Meskipun Virtual, namun Kita Juga Perlu Gestur Tubuh yang Baik saat Webinar

Jasa Presentasi – Mungkin kita semua telah terbiasa melakukan segala hal secara virtual, mulai dari meeting, bersilahturahmi, hingga webinar atau talkshow. Terkadang karena dilakukan secara virtual kita merasa tak perlu menyiapkan banyak hal, dibanding saat kita melakukan kegiatan-kegiatan tersebut secara langsung.

Sumber: Unsplash

Namun, bersikap terlalu santai juga tidak baik, apalagi jika kegiatan virtual tersebut menuntut anda untuk melakukan presentasi seperti webinar atau meeting. Webinar dan meeting virtual adalah momentum yang sangat penting untuk merintis karir. Menjadi narasumber dalam acara webinar akan menambah portofolio kita sebagai seorang ahli. Begitupun dengan meeting, kita bisa menunjukkan tingkat profesionalitas di depan klien ataupun atasan. Akan tetapi, presentasi bukan hanya terkait bobot informasi ataupun desain slide yang eye-catching saja. Presentasi yang baik juga dinilai dari gestur tubuh.

Banyak yang kebingungan bagaimana gestur tubuh yang baik saat kita melakukan presentasi virtual baik itu webinar, meeting virtual, ataupun lainnya. Ada 5 hal dasar yang harus diperhatikan, antara lain:

1. Penampilan

Meskipun di depan kamera namun kita juga harus berpenampilan yang baik dan rapi, hal ini bertujuan untuk membuat audiens terkesan pertama kalinya. Pakailah pakaian yang sesuai dengan acaranya. Misalnya jika anda harus presentasi di depan klien atau atasan pakailah pakaian kantor yang biasanya, seperti kemeja dan setelan jas. Dengan pakaian yang lebih formal maka akan lebih mudah bagi anda untuk mempengaruhi audiens.

2. Postur Tubuh

Salah satu cara untuk mempertahankan postur tubuh yang baik adalah dengan menjaga punggung untuk tetap tegak. Meskipun anda dapat melakukan presentasi dengan posisi duduk, namun usahakan punggung anda tegak. Untuk menjaga postur tubuh yang baik, kita bisa menggunakan trik yakni menjaga kaki agar tetap rata dengan lantai dan paha sejajar dengan lain. Hal ini akan membuat lutut membentuk sudut 90 derajat. Kepala, leher, punggung, hingga kaki haru sejajar saat berdiri. Namun saat duduk, anda dengan posisi tegak, dimana telinga, bahu, dan pinggul sejajar. Postur tubuh yang tegak akan membuat anda terlihat lebih energik.

3. Kontak Mata

Kontak mata merupakan bagian dari gestur,  kontak mata dapat membangun hubungan yang lebih dekat antara kita dengan audiens. Namun membangun kontak mata dengan seseorang yang tidak hadir di depan kita tentu terasa lebih sulit. Namun hal ini bukan sebuah penghalang yang besar. Anda bisa membangun kontak mata melalui kamera, pastikan anda menatap kamera saat bepresentasi. Selain itu, sesuaikan posisi kamera sejajar dengan mata anda. Anda harus berhati-hati pastikan untuk tidak melihat ke arah sebelah kanan/kiri, bawah ataupun menutup mata. Untuk memaksimalkan komunikasi anda juga bisa melihat peserta beberapa kali selama presentasi.

4. Gestur Tangan

Saat presentasi virtual berlangsung maka letakannya tangan anda tak jauh dari komputer. Pastikan audiens dapat melihat bahu dan tangan anda saat berbicara. Sesekali gerakan tangan anda untuk menunjukkan kegembiraan dan antusiasme. Hal ini secara implisit akan menarik audiens untuk terlibat dalam percakapan.

5. Ekspresi Wajah

Ekspresi wajah tentu dibutuhkan untuk menunjang komunikasi yang efektif. Bahkan ekspresi wajah juga bagian penting untuk menentukan makna dibalik pesan yang disampaikan. Untuk itu, jangan terlalu bersikap kaku anda juga bisa sesekali tersenyum kepada audiens. Apalagi jika mendapatkan respon positif seperti ajakan untuk berdiskusi ataupun pertanyaan terkait materi yang dibawakan. Sikap ramah dan hangat akan membuat audiens menyukai karakter anda sehingga mereka akan menyimak dengan baik apa yang anda sampaikan.

Presentasi virtual memang membutuhkan banyak persiapan selain hal teknis, kita juga perlu menyiapkan diri untuk tampil prima. Gestur tubuh yang baik memungkinkan kita meraih tujuan dari presentasi tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.