5 Tips Mengatasi Ketakutan pada Public Speaking dari Andy Molinsky

Jasa PresentasiPublic Speaking atau presentasi merupakan kegiatan tersulit yang harus dilakukan bagi sebagian orang. Mereka menganggap presentasi merupakan hal yang menakutkan karena kita harus berhadapan dengan banyak orang untuk menyampaikan suatu ide atau pesan. Beberapa dari kita takut ketika membayangkan bahwa kita akan meninggalkan kesan yang buruk dan kurang menginspirasi untuk audiens presentasi kita. Padahal hal tersebut belum tentu terjadi. Oleh karena itu, kita perlu mengatasinya agar ketakutan-ketakutan tersebut tidak menjadi nyata dan presentasi yang kita sampaikan dapat berkesan dan diingat oleh audiens atau paling tidak kita dapat menyampaikan presentasi dengan lancar dan mudah dipahami oleh audiens.

1. Posisikan Diri Kita sebagai Audiens

Bagi kita yang mudah merasa gugup saat akan melakukan presentasi, memposisikan diri sebagai audiens memang bukan hal yang mudah, namun merupakan hal yang penting untuk dilakukan, karena hal ini akan mempengaruhi penyampaian dan dapat membantu kita untuk terhubung dengan audiens. Oleh karena itu, sebelum melakukan presentasi, pastikan kita sudah mengetahui siapa yang akan menjadi audiens presentasi kita, apa yang kira-kira mereka ingin ketahui dari topik yang akan kita sampaikan. Kemudian, carilah cara untuk menyampaikan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh audiens.

2. Dapatkan Feedback Jujur dan Pastikan Kita Mau Menerimanya

Public speaking merupakan salah satu skill yang perlu dilatih agar terus meningkat. Kita bisa melakukan latihan sendiri dengan bercermin, atau akan lebih baik jika kita berlatih di hadapan audiens kecil yang berisi orang-orang yang kita percaya untuk memberikan feedback. Mintalah feedback untuk materi yang kita sampaikan dan juga untuk kita sebagai pembicara. Dengan begitu, kita akan lebih terbiasa untuk menyapaikan ide atau informasi kepada orang lain, sekaligus mengetahui apa yang masih kurang dan perlu diperbaiki sehingga nantinya kita akan lebih percaya diri untuk melakukan presentasi di hadapan lebih banyak audiens.

3. Fokus pada Mengapa Kontenmu Berarti dan Jadikan Hal Tersebut sebagai Sumber Rasa Percaya Diri Kita

Salah satu alasan mengapa orang takut pada public speaking adalah tentang kekhawatiran kita akan kesan yang akan ditinggalkan untuk audiens dan rasa rendah diri akan materi yang akan disampaikan. Untuk itu, kita harus mengubah fokus kita bahwa materi yang akan kita sampaikan adalah penting dan akan sangat berarti dan bermanfaat bagi audiens. Pastikan juga bahwa kita menyukai materi yang akan kita sampiakan tersebut. Jika hal ini berhasil dilakukan, kita pasti akan merasa lebih nyaman dan percaya diri ketika melakukan presentasi, dan tentu saja kita akan lebih mungkin untuk memberikan kesan yang baik bagi audiens.

4. Usahakan untuk Tidak Membawa Catatan saat Presentasi

Berbicara dengan memegangn catatan memang lebih nyaman, karena akan mempermudah penyampaian presentasi kita. Meskipun demikian, hal ini akan menciptakan penghalang antara kira sebagai presenter dengan audiens, yang mana akan membuat kita lebih sulit terhubung dengan mereka. Selain itu, presentasi kita juga akan lebih membosankan karena kurang interaktif, sebab adanya catatan akan membatasi penggunaan kata dan gerak tubuh kita. Oleh karena itu, tinggalkan semua catatan yang kita buat saat sedang melakukan presentasi, sebagai gantinya, buatlah slide presentasi yang memudahkan kita untuk menyampaikan presentasi tanpa memerlukan catatan.

5. Identifikasi Apa yang Paling Membuat Kita Khawatir dan Carilah Solusinya

Ketakutan yang dialami orang lain pada public speaking tidak semuanya sama. Ada yang takut karena harus berbicara di sebuah ruangan yang berisi orang-orang asing yang belum mereka kenal sama sekali. Ada yang takut akan lupa ketika sedang melakukan presentasi. Ada yang takut melakukan kesalahan ketika sedang presentasi, dan lain-lain.

Ketakutan-ketakutan ini perlu kita identifikasi dan dicari solusinya jauh sebelum kita naik ke atas panggung untuk melakukan presentasi. Misalnya ketika kita takut saat harus menghadapi banyak orang asing, lakukanlah latihan secara terus menerus di hadapan orang yang sudah kita kenal dan mintalah tanggapan dari mereka. Jika kita takut lupa, buatlah slide presentasi yang akan membantu kita menyampaikan presentasi dengan flow yang tepat. Intinya adalah kita memiliki kekuatan lebih dari yang kita pikirkan untuk mencari atau membuat solusi atas kekhawatiran-kekhawatiran sebelum presentasi.

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa presetasi merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi banyak orang. Namun, kita perlu menyadari tantangan-tantangan tersebut dan mencari solusinya sehingga kita bisa menjadi presenter yang baik, menarik dan penyampaian yang kita sampaikan bisa dengan mudah diterima oleh audiens. Cobalah untuk menerapkan 5 tips di atas ketika kita merasakan takut saat akan presentasi dan rasakan dampak positifnya

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *