Kenapa Audiens Anda Tidak Bisa Memahami Data Yang Disampaikan?

Jasa Presentasi – Data merupakan salah satu aset berharga yang dimiliki oleh perusahaan. Semua data-data ini digunakan sebagai faktor pendukung dalam pengambilan keputusan. Sayangnya tidak semua orang paham bagaimana caranya mengolah data dengan baik dan benar. Sehingga seringkali data tidak memiliki fungsi apapun. Padahal jika digunakan dan diolah dengan baik, data dapat menjadi hal yang sangat berharga. 

Agar lebih mudah membaca dan memahami data, kalian dapat menggunakan visualisasi data. Visualisasi ini merubah data-data menjadi objek-objek visual yang mudah dimengerti dan dipahami. Visualisasi dapat berbentuk grafik-grafik yang menggunakan berbagai warna dan gambar. 

Sumber: Unsplash

Sayangnya tidak semua pembuatan visualisasi mampu membuat orang lain memahami isi dari data tersebut. Seringkali data yang sudah dibuat tidak dapat diterima oleh audiens. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat visualisasi data tidak dapat diterima dengan baik oleh audiens. 

1. First impression yang tidak menarik

Sebaik apapun visualisasi data yang sudah dibuat akan menjadi tidak menarik jika first impression yang ditampilkan sudah membuat audiens bosan. Untuk sampai kepada penyampaian visualisasi data, audiens harus merasa tertarik sejak awal presentasi dibuka. Karena jika sejak awal audiens tidak tertarik, maka mereka akan kesulitan untuk melihat dan mempelajari data yang yang disampaikan. 

Untuk itu kalian harus membuat first impression yang menarik sejak awal. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kata-kata atau tulisan yang menarik. Dengan begitu audiens akan tertarik untuk memperhatikan presentasi dari awal sampai akhir. 

2. Menggunakan jenis visualisasi yang tidak tepat

Salah satu hal yang membuat visualisasi kalian tidak dapat dimengerti adalah kesalahan pemilihan jenis visualisasi pada tampilan slide. Jenis visualisasi harus disesuaikan dengan jumlah data yang ingin ditampilkan. Jumlah data yang tidak terlalu banyak sangat cocok ditampilkan dalam bentuk diagram lingkaran. Sedangkan jumlah data yang sangat banyak sangat cocok ditampilkan dengan grafik batang. Dengan menggunakan grafik dan visualisasi yang tepat akan membuat seluruh data terlihat dengan jelas dan tidak menumpuk. Dengan demikian audiens akan semakin mudah untuk memahami visualisasi data yang dibuat. 

3. Penambahan detail yang tidak penting

Seringkali kita memberikan berbagai tambahan detail yang berlebihan dengan harapan data semakin menarik. Tetapi tidak semua data dapat diberi tambahan detail. Karena penambahan-penambahan itu membuat audiens justru kehilangan fokus karena menganggap data yang ditampilkan terlalu rumit. Data yang sederhana dan informatif lebih mudah dipahami oleh audiens. 

4. Tidak memahami kebutuhan audiens

Seringkali ketika membuat slide presentasi dan seluruh isi materi di dalamnya semuanya disesuaikan dengan keinginan pembicara tanpa memperhitungkan audiens yang akan hadir. Sehingga akhirnya akan membuat materi sulit untuk dipahami oleh audiens. 

Sebelum melakukan presentasi sebaiknya kalian memahami lebih dalam lagi audiens yang akan datang. Karena materi presentasi harus disesuaikan dengan audiens yang hadir. Hal ini pun berlaku ketika akan membuat visualisasi data. Sebelum membuatnya, kalian harus memahami terlebih dahulu kemampuan audiens untuk membaca data, data apa saja yang dibutuhkan, dan akan digunakan untuk apa data tersebut. Dengan semua penyesuaian tadi audiens akan lebih memahami visualisasi data yang ditampilkan. 

5. Tidak bisa menjangkau seluruh audiens

Salah satu hal yang paling penting dalam presentasi adalah membuat audiens paham dan mengerti dengan semua informasi yang kita berikan. Sayangnya seringkali kita lupa untuk memperhatikan hal-hal detail yang sebenarnya bermanfaat untuk beberapa audiens khusus. Salah satunya adalah penggunaan warna pada visualisasi data yang dibuat. 

Tidak semua audiens mampu melihat perbedaan warna yang kita buat. Penderita buta warna sulit untuk membedakan warna merah dan hijau. Untuk itu usahakan untuk menggunakan paduan warna yang dapat dipahami oleh semua audiens. 

Kesalahan-kesalahan di atas sering kali terjadi ketika kalian melakukan presentasi dan menampilkan visualisasi data. Akibatnya audiens tidak paham dengan visualisasi data yang kalian sampaikan. Oleh karena itu hindari kesalahan-kesalahan tersebut ketika membuat presentasi agar audiens lebih memahami apa yang kalian sampaikan.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.