Infografik Sebagai Media Informatif dan Menampilkan Data yang Menguntungkan dalam Pemasaran

Jasa Presentasi – Seperti yang kita tahu jika infografis merupakan salah satu media yang penting dalam pemasaran. Infografis bukan hanya sekadar memberikan informasi berupa data saja, infografis menjadi salah satu elemen penting dalam mengedukasi konsumen. Selain itu, dalam infografis biasanya pelaku bisnis akan menyampaikan pesan dari berbagai informasi dan data yang ditampilkan.

Sumber: Unsplash

Tampilan infografis yang dihiasi dengan variasi warna, diagram, angka, bahkan ilustrasi terkadang menarik perhatian banyak orang. Apalagi jika data tersebut sangat bisa sangat relevan dan terbukti kebenarannya. Misalnya, infografis kesehatan yang berkaitan dengan pandemi. Infografis ini tentu sangat dicari oleh masyarakat, mereka tentu ingin tahu bagaimana perkembangan virus, cara penularan, hingga proses pencegahan dan penyembuhan jika tertular virus Covid-19.

Dengan konten visual yang bagus, maka audiens akan lebih mudah tertarik dan kemudian melakukan tindakan. Akan tetapi terkadang beberapa orang masih belum memahami penggunaan infografis sebagai salah satu media alternatif dalam mengedukasi masyarakat.

Sebenarnya ada banyak alasan kenapa masih ada pelaku bisnis yang enggan menggunakan infografis sebagai salah satu konten marketing. Alasan-alasan tersebut seperti:

a. Pembuatannya membutuhkan waktu yang lama

Salah satu alasan kenapa beberapa orang enggan menggunakan infografis karena data dan informasi yang dimiliki sangat beragam dan banyak. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri dimana semua itu harus ditampilkan dalam sebuah desain dalam ukuran tertentu. Dengan demikian proses pembuatan infografis membutuhkan waktu yang lama, apalagi jika anda bukan termasuk orang awam.

b. Harga yang relatif mahal

Harga terkadang menjadi masalah terbesar bagi pelaku bisnis. Beberapa usaha tentu perlu mengeluarkan dana untuk kebutuhan marketing, sayangnya dana tersebut cukup terbatas sehingga banyak pelaku usaha yang mencari tarif harga termurah. Namun terkadang karena harganya yang murah membuat hasil desain infografis kurang menarik. Tentu hal ini justru merugikan pemilik usaha, karena infografis yang dibuat tidak menarik minat konsumen.

Keuntungan Infografis

Kualitas desain tentu berpengaruh besar terhadap reaksi dari konsumen. Untuk itu, tak ada salahnya menggunakan infografis sebagai salah satu media informatif yang bertujuan mengedukasi sekaligus memperluas pemasaran. Ada banyak keuntungan yang diperoleh seperti:

1. Informasi menjadi lebih mudah disampaikan dan dipahami

Infografis mampu menyampikan informasi yang beragam dan banyak menjadi lebih ringkas dengan tampilan visual yang lebih menarik. Apalagi infografis dilengkapi dengan shapes, chart, SmartArt, ClipArt, icon, ilustrasi gambar, dan lain-lain. Informasi yang rumit akan menjadi mudah dipahami.

Gambar infografis biasanya memiliki struktur yang jelas, mulai dari headline, pengantar, data terlampir, kesimpulan, hingga sumber referensi. Struktur ini akan mempermudah proses membaca. Dibanding pembahasan data dengan teks dan angka saja, tentu infografis lebih menarik dan mudah diingat oleh siapapun.

2. Efektivitas pemasaran online menjadi meningkat

Teknik pemasaran infografis adalah salah satu cara menampilkan informasi secara profesional dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Adanya referensi dan data-data tersebut membuat informasi dapat divalidasi. Tingkat kepercayaan audiens yang tinggi tentu akan membuat mereka tertarik bahkan percaya terhadap jasa, produk, ataupun brand.

3. Menumbuhkan minat pembaca audiens

Tampilan visual infografis yang menarik karena kombinasi warna, angka, diagram, dan gambar membuat informasi akan terlihat menonjol. Sehingga saat seseorang tengah menjelajahi media sosial atau sebuah website mata mereka akan tertuju pada inforgafis tersebut. Umumnya infografis dapat disisipkan pada media digital seperti landing page, konten blog/website, serta media sosial berbasis gambar atau video.

4. Data dapat berkembang menjadi viral

Infografis bukan hanya dalam format gambar saja, namun bisa dalam format video. Infografis yang menarik dan banyak dibaca bisa menjadi rujukan untuk konten lain yang memiliki kesamaan tema. Semakin banyak orang yang menggunakan data dan informasi anda maka inforgafis akan berkembang dan menjadi viral. Apalagi jika anda mengulas tentang informasi yang belum diketahui banyak orang. Tentu hal ini akan lebih menarik perhatian khalayak umum.

Membuat infografis sendiri memang membutuhkan waktu yang panjang. Serta budget yang terbatas terkadang menjadi penghalang bagi beberapa bisnis untuk memperluas pasarnya. Untuk itu, membutuhakn jasa pembuatan infografis yang terbuka dengan negosiasi dan diskusi.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email keĀ hallo.jasapresentasi@gmail.com


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.