Berbagai Macam Gaya Presentasi Yang Dapat Digunakan Oleh Pembicara

Jasa Presentasi – Salah satu tujuan utama dari presentasi adalah membuat audiens memahami apa yang disampaikan oleh pembicaranya. Untuk mencapai tujuan itu tidaklah mudah. Dibutuhkan berbagai macam cara dan juga perlakuan khusus untuk membuat mereka memahami hal tersebut. 

Sumber: Unsplash

Itulah yang membuat setiap pembicara memiliki gaya yang berbeda-beda dalam membawakan presentasinya. Gaya itu disesuaikan dengan karakteristik dari pembicaranya masing-masing. ada beberapa gaya presentasi yang sering dilakukan oleh pembicara ketika melakukan presentasi:

1. Storytelling Style

Presentasi yang disampaikan dengan gaya storytelling hampir seperti menyampaikan sebuah dongeng. Sebuah presentasi yang dilakukan dengan menggunakan gaya bahasa, teknik bercerita, dan gestur tubuh yang atraktif. Gaya ini sangat cocok untuk membawakan presentasi yang berisi materi tidak resmi dan lebih santai. Karena presentasi lebih banyak menggunakan bahasa yang santai dan tidak kaku. Gaya presentasi seperti ini sangat diminati oleh para audiens, meskipun berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama tetapi presentasi tidak membosankan. 

2.Visual Style

Pembicara yang menggunakan gaya ini lebih menitik beratkan presentasi pada tampilan visual yang akan disampaikan kepada audiens. Pembicara akan menuangkan materi kedalam berbagai  tampilan visual yang  memanjakan mata. Biasanya akan menggunakan video ataupun ilustrasi bergerak. Harapannya mampu membangun imajinasi dan juga memudahkan audiens untuk lebih mengerti dan memahami apa yang telah disampaikan oleh pembicara. 

3. Free form

Presentasi yang ditampilkan oleh anak muda saat ini sering menggunakan gaya free form, yaitu menggunakan gaya bebas tanpa mengikuti standar yang sudah ada sebelumnya. Umumnya gaya ini menggunakan lebih banyak improvisasi sehingga akan lebih bebas untuk berinteraksi dengan audiens. Hal ini akan membuat audiens merasa lebih dilibatkan dan terasa menyenangkan.  

4. Connector style

Kunci utama keberhasilan presentasi adalah audiens yang memahami dengan apa yang disampaikan oleh pembicara. Untuk itu audiens harus terlibat secara penuh selama proses presentasi berlangsung. Agar hal tersebut tercapai ada beberapa pembicara yang menggunakan gaya ini, yaitu connector style. Pada gaya ini pembicara hanya menyampaikan sebuah masalah kemudian memberikan banyak pertanyaan kepada audiens dan terciptalah diskusi yang berkesinambungan. Proses tanya jawab ini akan terjadi selama presentasi berlangsung, dan membuat audiens selalu aktif untuk menjawab pertanyaan.

Sayangnya belum banyak pembicara yang menggunakan gaya ini. Karena dibutuhkan teknik berbicara yang sangat baik dan juga pemahaman materi yang sangat dalam ketika akan menggunakan gaya ini. Karena akan banyak pertanyaan yang muncul dan membutuhkan jawaban. Selain itu pembicara harus mampu untuk memberikan batasan pada proses tanya jawab tersebut. Jangan sampai proses itu melenceng jauh dari materi awalnya. 

5. Coach style

Yang terakhir adalah coach style. Gaya ini hampir seperti dosen yang sedang menerangkan kepada siswanya. Pembicara terlihat berwibawa dan meyakinkan ketika menyampaikan presentasi. Gaya ini sangat cocok digunakan untuk menyampaikan materi yang sangat rumit dan membutuhkan konsentrasi penuh dari para audiens. Karena dengan menyampaikan materi yang rumit, pembicara harus membuat audiens fokus untuk mendengarkan dan memahami apa yang akan disampaikan dalam presentasi. 

Itulah beberapa gaya yang dapat kalian gunakan sebagai pembicara presentasi. Gaya-gaya tersebut dapat disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan dan juga jenis audiens yang akan mengikuti presentasi. Karena jika gaya dan materi tidak tepat, justru akan membuat audiens sulit untuk mengerti materi yang disampaikan. 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.