5 Cara Mendengarkan dengan Aktif yang Biasa Dilakukan oleh Pemimpin yang Berpengaruh

Jasa Presentasi – Salah satu hal yang membedakan pemimpin biasa dengan pemimpin yang berpengaruh adalah kemampuan mereka untuk menjadi pendengar yang baik. Mereka menyadari betapa pentingnya mendengarkan dengan aktif, karena dengan ini mereka dapat menggali informasi yang mungkin terlewatkan oleh orang lain. Selain itu, menjadi pendengar yang baik juga dapat mengantarkan kita menjadi pembicara yang baik dan efektif. Berikut 5 cara menjadi pendengar yang baik dan aktif yang bisa kita latih agar dapat menjadi komunikator yang efektif.

1. Lakukan Kontak Mata dengan Lawan Bicara

Berbicara dengan orang yang fokus pada hal lain diibaratkan seperti memanah target yang sedang bergerak, sulit untuk mengenainya. Langkah pertama untuk mendapatkan fokus pada apa yang sedang dibicarakan oleh lawan bicara adalah dengan melakukan kontak mata. Kontak mata menunjukkan tanda bahwa kita memperhatikan dan fokus pada lawan bicara dan apa yang sedang dibicarakannya. Selain itu, melakukan kontak mata juga akan membantu kita untuk terhubung dengan mereka sehingga akan lebih mudah untuk memahami apa yang mereka katakana dan rasakan.

2. Jangan Memikirkan Hal Lain ketika sedang Mendengarkan

Melakukan kontak mata saja sebenarnya tidak cukup dan ini hanyalah langkah awal untuk kita bisa fokus pada lawan bicara. Langkah selanjutnya adalah dengan mengosongkan pikiran kita dari hal lain yang tidak relevan dengan apa yang sedang dibicarakan. Langkah ini sangat penting karena akan membantu kita memahami secara penuh apa yang dimaksud oleh lawan bicara.

3. Jangan Menginterupsi

Menginterupsi seseorang yang sedang berbicara merupakan hal yang tidak sopan, terutama dalam percakapan sehari-hari atau dalam keadaan tidak sedang melakukan kompetisi atau debat. Selain itu, menginterupsi juga dapat membuat fokus orang yang sedang berbicara terganggu. Belum jika interupsi yang kita lakukan mengharuskan mereka untuk memberikan penjelasan lain yang kontennya berbeda dengan yang tadi sedang dibicarakan. Pendegar yang baik dan aktif tidak akan melakukan hal ini, mereka akan mendengarkan dan menanggapi atau bertanya sampai lawan bicara selesai berbicara.

4. Berikan Respon Nonverbal untuk Menunjukkan bahwa Kita Mendengarkan

Salah satu indikasi visual yang dapat menunjukkan bahwa kita mendengarkan adalah dengan memberikan respon nonverbal, seperti mengangguk, tersenyum, mengernyit, atau ekspresi lainnya. Pastikan ekspresi yang kita tunjukkan adalah ekspresi yang sopan dan berhubungan dengan apa yang sedang dibicarakan. Pastikan postur tubuh kita terbuka dan tertarik dengan apa yang akan disampaikan oleh lawan bicara.

5. Perhatikan Bahasa Tubuh Lawan Bicara

Sebagian besar komunikasi secara langsung yang kita lakukan mungkin adalah komunikasi non-verbal. Kita bisa mengetahui apa yang sedang dirasakan seseorang tanpa mereka mengatakan apapun, karena hal ini dapat terlihat dari gerak tubuh yang mereka tunjukkan saat itu. Selain itu, kita juga bisa melihatnya melalui suara dan nada bicara mereka. Ini adalah petunjuk yang tidak seharusnya kita abaikan ketika sedang mendengarkan.

 

Pembicara yang baik tidak hanya dapat menyampaikan dengan baik, tetapi juga dapat menjadi pendengar yang baik, sebab dengan menjadi pendengar yang baik, kita bisa memberikan penjelasan atau pendapat yang sesuai dengan apa yang mungkin lawan bicara tanyakan, sehingga komunikasi yang dilakukan menjadi efektif. Terapkan beberapa cara mendengarkan secara aktif di atas agar komunikasi yang kita lakukan menjadi lebih efektif.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *