6 Cara Simpel Mendesain Infografik

6 Cara Simpel Mendesain Infografik

6 Cara Simpel Mendesain Infografik

6 Cara Simpel Mendesain Infografik

Jasa Presentasi – Jika terdapat data atau informasi yang komplek dan harus disajikan dalam presentasi, apa yang akan kamu lakukan? Menyajikannya dengan utuh? Atau membuatnya menjadi lebih ringkas? Jika menyajikannya dengan utuh, apakah dapat menjamin audiens untuk memahaminya dan mengingatnya? Jika membuatnya menjadi lebih ringkas, apakah dapat menjamin slide presentasi menjadi lebih menarik?

Beberapa tahun lalu, muncul solusi untuk permasalahan ini, yang disebut dengan information graphic. Information graphic (infographic) merupakan salah satu alat bentuk visualisasi untuk menyederhanakan data dan informasi yang kompleks, sehingga audiens lebih mudah memahaminya. Selain mudah dipahami, menggunakan infografik untuk menampilkan data dan informasi membuatnya lebih menarik dan ringkas, sehingga audiens tidak bosan.

Bagaimana cara mengubah data dan informasi menjadi infografik?

  1. Proses data

Ubah data atau informasi yang komplek menjadi bentuk yang lebih ringkas atau dengan kata lain, ubah data atau informasi menjadi sebuah kerangka kerja. Pastikan kerangka kerja tersebut mudah dipahami.

  1. Buat kerangka konten

Setelah memproses data, susunlah data atau informasi agar rapi dan dapat menjadi konten yang mudah dipahami. Berikut teknik yang dapat digunakan dalam membuat kerangka konten.

  • Buat judul yang menarik
  • Mulai infografik dengan memberikan pertanyaan, seperti “Mengapa hal ini penting?” atau “Mengapa hal ini menganggu?” atau “Berapa banyak hal ini dilakukan?”
  • Sajikan fakta menarik tentang sebuah topik.
  • Kembangkan infografik sesuai dengan topik
  • Berikan contoh yang relevan
  • Akhiri dengan kesimpulan atau tambahkan CAT (Call to Action) pada akhir infografik
  • Sertakan logo atau website
  • Sertakan juga sumber data dan informasi yang didapat. Gunakan sumber yang terpercaya.
  1. Buat pola yang akan digunakan

Jika kerangka berhubungan dengan konten, pola berhubungan dengan visual. Infografik dapat dikatakan sebagai cerita dalam bentuk visual. Meskipun komunikasi dengan visual lebih menarik dibandingkan dengan bentuk lainnya, namun jika visual yang digunakan memiliki tampilan yang buruk akan membuatnya menjadi tidak menarik. Oleh karena itu, gunakan visual yang baik agar infografik menarik. Buat pola dengan teliti, perhatikan penempatan atau posisi konten dan pertimbangkan pula gambar, simbol, atau chart yang akan disertakan di dalamnya agar infografik lebih mudah diikuti dan dipahami.

  1. Perhatikan Spasi

Spasi membantu pembaca untuk memproses informasi agar lebih mudah diterima. Berikanlah spasi yang cukup agar teks atau gambar mudah dibaca dan dipahami.

  1. Perhatikan sampai detail

Perhatikan dan periksa kembali seluruh elemen yang disertakan dalam infografik dengan detail. Karena kesalahan sekecil apapun dapat mengganggu tampilan infografik dan pemahaman audiens.

  1. Mintalah kritik dan saran

Tunjukkan infografik yang telah dibuat pada rekan untuk dinilai. Minta kritik dan saran mereka agar infografik menjadi lebih baik.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *