30 Detik Awal Yang Memikat Perhatian Audiens

Jasa Presentasi – Pada saat presentasi ada banyak hal yang mungkin bisa terjadi, meskipun kita sudah berusaha mempersiapkan semuanya sebaik mungkin.  Akan tetapi tetap saja ada beberapa hal yang tidak dapat dihindari, biasanya hal ini berhubungan erat dengan audiens. 

Seumber: Unsplash

Kesan pertama merupakan hal terpenting ketika melakukan presentasi. Audiens dapat memutuskan untuk mendengarkan presentasi sampai selesai atau tidak, hanya dengan memperhatikan apa yang kalian sampaikan selama 3 menit pertama. Oleh karena itu kalian harus membuka presentasi dengan cara yang menggemparkan. 

Ada beberapa teknik yang dapat kalian lakukan untuk memikat perhatian audiens di 30 detik pertama presentasi. Teknik tersebut adalah:

1. Memberikan pernyataan yang berlawanan

Teknik pertama yang dapat dilakukan adalah memberikan pernyataan yang saling berlawanan. Pernyataan awal yang dibuat merupakan pernyataan yang berlawanan dengan materi yang kalian sampaikan. Contohnya adalah jika kalian ingin menawarkan bisnis makanan sehat, maka kalian dapat membuat kalimat pernyataan sebagai berikut: 

“memiliki usaha makanan fast food merupakan usaha yang sangat menguntungkan.”

Lalu pernyataan yang ke dua merupakan lawan dari pernyataan yang pertama. 

“Tetapi tidak semua pernyataan itu benar, karena….”

Dengan memberikan 2 pernyataan yang saling berlawanan seperti diatas, kalian dapat menarik perhatian audiens untuk mendengarkan kelanjutan dari penjelasan kalian. 

2. Mengajukan pertanyaan retorik

Teknik yang ke dua adalah mengajukan pertanyaan retorik. Pertanyaan retorik adalah pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban. Biasanya pertanyaan ini digunakan sebagai sindiran. Dengan memberikan pertanyaan seperti ini audiens akan merasa penasaran dan mendengarkan penjelasan selanjutnya. 

3. Informasikan fakta

Teknik selanjutnya adalah memberikan fakta yang berhubungan dengan materi yang kalian sampaikan. Sampaikan fakta-fakta mencengangkan yang kemungkinan besar orang lain belum mengetahuinya sehingga akan membuat audiens menjadi penasaran dan mendengarkan presentasi yang dibawakan. 

4. Bangkitkan rasa penasaran 

Membangkitkan rasa penasaran audiens adalah cara yang tepat untuk menarik perhatian. Kalian dapat menggunakan kata “bayangkan”. Dengan menyampaikan kalimat yang menggunakan kata itu, kalian akan mengajak audiens untuk membayangkan secara detail apa yang kalian bicarakan. Setelah menyampaikan kalimat tersebut, beri jeda untuk memberikan mereka waktu berimajinasi sejenak dengan apa yang kalian sampaikan. Dengan demikian audiens akan lebih memahami apa yang kalian sampaikan dalam presentasi. 

5. Memberikan cerita

Teknik selanjutnya adalah bercerita. Kebanyakan orang-orang menyukai sebuah cerita. Untuk itu kalian dapat menggunakan cerita untuk menarik perhatian audiens. Gunakan narasi yang menceritakan kejadian tentang sebuah topik yang berhubungan dengan presentasi yang dibuat. Contohnya sama dengan diatas ketika kalian menawarkan usaha makanan sehat. Kalian dapat menggunakan cerita mengenai pengalaman makanan sehat yang kalian alami secara langsung. Atau bahkan cerita sebaliknya, ketika kalian mengalami rasa sakit akibat mengkonsumsi makanan tidak sehat. 

6. Berikan quote menarik

Yang terakhir adalah menggunakan quote yang menarik. Quote merupakan sebuah kutipan atau potongan kalimat pendek yang diambil dari buku, pidato, ataupun hal lainnya karena menarik. Quote yang digunakan harus tetap sesuai dengan materi yang dibawakan. Selain itu kalian juga harus mampu untuk menceritakan makna dan hubungan quote tersebut dengan materi yang disampaikan. 

Keseluruhan teknik di atas dapat digunakan untuk membuat audiens merasa tertarik kepada presentasi yang kalian sampaikan. Ketika mereka sudah tertarik dan merasa penasaran, mereka akan memperhatikan presentasi kalian sampai selesai.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.