Presentasi Bukan Sekadar Membaca Ringkasan Materi

Jasa Presentasi – Presentasi seharusnya dilakukan dengan menyenangkan antara pembicara dan peserta yang terlibat. Adanya komunikasi dua arah membuat presentasi saling berinteraksi satu sama lainnya. Namun seringkali yang terjadi justru sebaliknya, tidak ada interaksi yang terjadi diantara keduanya. Pembicara terlalu sibuk membacakan materi pada slide dan lupa untuk memperhatikan pesertanya. Akibatnya peserta menjadi merasa tidak diperhatikan dan memilih untuk melakukan hal lainnya. 

Sumber : Unsplash

Tidak ada yang salah bagi seorang pembicara untuk membacakan isi slidenya. Tetapi jangan sampai sepanjang presentasi dilakukan pembicara hanya fokus untuk membacakan isi slidenya yang penuh dengan isi materi. Isi slide harusnya hanya berisi pokok-pokok materi yang akan disampaikan. Sedangkan isi dari materi dijelaskan secara langsung oleh pembicara kepada peserta. 

Biasanya hal ini terjadi karena pembicara kurang percaya diri ataupun gugup, sehingga tidak mampu untuk berinteraksi dengan peserta. Padahal hal tersebut akan membuat kalian dicap sebagai pembicara yang buruk dalam presentasi lainnya. 

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan. Cara-cara tersebut dapat kalian praktekkan ketika melakukan presentasi. 

1. Menguasai seluruh materi

Untuk meningkatkan rasa percaya diri ketika melakukan presentasi, kalian harus menguasai seluruh materi dengan baik. Materi yang ditampilkan dalam slide presentasi haruslah dipahami dan dikuasai terlebih dahulu. Apalagi jika slide presentasi itu dibuat oleh orang lain. Sebaiknya berikan waktu beberapa hari untuk mempelajari keseluruhan slide yang dibuat sebelum melakukan presentasi. Dengan demikian kalian akan menyampaikan presentasi dengan mudah di hadapan peserta lainnya tanpa harus melihat slide terus menerus di panggung.  

2. Hanya menampilkan pokok materi pada slide

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat slide presentasi yang hanya menampilkan pokok materi saja, bukan keseluruhan isi dari materi secara detail. Hal itu akan membuat kalian “terpaksa” untuk memahami isi dari materi keseluruhan. Slide yang berisi pokok-pokok materi akan membuat tampilan slide lebih sederhana dan mudah untuk dipahami oleh peserta. Karena meskipun ditampilkan lebih singkat, kalian harus menjelaskannya secara langsung kepada para peserta secara terperinci. Cara ini juga dapat membuat peserta lebih memperhatikan apa yang pembicara jelaskan selama presentasi. 

3. Memvisualisasikan tampilan slide

Meskipun tampilan slide dibuat lebih sederhana, tampilan slide yang dibuat dapat diberi beberapa tampilan visual, seperti gambar ataupun video. Tampilan dalam bentuk visual ini mampu memancing interaksi antara pembicara dan peserta. Karena peserta pasti lebih tertarik untuk menantikan penjelasan mengenai gambar atau video yang mereka lihat. Hal ini juga akan membuat tampilan slide lebih menarik dan mudah untuk dipahami. 

4. Siapkan catatan kecil

Alasan lain yang membuat pembicara selalu melihat slide selama presentasi adalah agar tidak melupakan satu hal pun ketika melakukan presentasi. Padahal ada cara lain yang dapat dilakukan, yaitu dengan cara menyiapkan sebuah catatan kecil yang digunakan sebagai panduan ketika sedang melakukan presentasi. Sehingga ketika melupakan sesuatu, kalian masih bisa melihat catatan kecil yang dibuat. Dengan demikian presentasi tetap dapat dilakukan dengan baik. 

5. Lakukan eye contact dengan peserta

Setelah terjalin interaksi dengan peserta, jangan lupa untuk melakukan eye contact dengan mereka. Cara inipun dapat membuat mereka merasa lebih dihargai kehadirannya dan merasa senang. Perasaan ini akan membuat mereka lebih memperhatikan presentasi sampai selesai. Oleh karena itu fokuskan untuk berinteraksi dan melakukan eye contact dengan peserta daripada memperhatikan slide presentasi selama presentasi berjalan. 

Cara-cara diatas dapat membuat kalian melakukan presentasi dengan lebih mudah tanpa perlu melihat slide presentasi terus menerus. Hal ini akan membuat peserta lebih nyaman untuk menyimak dan memperhatikan presentasi sampai selesai. 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.