30 Tips Presentasi yang Dapat Kamu Pelajari dari TED Talks (Part 4)

30 Tips Presentasi yang Dapat Kamu Pelajari dari TED Talks (Part 4)

Jasa Presentasi – Berbicara di depan publik menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Karena ketika kita menjadi seorang public speaker, kamu menjadi pusat perhatian dan menjadi sumber informasi bagi audiens, sehingga kamu ingin melakukan yang terbaik, ingin terlihat kredibel, dan dipercaya oleh audiens. Namun, karena hal ini juga, banyak orang merasa grogi dan gugup. Akibatnya, apa yang disampaikan tidak dapat diterima oleh audiens.

Berbicara mengenai presentasi dan public speaking, para speaker TED menjadi acuan dan contoh bagi banyak presenter di luar sana. Karena mereka memiliki cara dan teknik penyampaian yang menarik dan mudah dipahami. Seperti beberapa tips public speaking berikut ini yang dapat kamu pelajari dari mereka, sehingga penyampaian presentasimu menjadi lebih baik serta mendapat kesuksesan.

  1. Datang lebih awal dan kenali tempat presentasi

Seringkali, orang merasa grogi dan kurang percaya diri ketika harus tampil di depan banyak orang di tempat yang belum familiar. Untuk menghindari hal ini terjadi, kamu perlu datang lebih awal ke tempat presentasi dan mencoba peralatan yang akan digunakan dalam presentasi. Hal ini untuk menghindari masalah teknis yang mungkin terjadi, sehingga kamu lebih percaya diri dan mengurangi grogi.

  1. Ulangi pertanyaan audiens sebelum menjawabnya

Untuk memastikan bahwa apa yang audiens tanyakan sama dengan apa yang kamu pahami, ulangilah pertanyaan dari audiens sebelum menjawabnya, sehingga kamu dapat memberikan jawaban yang sesuai dan tepat. Selain itu, mengulang pertanyaan berfungsi agar audiens lain juga memiliki pemahaman yang sama serta dapat memberikan lebih banyak waktu untukmu dalam memikirkan jawabannya.

  1. Berbicara dengan perlahan

Ketika merasa gugup dan grogi, jantung akan berpacu lebih cepat, sehingga adrenalin meningkat, dan menyebabkan seseorang untuk berbicara lebih cepat, bahkan terlalu cepat. Karena hal ini, apa yang disampaikan menjadi sulit untuk dipahami. Agar hal ini tidak terjadi padamu, kamu perlu berbicara dengan normal, dengan perlahan, sehingga audiens akan lebih mudah mencerna dan memahami apa yang disampaikan. Untuk melakukan hal ini, kamu perlu mengendalikan diri dengan mengurangi gugup. Aturlah pernapasan sebelum naik ke atas panggung dan berlatihlah sebanyak mungkin, sehingga kamu lebih percaya diri.

  1. Jadilah diri sendiri

Setiap orang memiliki role model mereka masing-masing, tidak terkecuali bagi seorang speaker atau presenter. Terkadang tanpa disadari mereka meniru gaya dari seseorang yang mereka kagumi. Padahal, menjadi diri sendiri merupakan salah satu kunci agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh audiens. Seperti yang disampaikan oleh Tim Ferriss, seorang penulis, pengusaha, dan public speaker Amerika, bahwa tidak mengapa jika kamu termasuk orang yang tidak lancar dalam public speaking, yang masih mengucapkan “emmm” dalam presentasi, asalkan kamu memiliki sesuatu yang menarik dan relevan untuk disampaikan.

  1. Ulangi kata kunci

Agar audiens lebih mudah mengingat pesan dan kata kunci yang kamu sampaikan, lakukanlah pengulangan. Jika perlu, berikan contoh dan perumpamaan dari konten yang disampaikan. Untuk itu, kamu perlu menyusun presentasi yang memungkinkan untuk mengulang kata kunci.

  1. Tingkatkan rasa percaya diri sebelum naik ke atas panggung dengan melakukan “power posing”

Amy Cuddy, seorang penulis, dosen, dan psikologis sosial dari Amerika, mengatakan bahwa hormon testosteron dan kortisol (hormon stress) dapat diatasi tergantung dari pose badan. Berdiri tegak dengan membusungkan dada dan meletakkan kedua tangan ke pinggang selama dua menit dapat meningkatkan hormon testosteron, sehingga mengurangi rasa gugup dan grogi.

Sumber : here


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *