Selalu Belibet Saat Berbicara di Depan Umum? Yuk Kontrol Kecepatan Bicara Dan Berpresentasimu

Jasa Presentasi – Terkadang sebagai speaker kita disarankan untuk berpresentasi setidaknya 30 menit saja, agar informasi yang diberikan dapat dicerna dengan sempurna oleh audiens. Akan tetapi, beberapa dari kita mungkin masih sering belibet setiap kali berbicara di depan orang banyak, tentu hal ini akan sangat merusak presentasi. Ditambah lagi, terkadang materi yang kita bawakan terlalu banyak dan durasi presentasi sangat terbatas.

Jika kita tidak ahli dalam mengatur cara bicara dan waktu, maka bisa-bisa apa yang kita sampaikan justru terdengar ‘roaming’ atau berisik bagi audiens. Untuk itu dibutuhkan tips dan trik yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Apa saja yang bisa dilakukan? Simak berikut ini.

1. Siapkan kesimpulan materimu cukup 3 poin saja

Dari banyaknya materi yang ada dalam materimu cobalah ambil selembar kertas kemudian tulis kesimpulan yang bisa ditarik. Usahakan ambil tiga poin saja, jangan lebih dari itu. Ulangi terus pahami dengan seksama sampai kamu bisa merangkai kata-kata yang pas dan mudah dimengerti. Sehingga di hari kamu presentasi, kamu bisa menggunakan teknik ini untuk mengutarakan poin-poin penting saja.

2. Atur ritme nafasmu dengan baik, jangan terburu-buru

Ingat tarik nafas dalam-dalam sebelum memulai presentasi dan perlambat metode berkomunikasimu. Yang terpenting pada presentasi adalah bagaimana membuat audiens memahami apa yang kita bicarakan, mempresentasikan sesuatu bukan diukur dari seberapa cepat kita menyampaikan informasi tersebut. Sehingga sangat penting bagi seorang speaker untuk mengatur nafasnya. Nafas yang terburu-buru dalam presentasi bisa menandakan jika kamu sedang gugup. Hal ini tentu akan mengacaukan konsentrasi audiens.

3. Hindari menggunakan istilah atau jargon

Jargon mungkin adalah sesuatu yang membakar semangat dan sebuah identitas brand. Akan tetapi jargon atau istilah-istilah lain yang sulit dimengerti sebaiknya kamu hindari saat berpresentasi. Jikalau ada sesi yang mengharuskan kamu menggunakan istilah, maka pastikan istilah yang kamu sampaikan singkat, tepat, general, dan mudah dimengerti oleh masyarakat umum.

4. Tatap mata audiens

Jangan terus menunduk atau menatap layar monitor, sesekali tataplah mata audiens secara acak dan mendalam. Beri jeda sambil menatap mata mereka biasanya berguna untuk memberikan waktu agar audiens mencerna apa yang baru saja kita sampaikan. Sekaligus melihat apakah mereka mengerti dengan informasi tersebut. Umumnya, audiens yang mengerti akan menunjukkan bahasa tubuh seperti menganggukan kepala tanda jika mereka sependapat dengan momen ini.

5. Konfirmasi kembali ke audiens

Mungkin di akhir presentasi kamu kurang memperhatikan audiens, sehingga satu-satunya cara yang dapat dilakukan agar mengetahui apakah audien masih fokus dan paham dengan materi yang disampikan adalah dengan meminta feedback. Cobalah tanyakan kepada mereka apakah kita menyampaikan informasi terlalu cepat, atau masih ada hal yang belum dipahami? Jangan berkecil hati jika mereka belum paham, bersikaplah legowo dan mengulanginya dengan lebih pelan. Jangan lupa berikan senyuman kepada audiens.

Latihan sederhana untuk lebih luwes berbicara di depan umum

Selain tips dan trik di atas, ternyata ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan agar cara bicara kita saat berpresentasi semakin baik, antara lain :

  • Tumbuhkan rasa percaya diri dalam dirimu, mulailah dengan senyuman dan bangun suasana hati yang bahagia
  • Sering-sering berinteraksi dengan orang lain, hal ini akan mengasah kemampuan komunikasi yang dimiliki
  • Banyak-banyak membaca, karena kegiatan ini akan memperkaya kosa kata dan meningkatkan daya ingat otak
  • Jadilah fleksibel jangan hanya berpatok pada teks yang tertulis.

Presentasi di depan umum menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang. Presentasi yang berhasil adalah mengkomunikasikan informasi yang sama-sama dipahami oleh speakers dengan audiensnya. Ingat setiap orang memiliki stylenya masing-masing saat berpresentasi. Semoga informasi ini dapat membantumu!


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.