Pertimbangkan 5 Hal ini Sebelum Memilih Visual Data yang akan Kamu Gunakan

Jasa Presentasi – Pada artikel sebelumnya, kita sudah mengetahui beberapa format yang bisa digunakan untuk menyajikan data. Beberapa format tersebut mungkin akan sangat cocok digunakan untuk jenis data tertentu dibandingkan format lainnya. Beberapa justru akan membuat audiens semakin kebingungan jika digunakan untuk beberapa data tertentu. Oleh karena itu, kita perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum memilih visual data yang akan digunakan.

1. Tujuan

Tujuan merupakan hal pertama yang harus kita tentukan sebelum melangkah, membuat sesuatu, atau menjalankan sebuah ide. Tentukan tujuan yang ingin kita capai dengan data tersebut. Apakah kita ingin meningkatkan kesadaran merek? Ingin membuktikan keahlian kita? Atau ingin terhubung dengan follower? Beberapa format dapat membantu kita untuk lebih mudah mencapai tujuan-tujuan tersebut dibandingkan lainnya.

2. Cerita

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah cerita yang ingin kita sampaikan. Misalnya, ketika kita sedang membahas topik mengenaik bahaya merokok yang bisa merengguh nyawa, maka kita bisa menggunakan format desain informasi dengan menyajikan gambar orang yang terbakar seperti rokok. Pastikan format data yang kita gunakan bisa menjadi perantara penyampai pesan yang ingin kita sampaikan dalam presentasi.

3. Volume Data

Hal selanjutnya yang perlu kita perhatikan sebelum memilih format data adalah volume data yang ingin kita sajikan. Data-data yang rinci dan mendalam lebih cocok jika disajikan dengan format data infografik. Sedangkan data yang sederhana, bisa disajikan dengan format data desain informasi. Pastikan data yang akan kita gunakan tidak terlalu berlebihan juga tidak terlalu sedikit sehingga kurang mendukung informasi atau pendapat kita.

4. Audiens

Audiens menjadi hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan dalam memilih format penyajian data. Pastikan kita mengetahui siapa audiens kita, atau siapa audiens yang menjadi target cerita kita. Ketahui juga latar belakang pendidikan mereka dan format penyajian data apa yang paling familiar bagi mereka. Jika target audiens kita adalah orang-orang yang sudah berumur, maka data interaktif yang mewah mungkin tidak cocok untuk disajikan.

5. Distribusi

Platform yang akan digunakan menjadi tempat pendistribusian data juga perlu menjadi pertimbangan sebelum memilih format data yang akan digunakan. Misalnya jika kita ingin menarik audiens di sosial media, maka format infografik dengan ukuran panjang kurang sesuai jika kita gunakan. Akan lebih menarik jika kita menggunakan format desain informasi atau motion graphic. Jika kita ingin menyajikan data dalam presentasi, kita bisa menggunakan format data chart/grafik.
 
Memilih format yang kurang sesuai bisa membuat audiens bingung dengan data yang kita sajikan. Oleh karena itu, pastikan kita sudah mempertimbangkan 5 hal di atas sebelum memilih format data yang akan digunakan.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *