Sssttt Ini Rahasia! Cara Cepat Mendapatkan Klien Besar Dengan Proposal Penawaran Bisnismu?

Jasa Presentasi – Mungkin selama ini kamu merasa berkecil hati karena bisnis yang dimiliki masih terbilang kecil bukan bisnis besar yang dengan 2 lantai. Eitsss tapi hal ini bukan berarti kamu tak bisa bekerja sama dengan perusahaan besar. Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Center for Urban Future menjelaskan, perusahaan kecil yang menjadi pemasok perusahaan besar melaporkan adanya pertumbuhan pendapatan rata-rata 266,4% antara satu tahun sebelum dan dua tahu setelah penjualan pertama mereka ke perusahaan besar.

Mendengar hal itu tentu terdengar menggirukan bukan? Akan tetapi, tidak mudah bagi beberapa bisnis untuk mendapatkan perusahaan besar sebagai klien. Kita yakin, ada perusahaan lainnya yang juga memiliki keinginan yang sama seperti kamu. Akan tetapi perlu dipahami dulu, mendapatkan klien dari perusahaan besar tentu ada tantangan khusus yang harus siap ditanggung oleh bisnis kecil, misalnya:

  • Proses penjualan mereka berbeda dengan pendekatan yang selama ini kita lakukan untuk menarik klien-klien kecil
  • Kita akan sedikit kesulitan untuk mengetahui siapa yang harus dihubungi karena struktur organisasi perusahaan cenderung lebih kompleks.
  • Kita akan dituntut untuk belajar lagi agar bisa mematuhi proses dan persyaratan spesifik yang dimiliki perusahaan besar.

Untuk mengatasi semua itu tentu dibutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang. Sehingga ada baiknya kita mencari banyak informasi penting terkait tips-tips pitching dan mengidentifikasi peluang-peluang untuk mendapatkan klien besar. Untuk lebih jelasnya simak tips berikut ini.

Langkah awal mendekati perusahaan besar

Untuk mengejar klien besar, sebaiknya kita perlu menyesuaikan pendekatannya terlebih dahulu. Cobalah untuk sedikit memikirkan taktik massa, dan lebih banyak pikirkan tentang pendekatan personal. Kenapa hal itu perlu dilakukan? Mungkin dulu kita mendapatkan klien dengan cara menguhubungi mereka secara massal, melalui buletin email, iklan website, hingga media sosial. Mungkin cara ini berhasil menarik perhatian klien-klien kecil, namun jika kamu ingin menargetkan klien besar mana ini bukanlah cara yang tepat. Sebaiknya lakukan penelitian terlebih dahulu, akan lebih baik jika kita membuat daftar target perusahaan mana yang ingin dituju. Setelah itu, mulailah lakukan riset, kamu bisa memanfaatkan data laporan tahunan yang biasanya diunggah oleh perusahaan-perusahaan publik.

Untuk tahap selanjutnya kita perlu mendekati perusahaan sacara personal, dimana setelah kamu melakukan riset kamu harus tahu siapa yang kamu hubungi. Kamu bisa membaca beberapa sumber informasi terkait perusahaan dan orang yang dihubungi, manfaatkan website perusahaan, dan sosial media yang ada.

Berikan Proposal penawaran yang menakjubkan

Setelah kamu melakukan pendekatan yang cukup panjang maka hal lain yang harus dipersiapkan dengan matang adalah proposal penawaran. Ingat proposal ini bukan proposal biasa, proposal yang dibuat harus tampak menakjubkan. Hindari proposal yang hanya menampilkan tulisan teks saja, berikan proposal yang didesain khusus untuk menggambarkan siapa dirimu dan perusahaan yang kamu miliki.

Ingat jika perusahaan besar punya banyak pertimbangan untuk bekerjasama dengan pihak luar, sehingga apa yang kita tawarkan dalam proposal haruslah menakjubkan dan membuat mereka merasa terkensal. Setidaknya porposal yang dibuat harus menjawab pertanyaan, seperti, ‘kenapa mereka harus memiliki perusahaanmu?’, ‘bagaimana mereka tahu jika kamu bekerja secara profesional?’, dan lain sebagainya.

Menunjukkan kredibilitas perusahaan juga sangat penting. Kamu bisa menyertakan cerita awal perusahaan kepada calon klien, serta berikan track record yang pernah dicapai. Kamu bisa menyertakan daftar klien yang pernah ditangani dan respon mereka terhadap pelayananmu selama ini. Selain itu, sertakan pula keuntungan-keuntungan yang mereka dapatkan jika bekerjasama dengan perusahaanmu. Ingat sertakan data dan fakta yang jelas, jangan hanya memberikan narasi yang sifatnya argumentatif, karena hal ini akan membuat perusahaan besar merasa ragu.

Tentu isi proposal yang berkualitas akan sia-sia jika tidak didukung dengan tampilan proposal yang profesional. Namun, untuk mendesain sebuah proposal tentu membutuhkan waktu, disamping itu kamu sudah juga harus melakukan riset.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.