5 Quotes yang Mengajarkan Kita Cara Menarik Perhatian Audiens dalam Presentasi

Jasa Presentasi – Kebanyakan presenter menganggap presentasi adalah tentang dirinya. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun ada hal lain yang lebih penting yang perlu presenter ketahui yaitu bahwa presentasi sebenarnya juga tentang audiens, atau bisa dibilang, fokus utama presenter saat presentasi seharusnya adalah audiens. Tentang mengapa para audiens harus peduli dengan apa yang presenter sampaikan, tentang bagaimana presenter bisa menarik perhatian audiens. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut disajikan beberapa quote yang akan mengajarkan kita cara menarik perhatian audiens.

1. Memancing Pertanyaan dari Audiens

“To make our communications more effective, we need to shift our thinking from “What information do I need to convey?” to “What questions do I want my audience to ask?”

– Chip Heath, Stanford Graduate School of Business Professor

Sesi tanya jawab merupakan hal yang menegangkan bagi beberapa presenter, sebab pada saat itu, kredibilitas mereka sebagai sumber informasi seperti sedang diuji. Agar lebih siap, presenter perlu melakukan antisipasi, salah satu caranya adalah dengan memancing audiens dengan memberikan pertanyaan langsung, misalnya “Setelah mendengar penjelasan ini, pertanyaan apa yang muncul di kepala Anda?”

2. Tarik Perhatian Audiens dengan Bercerita

“Storytelling is fine as long as you can encourage people to act on the stories.”

– Karen Armstrong, Religious Thinker

Bercerita merupakan hal yang biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, dan ini merupakan cara yang kita lakukan secara natural untuk terhubung dengan orang lain. Fakta ini bisa kita manfaatkan untuk menarik perhatian audiens dalam presentasi. Gunakan cerita yang melibatkan emosi, motivasi dan psikologi audiens, sehingga mereka akan tertarik dengan penjelasan yang sedang kita sampaikan.

3. Sampaikan Cerita dengan Sederhana dan Libatkan Imajinasi Audiens

My experience of great storytelling, working with classics, is just finding a way to present it simply but let the story do its own work, or be an invite to the audience’s imagination.”

– Kenneth Branagh, actor

Sama seperti poin sebelumnya, bercerita menjadi cara yang efektif untuk menyampaikan sebuah ide. Temukan cara penyampaian cerita yang sederhana dan menarik, kemudian biarkan audiens masuk ke dalam cerita dan memvisualisasikannya dalam benak mereka.

4. Ketahui Karakteristik Audiens dan Libatkan Emosi Mereka

“I’ve learned that people will forget what you said, people will forget what you did, but people will never forget how you made them feel.”

– Maya Angelou, American poet, memoirist, and civil rights activist

Presentasi yang berhasil tidak hanya dilihat ketika audiens tertarik dengan apa yang kita sampaikan saat presentasi berlangsung, tetapi juga ketika audiens tetap mengingat apa yang kita sampaikan dalam presentasi bahkan setelah presentasi berakhir dan untuk beberapa waktu ke depan. Oleh karena itu, sampaikanlah presentasi yang berkesan, namun sebelum itu, kita perlu tahu karakteristik audiens secara umum, kemudian sampaikan presentasi dengan cara yang sesuai dengan karakteristik mereka.

5. Fokuskan Presentasi pada Audiens

“Speech belongs half to the speaker, half to the listener.”

– Michel de Montaigne, Philosopher

Meskipun pembicara merupakan spotlight dalam presentasi, namun audiens-lah yang seharusnya menjadi fokus utama. Oleh karena itu, sampaikanlah cerita yang bisa menarik perhatian audiens. Ketahui apa yang mereka inginkan dari presentasi kita, kemudian libatkan mereka dalam presentasi, misalnya dengan memberikan pertanyaan singkat dan meminta pendapat mereka tentang pertanyaan tersebut.

Fokuslah pada audiens ketika melakukan presentasi, karena presentasi yang berhasil adalah presentasi yang menarik, berkesan, dan diingat oleh audiens bahkan setelah presentasi berakhir. Pelajarilah 5 quotes di atas dan terapkan beberapa trik-nya ketika melakukan presentasi.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *