Tips Menutup Presentasi Yang Mencengangkan Audiens!

Jasa Presentasi – Didalam sebuah presentasi setiap bagian memiliki perannya masing-masing. Mulai dari pembukaan, isi, sampai kepada penutup. Sayangnya sebagian orang hanya fokus mempersiapkan bagian isi materinya saja. Sehingga seringkali tidak memperhatikan bagian pembuka atau penutup presentasi. Padahal bagian ini juga akan mempengaruhi keseluruhan presentasi yang akan disampaikan. 

Bagian penutup merupakan kesempatan terakhir untuk membuat audiens merasa terkesan dengan keseluruhan presentasi. Oleh karena itu seharusnya bagian penutup juga harus dipersiapkan dengan baik. Jangan lewatkan bagian penutup dengan langsung mengalihkannya ke dalam sesi pertanyaan. Hal ini akan membuat presentasi menjadi tidak berkesan. 

Sumber: Unsplash

Untuk membuat penutup presentasi lebih berkesan, bahkan mencengangkan audiens yang hadir, kalian dapat melakukannya dengan beberapa cara. Dibawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai cara-cara untuk membuat penutup presentasi, yaitu:

1. Membuat ringkasan penting

Selama presentasi berlangsung tentu saja banyak sekali hal penting yang disampaikan. Buatlah poin-poin penting yang merangkum keseluruhan isi presentasi. Besar kemungkinan audiens lupa akan beberapa point penting yang telah kalian sampaikan. Kalian dapat menggunakan hal tersebut sebagai penutup dari presentasi. Sampaikan ringkasan yang telah dibuat pada akhir presentasi. Dengan begitu audiens akan mengingat seluruh point penting yang kalian sampaikan sebelumnya. 

2. Mengingatkan kembali hal penting dari presentasi

Setiap presentasi yang dilakukan pasti memiliki sebuah tujuan. Tujuan tersebut harus sampai kepada audiens dengan baik. Untuk itu kalian harus membuat audiens selalu mengingat kembali seluruh hal penting yang telah disampaikan sebelumnya. Dengan begitu tujuan awal presentasi dilakukan akan tercapai. 

3. Memberikan jawaban atas pertanyaan pembuka

Biasanya presentasi dibuka dengan cara memberikan sebuah pertanyaan kepada audiens. Jika kalian menggunakan cara ini, maka kalian harus memberikan jawaban pada saat penutup presentasi. Jangan sampai audiens merasa bingung karena tidak ada jawaban atas pertanyaan yang diberikan. Hal ini akan membuat pembicara seperti tidak mampu memberikan jawaban atas pertanyaan yang disampaikan. 

Jika pertanyaan itu telah dijelaskan pada bagian isi presentasi , kalian dapat mengulang kembali jawaban tersebut pada saat menutup presentasi. Hal ini juga digunakan sebagai pengingat audiens sebelum acara ditutup. 

4. Menggunakan beberapa kutipan

Selain hal yang telah disebutkan diatas, presentasi juga dapat ditutup dengan menggunakan kutipan dari berbagai sumber. Yang harus diperhatikan adalah kutipan yang digunakan harus sesuai dengan tema yang dibawakan pada saat presentasi. Jangan sampai kutipan yang digunakan tidak sesuai dengan tema, karena akan membuat audiens merasa bingung. Kalian juga dapat menggunakan kutipan yang bersifat umum tetapi dapat memberikan semangat ataupun kegembiraan. 

5. Call To Action

Cara ini dinilai sebagai cara yang paling persuasif untuk mempengaruhi audiens. Audiens yang menyediakan waktunya untuk hadir pada presentasi yang kalian lakukan pasti memiliki harapan ataupun mengharapkan sebuah solusi. Oleh karena itu kalian harus memberikan informasi mengenai apa yang harus dilakukan ataupun caranya mengolah informasi dari presentasi yang telah disampaikan. Cara atau informasi ini lah yang dapat kalian gunakan sebagai penutup. Dengan begitu audiens akan merasa puas dengan presentasi yang telah dilakukan. 

6. Pernyataan inspiratif

Yang terakhir adalah dengan menyampaikan pernyataan inspiratif yang kalian buat sendiri sebagai penutup presentasi. Disini kalian memiliki kebebasan untuk menggunakan kalimat yang kalian sukai. Gunakan kalimat-kalimat yang dapat menumbuhkan inspirasi dan juga semangat audiens. 

Enam cara diatas dapat kalian gunakan untuk menghasilkan penutup presentasi yang mencengangkan audiens. Penutup tersebut akan membuat audiens mengingat seluruh materi presentasi yang disampaikan. Dengan begitu tujuan awal dari presentasi akan tercapai. 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.