susunan penyampaian yang memberikan kesempatan kepada presenter untuk mengulang dan menekankan kata kunci.

  1. Akhiri lebih cepat

Jika speaker diberikan waktu 30 menit, gunakan waktu untuk public speaking selama 25 menit. Jika waktu yang diberikan adalah 1 jam, gunakan waktu selama 55 menit atau 50 menit saja untuk menyampaikan topik. Hindari menyampaikan topik yang terlalu panjang hingga melebihi waktu yang telah diberikan, karena audiens akan merasa bahwa speaker tidak menghargai waktu mereka dan hal ini akan membuat audiens memiliki kesan negatif terhadap speaker.

Sumber: https://www.inc.com/ss/jeff-haden/20-public-speaking-tips-best-ted-talks-


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *