4 Format yang Bisa Kita Gunakan untuk Menyajikan Data

Jasa Presentasi – Data merupakan materi presentasi yang mendukung informasi yang disampaikan oleh pembicara menjadi lebih valid, sehingga dapat memperkuat pesan yang ingin kita sampaikan. Meskipun demikian, penyajian data bisa jadi hal yang membosankan dan malah membingungkan bagi audiens jika disajikan dengan sembarang. Oleh karena itu, penyajian data harus dilakukan dengan menarik, salah satunya dengan mengubah data menjadi visual yang menarik dan mudah dipahami. Berikut beberapa format visual data yang bisa digunakan untuk menyajikan data ketika presentasi.

1. Grafik dan Chart

Salah satu format yang paling sering digunakan untuk menyajikan data adalah grafik dan chart. Terdapat banyak sekali jenis grafik dan chart yang bisa kita gunakan untuk mengubah data yang kompleks menjadi lebih sederhana dan menarik. Meskipun demikian, pastikan untuk menggunakan jenis grafik dan chart sesuai dengan jenis data yang akan kita sajikan, sebab menggunakan jenis grafik atau chart yang kurang tepat dapat membuat audiens semakin bingung.

2. Desain Informasi

Desain informasi merupakan format penyajian data yang bisa digantikan dengan visual tanpa menunjukkan data atau angka sama sekali. Misalnya jika terdapat data yang menunjukkan bahwa 40% dari 10 wanita merupakan pekerja kantoran, maka kita bisa menggantinya dengan 10 icon wanita kemudian memberikan warna yang berbeda untuk 4 icon pertama.

3. Infografik

Infografik merupakan sekumpulan data yang disajikan dengan visual. Berbeda dengan desain informasi, infografik bisa berisi angka, grafik, chart, icon, maupun gambar. Infografik berfungsi untuk menyajikan data dalam bentuk cerita yang menarik dengan visual.

4. Motion Graphic

Motion Graphic merupakan grafik yang diberi animasi gerak sehingga menambah ketertarikan data. Motion graphic juga bisa kita gunakan untuk menambah penekanan pada data. Kita bisa mengkombinasikan salah satu format data di atas dengan menambahkan motion atau gerakan pada data yang kita sajikan.

Sebelum memilih format yang ingin kita gunakan untuk menyajikan data, pastikan kita sudah mengetahui tujuan yang ingin dicapai, alur cerita yang ingin disampaikan, jumlah data yang akan disertakan, dan siapa yang akan menjadi audiens presentasi kita.

Sumber: https://visage.co/pick-best-data-visualization-format-story/

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *