Warna untuk Desain Presentasi

4 Aturan Memilih Warna untuk Desain Presentasi

Jasa Presentasi – Hal yang pertama kali terlihat dan dinilai dari seseorang adalah penampilannya. Begitu juga sebuah presentasi. Hal yang akan dinilai oleh audiens adalah desain tampilannya. Salah satu yang dapat menarik perhatian audiens dalam sebuah presentasi adalah warna. Oleh karena itu, desainer presentasi perlu memperhatikan pemilihan warna agar presentasi menarik. Berikut dijelaskan aturan dalam memilih warna untuk desain presentasi.

  1. Kontras yang Tinggi
Warna untuk Desain Presentasi

Warna untuk Desain Presentasi

Hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam memilih warna adalah kontras. Ciptakan kontras yang tinggi pada setiap elemen dalam presentasi. Misalnya, jika background berwarna gelap, gunakan warna font yang lebih terang, atau sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk membuat setiap elemen terlihat jelas. Kontras tidak hanya tentang memilih warna yang berlawanan, tetapi berkaitan juga dengan memilih warna yang jika dikombinasikan dapat membuat tampilan menarik.

  1. Buatlah dengan Sederhana
Warna untuk Desain Presentasi

Warna untuk Desain Presentasi

Salah satu prinsip yang digunakan dalam bidang desain adalah ”the less, the more”. Maksudnya adalah sesuatu yang simpel itu lebih menarik. Hal ini dapat diterapkan juga untuk memilih dan mengkombinasikan warna dalam membuat presentasi. Pilihlah kombinasi warna yang sederhana dan hindari terlalu banyak menggunakan warna yang berbeda. Gunakan 3 sampai 4 warna untuk menciptakan visual presentasi yang menarik.

  1. Gunakan Aturan 60-30-10
Warna untuk Desain Presentasi

Warna untuk Desain Presentasi

Aturan ini disebutkan dalam sebuah artikel dari ethos3 yang berjudul “Color Rules for Presentation Design.” Jika ingin menggunakan 3 jenis warna yang berbeda dalam sebuah slide, gunakan warna primer (merah, biru, kuning) untuk mendominasi slide sebanyak 60%, kemudian gunakan warna sekunder (ungu, hijau, orange) untuk diterapkan dalam slide sebanyak 30%, dan sisanya sebanyak 10% untuk warna lainnya (merah maroon, biru dongker, biru tosca, dan lain-lain).

  1. Buat palet warna sendiri
Warna untuk Desain Presentasi

Warna untuk Desain Presentasi

Membuat palet warna sendiri dapat dilakukan dengan memanfaatkan alat eyedropper. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih gambar yang menarik atau gambar yang akan dijadikan background. Kemudian lakukan eyedrop pada beberapa warna (3-4 warna) dalam gambar tersebut.

Warna merupakan elemen yang pasti ada dalam kehidupan kita. Warna juga dapat menggambarkan dan mengatur suasana dan kondisi. Oleh karena itu, menggunakan warna yang sesuai dengan topik akan membuat presentasi lebih menarik. Gunakan dan kombinasikan pula warna yang tidak monoton dan tidak membosankan. Terakhir, pastikan untuk menggunakan aturan di atas untuk memilih warna demi slide presentasi yang menarik.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *