Takut Informasi Di PPT Anda Tidak Bisa Dibaca Oleh Audiens, Simak Tips Memilih Font

Jasa Presentasi – Font merupakan kombinasi jenis, ukuran, tebal, dan jarak sebuah huruf. Setiap font yang dibuat memiliki keunikannya masing-masing. Terdapat berbagai jenis font yang berbeda sehingga kita dapat membedakan setiap hurufnya secara sepintas saja. Ternyata font tulisan tidak dibuat dengan sembarangan dan tanpa arti, bahkan ada ilmu yang mempelajari mengenai font dan karakternya, yaitu ilmu Tipografi. 

Font yang bersifat estetik ini memiliki peran yang sangat besar pada tampilan presentasi yang dibuat.  Pemilihan font juga dapat mengindikasikan seorang pembicara presentasi profesional atau tidak. Karena penggunaan font yang tidak sesuai akan membuat audiens sulit untuk memahami tulisan pada slide yang dibuat. Akibatnya pembicara akan dicap tidak profesional. 

Sumber: Unsplash

Pentingnya pemilihan font ini harus benar-benar diperhatikan ketika membuat slide presentasi. Kita harus mengetahui font mana saja yang harus digunakan untuk membuat audiens merasa nyaman membaca slide presentasi yang kita buat. Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih font yang cocok untuk slide presentasi:

1. Sesuai dengan tema presentasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih font yang sesuai dengan tema presentasi. Karena font dapat merefleksikan karakter dan pesan yang ingin disampaikan. Terkadang penggunaan font yang salah akan membuat audiens salah menerima informasi yang disampaikan. Contohnya adalah penggunaan font dekoratif pada papan peringatan. Ini akan membuat peringatan menjadi tidak serius dan audiens akan mengabaikan peringatan tersebut. 

Ada dua jenis tema presentasi yang digunakan, yaitu tema klasik dan modern. Tema klasik sangat cocok untuk jenis font Times New Roman. Karena font jenis ini memiliki karakter tegas, tebal, tetapi banyak lekukan. Biasanya jenis tema ini digunakan untuk menyampaikan informasi yang mengandung nilai historical, seperti benda-benda bersejarah, ataupun kejadian lainnya di masa lalu.

Tema modern sangat cocok dengan jenis font Calibri atau Arial. Karena jenis font ini sederhana. mudah dibaca, dan tidak memiliki banyak lekukan. Hampir semua materi presentasi penting menggunakan jenis font ini untuk memberi kesan profesional. 

Hindari menggunakan font dekoratif pada slide yang dibuat. Font ini sulit untuk dibaca, apalagi jika digunakan pada slide yang penuh dengan materi tulisan. Hal ini akan membuat audiens tidak dapat membaca pesan yang disampaikan dalam slide presentasi dengan jelas.   

2. Mudah dibaca

Langkah selanjutnya adalah menggunakan font yang mudah dibaca. Font yang mudah dibaca akan membuat audiens dapat membaca slide presentasi kalian dengan mudah dan isi presentasi menjadi lebih mudah dipahami. 

Untuk memilih font mana yang mudah dibaca, kalian dapat menggunakan salah satu ilmu topografi, yaitu dengan menggunakan Tes I/I/1. Tes ini menggunakan tiga buah karakter secara berdampingan, yaitu huruf i besar, huruf L kecil, dan angka 1. Jika ketiga karakter tadi dapat dibedakan dengan mudah pada satu font, maka font tersebut dapat dibaca dengan mudah oleh audiens. 

3. Jenis yang lengkap

Yang terakhir adalah menggunakan font yang memiliki berbagai jenis karakter dan jenis yang lengkap. Yaitu Regular, Bold, Italic, Semibold, Light, dan beberapa tanda baca (*), (#), (:). Kelengkapan jenis ini akan membantu kalian ketika akan menggunakan berbagai variasi tulisan pada slide presentasi. 

Font yang memiliki karakteristik dan jenis yang lengkap adalah Font Aileron dan Font Roboto. Sedangkan untuk font lainnya tidak memiliki karakteristik dan jenis yang lengkap, seperti Font Abril Fatface dan Font Rainbow Dreams

Itulah beberapa tips untuk memilih jenis font yang akan digunakan untuk slide presentasi kalian. Pemilihan font yang tepat akan memudahkan audiens untuk memahami slide yang kalian buat dan presentasikan.  


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.