6 Tips ini Akan Membuat Presentasi Online-mu Lebih Menyenangkan dan Produktif

Jasa Presentasi – Semenjak Covid-19 menyebar ke seluruh dunia, semua kegiatan tatap muka menjadi berkurang dan digantikan dengan tatap muka secara virtual. Video call, video conferencing, webinar, dan lain-lain menjadi marak dilakukan. Proses belajar mengajar di sekolah dan rapat perusahaan juga digantikan secara virtual dengan video conferencing. Meskipun demikian, banyak orang yang mengeluhkan efektifitasnya. Akibatnya, banyak dari kita yang merasa membuang-buang waktu ketika harus melakukan presentasi secara online. Agar hal ini bisa diminimalisir, terapkanlah 7 tips berikut ini.

1. Lakukan Uji Coba dan Simulasi Terlebih Dahulu

Salah satu kendala yang banyak dijumpai ketika sedang melakukan video conferencing atau presentasi online adalah masalah teknis. Masalah teknis dapat terjadi karena banyak hal, misalnya karena koneksi internet yang kurang stabil, software yang error, alat yang kurang memadai, dan lain-lain. Oleh karena itu, lakukanlah uji coba terlebih dahulu pada alat yang akan kita gunakan ketika presentasi online, termasuk software yang akan digunakan, sehingga permasalahan teknis dapat diantisipasi, diminimalisir, dan ditangani dengan baik.

2. Jelaskan dengan Perlahan

Presentasi online tidak sama dengan presentasi tatap muka biasa, karena peralatan yang digunakan oleh audiens berbeda-beda. Oleh karena itu, ketika melakukan presentasi, pastikan apa yang kita sampaikan bisa diterima dengan lancar oleh audiens. Salah satu usaha yang bisa kita lakukan adalah dengan menyampaikannya secara perlahan dan tidak terlalu cepat. Berikan jeda setelah menyampaikan beberapa poin penting atau di sela-sela penyampaian poin-point tersebut. Hal ini akan memudahkan dan memberi waktu bagi audiens untuk mencerna apa yang kita sampaikan.

Jika kamu adalah orang yang berbicara dengan cepat, terapkanlah beberapa cara untuk mengontrol kecepatan berbicara ini (https://jasapresentasi.com/terapkan-5-cara-ini-untuk-mengontrol-kecepatan-berbicara-ketika-presentasi/).

3. Jangan Membaca Slide

Membaca slide, adalah kesalahan dalam presentasi yang sering dilakukan oleh banyak orang. Kesalahan ini perlu dihindari agar presentasi yang kita lakukan berjalan dengan efektif, terutama ketika melakukan presentasi secara online. Selain itu, slide yang berisi banyak kata (slide yang wordy) akan mendistraksi perhatian audiens. Oleh karena itu, pastikan slide presentasi yang kita tampilan memiliki konten yang sederhana, misalnya hanya berisi poin-poin saja dengan tambahan grafik atau gambar yang mendukung pembahasan.

4. Gunakan Visual

Sebuah studi mengatakan bahwa otak manusia lebih mudah mengingat sesuatu dalam bentuk visual dibandingkan dalam bentuk lain. Oleh karena itu, usahakanlah untuk menggunakan slide yang menarik saat melakukan presentasi online. Slide yang menarik dapat membantu menarik perhatian audiens untuk fokus pada presentasi yang sedang kita sampaikan. Selain itu, audiens juga akan mengingat presentasi kita lebih lama.

5. Ulangi Pertanyaan Sebelum Menjawabnya

Saat melakukan presentasi online dengan banyak audiens, ulangilah pertanyaan mereka sebelum menjawabnya. Mengulang pertanyaan dapat membantu kita memastikan bahwa kita memahami apa yang ditanyakan oleh audiens. Selain itu, kita juga bisa memastikan bahwa semua audiens dapat mendengar pertanyaan tersebut.

6. Kenali Audiens

Mengenali audiens adalah salah satu hal sepele yang penting untuk kita lakukan sebelum menyusun materi presentasi dan akan membantu dalam membuat presentasi yang menarik . Selain itu, kita juga bisa menyesuaikan peralatan yang akan digunakan dalam presentasi online sesuai dengan audiens. Paling tidak, ketahui informasi tentang pekerjaan mereka, apa yang mereka harapkan dari presentasi online yang akan kita lakukan, dan topik apa yang paling menarik dan ingin mereka pelajari.

 

Banyak sekali kasus guru atau presenter yang diabaikan oleh siswa atau audiens-nya ketika melakukan presentasi online. Jangan sampai hal ini terjadi juga pada presentasi online-mu. Pastikan kamu mempelajari dan menerapkan beberapa tips di atas sebelum melakukan presentasi.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *