Tak Banyak Orang Tahu Ternyata Ada Elemen Penting Dalam Presentasi Virtual

Jasa Presentasi – Saat ini banyak kegiatan yang dilakukan secara online dan virtual, mulai dari konser musik, bazar, hingga presentasi atau seminar. Pandemi yang belum kunjung berakhir membuat semua orang telah terbiasa untuk terus pandai-pandai beradaptasi dengan perubahan yang ada.

Meskipun kita telah terbiasa dengan berbagai hal yang bersifat virtual, namun hal ini terbukti dari banyaknya orang yang masih merasa kaku saat harus melakukan presentasi virtual.  Presentasi virtual tentu berbeda dengan presentasi yang biasanya, ada beragam teknik yang diperlukan. Selain kebutuhan teknis, presentasi juga membutuhkan koneksi internet sebagai pengganti ruangan fisik. Presentasi fisik juga memiliki risiko yakni tingkat distraksi yang tinggi serta kemampuan membuat audiens fokus selama presentasi berlangsung.

Sumber: Unsplash

Apalagi saat ini banyak orang yang mengeluh terhadap presentasi virtual yang membosankan. Banyak dari mereka yang melakukan aktivitas lainnya selama mendengarkan presentasi agar merasa tidak bosan. Kegiatan inilah yang akan membuat perhatian audiens jadi teralihkan, mereka justru lebih tertarik dengan aktivitas sampingan tersebut dibanding mendengarkan presentasi.

Sebagai speaker tentu hal ini perlu kita koreksi, meskipun dibatasi oleh media online bukan berarti kemampuan presentasi kita turut dibatasi. Untuk itu, sangat penting memiliki skenario virtual yang menarik perhatian audiens. Bukan hanya itu, kita juga bisa melibat audiens selama presentasi berlangsung, sehingga mereka akan terhindar dari rasa bosan.

Untuk membuat presentasi virtual anda berkesan berikut ini ada 3 elemen penting yang tak boleh terlewat, antara lain:

1. Konten yang Kreatif

Konten yang kita bawakan tentu harus menarik perhatian, selain itu pastikan konten tersebut telah kita pahami. Wajib bagi kita untuk mempelajari semua data dan informasi terkait topik tersebut mulai dari gambaran besarnya (Why & What) hingga gambaran yang lebih detail (how). Apalagi setiap presentasi kita memiliki tujuan yang jelas. Tujuan tersebut bisa ditulis secara jelas dalam presentasi atau diterjemahkan menjadi berbagai pembahasan atau isi. 

Untuk mempermudah proses penyusunan serta dipahami oleh audiens maka perlu bagi kita membuat struktur presentasi. Struktur ini bukan hanya berupa sub judul pada slide presentasi saja. Struktur presentasi juga berupa aktivitas apa saja yang akan dilakukan, serta kegiatan apa yang membutuhkan interaksi dengan audiens. Aturlah dalam sebuah skenario, bayangkan bagaimana proses presentasi akan berjalan. Ingat perhatian audiens mudah beralih setelah 5 – 10 menit pertama, untuk itu kita perlu membuat variasi konten. Kita bisa mengajak audiens berdiskusi, proses ini akan membantu anda untuk mengetahui seberapa besar pemahaman mereka terhadap topik yang dibahas.

2. Slide Presentasi yang Menarik

Slide presentasi harus mencerminkan pesan anda sebagai speaker, selain itu slide presentasi juga harus memiliki kesan visual yang kuat di mata audiensnya. Selain tampilan visual yang berkesan hal lain yang perlu anda perhatikan adalah mudah dilihat dan dipahami. Untuk itu perpaduan warna, kombinasi dan ukuran font menjadi hal yang penting. Anda bisa menggunakan psikologi wrna untuk memancing respon dari audiens. Selain itu, menambahkan gambar yang relewan akan membuat slide presentasi anda lebih luwes. Penggunaan gambar yang tepat dapat memperkuat pesan anda.

Meskipun perpaduan antara warna, font, dan gambar sudah tepat, ternyata anda juga peru memberikan white space pada slide. Hal ini bertujuan agar slide tidak terkesan ramai atau penuh, sehingga audiens tidak merasa jenuh untuk berlama-lama melihat presentasi.

3. Penyampaian Presentasi yang Berdampak

Hal lain yang tak kalah penting adalah penyampaian. Pastikan selama presentasi berlangsung anda tidak mengalami gangguan teknis. Pastikan microfon, camera, headphone, dan koneksi internet berkerja dengan baik.  Saat presentasi arahkan mata anda langsung ke kamera, cara ini akan membuat anda seoal-olah sedang berbicara dengan masing-masing peserta.  Beri sedikit senyuman untuk membuat kesan hangat dan ramah. Serta terapkan teknik vocal yang baik, pastikan artikulasi anda jelas ya.

Demikian 3 elemen penting yang wajib anda kuasai selama melakukan presentasi secara virtual. Presentasi secara virtual memang memiliki tantangan tersendiri, namun dengan pemahaman yang luas, penyampaian yang tepat, serta desain slide yang memikat hal ini bukan masalah lagi.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.