Audiens Tidur Karena Presentasi yang Membosankan

6 Hal Ini Membuat Presentasimu Membosankan

Audiens Tidur Karena Presentasi yang Membosankan

Audiens Tidur Karena Presentasi yang Membosankan

Jasa Presentasi – Presentasimu sering tidak diperhatikan oleh audiens? Mungkin karena kamu melakukan hal-hal berikut ini.

  1. Pembukaan Konvensional

Membuat first Impression atau kesan pertama dalam presentasi yang memukau sangatlah penting karena akan membawa suasana selama presentasi. Lima menit pertama dalam presentasi merupakan salah satu kunci keberhasilan sebuah presentasi. Oleh karena itu, jadikan 5 menit pertama sebagai pembukaan yang berkesan. Hindari melakukan pembukaan konvensional, seperti salam dan perkenalan biasa. Lakukan pembukaan yang memukau audiens dengan cerita inspiratif, humor yang cerdas, data/fakta mengejutkan, pertanyaan, atau efek visual.

  1. Bahasa Tubuh Pasif

Slide presentasi yang menarik tidak akan memukau audiens jika dibawakan dengan tidak interaktif. Audiens akan bosan dan cenderung tidak memperhatikan jika presenter tidak aktif. Oleh karena itu, selain menyampaikan dengan kata, gunakan juga body language dan ekspresi agar presentasi lebih hidup. Misalnya dengan menggerakkan tangan, kaki, dan mimik wajah untuk menggugah emosi audiens.

  1. Isi Presentasi yang Berputar-putar

Seringkali presenter mengulang materi yang sudah disampaikan di awal tanpa disadari, sehingga isi presentasi berputar-putar. Hal ini dapat membuat audiens bosan dan hilang konsentrasi untuk memperhatikan. Oleh karena itu, buat dan ikuti alur presentasi supaya materi yang disampaikan teratur dan tidak berputar-putar.

  1. Menggunakan Bahasa Buku

Tujuan presentasi adalah memberikan penjelasan. Menyampaikan presentasi sebaiknya menggunakan bahasa sehari-hari yang sopan dan mudah dimengerti atau dengan teknik storytelling agar audiens paham dengan materi yang disampaikan dan presentasi menjadi lebih komunikatif.

  1. Tidak Ada Cerita

Hampir semua orang menyukai cerita, karena cerita lebih mudah diingat dibandingkan dengan sekedar wacara. Menyampaikan presentasi dengan contoh atau cerita akan membuatnya lebih menarik dan mudah dipahami.

  1. Slide Presentasi Membosankan

Slide presentasi merupakan visualisasi dari materi presentasi yang akan disampaikan. Audiens akan tertarik untuk memperhatikan jika slide presentasi memiliki tampilan yang memukau. Oleh karena itu, buatlah slide presentasi dengan tampilan semenarik mungkin karena 83% Penduduk dunia lebih sensitif dengan tampilan visual.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *