Bagaimana Cara Follow-Up Audiens Setelah Presentasi Selesai?

Jasa Presentasi – Sebelum melakukan presentasi ada banyak sekali persiapan yang harus dilakukan. Mulai dari materi, sampai mempersiapkan jawaban dari pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh audiens. Semua persiapan itu diperlukan untuk memastikan presentasi berjalan lancar. 

Setelah presentasi selesai, apakah waktu kita dengan audiens juga selesai? Apakah mereka langsung memahami materi yang kita sampaikan? Apa dampak yang mereka terima dari presentasi kita? Nah, untuk menjawab hal itu semua, kita harus melanjutkan ke tahap berikutnya,  yaitu melakukan follow up audiens. Tidak banyak pembicara yang melakukan hal ini. Padahal Follow up dapat membantu kita untuk mengetahui apakah tujuan presentasi berhasil dicapai atau tidak. 

Sumber: Unsplash

Untuk melakukannya follow up audiens tidaklah sulit. Hanya saja membutuhkan beberapa teknik untuk mempermudah proses tersebut. Beberapa teknik tersebut adalah:

1. Bergabung dengan audiens

Setelah acara presentasi selesai, biasanya audiens tidak langsung meninggalkan tempat tetapi masih berinteraksi dengan sesama audiens yang lain. Ini lah saat yang tepat untuk bergabung bersama mereka. Gunakan moment tersebut untuk saling bertegur sapa dan menanyakan komentar mereka mengenai presentasi yang telah disampaikan. Jika mereka terlihat sangat tertarik dengan presentasi yang disampaikan, kalian bisa saling bertukar kartu nama. Hal ini tentu saja akan menambah keuntungan bagi kalian karena bisa berhubungan baik dengan mereka. 

2. Mengirimkan ucapan terimakasih

Umumnya untuk menghadiri sebuah presentasi audiens akan melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu. Di dalam proses ini kalian dapat mengumpulkan seluruh data dari audiens yang berupa nomor handphone dan alamat email. Dengan adanya data ini kalian dapat melakukan follow up dengan cara mengirimkan ucapan terimakasih karena telah bersedia meluangkan waktu untuk menghadiri acara presentasi yang telah diselenggarakan. Selain itu bisa juga disisipkan pertanyaan mengenai komentar mereka atas presentasi yang telah disampaikan. Jangan kirimkan ucapan dan pertanyaan melalui sms ataupun whatsapp. Usahakan untuk mengirimkannya melalui email yang bersifat resmi. 

3. Berhubungan via sosial media

Cara lainnya dapat juga dilakukan dengan berhubungan melalui media sosial. Kalian dapat mengajukan pertemanan melalui berbagai platform media sosial, contohnya LinkedIn. Platform media sosial ini berhubungan dengan pekerjaan dan bersifat lebih profesional. Kalian bisa mencari nama-nama peserta pada platform tersebut, kemudian kirimkan undangan untuk berteman. Jangan lupa untuk menuliskan catatan singkat tentang siapa kamu dan bagaimana kalian bertemu. 

4. Pendekatan secara verbal via telepon

Didalam sebuah presentasi biasanya akan hadir beberapa audiens yang benar-benar membuat kalian tertarik secara spesifik. Hal ini bisa diketahui dari data diri atau profil mereka di media sosial. Jika menemukan orang tersebut, kalian bisa melakukan follow up dengan menggunakan pendekatan langsung secara verbal via telepon. Tanyakan secara langsung mengenai presentasi yang telah disampaikan. Dengan begitu kalian dapat membangun sebuah hubungan relasi yang lebih dekat. Sehingga besar kemungkinan untuk dapat melakukan kerjasama di lain kesempatan. 

Semua teknik di atas harus disesuaikan dengan kondisi dan situasi saat melakukan presentasi. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, cukup sulit untuk mendapatkan feedback dari audiens. Apalagi kita perlu mengenali siapa audiens kita sebelum melakukan follow up. 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.