8 Kesalahan Pengaturan Teks yang Sering Dilakukan oleh Pemula Part 2

Jasa Presentasi – Mengatur teks dalam presentasi mungkin terlihat sepele, namun jika dilakukan dengan tepat, hal ini akan membantu membuat presentasi kita menjadi lebih menarik. Begitu juga sebaliknya, jika dilakukan dengan asal, pengaturan teks yang kurang tepat justru akan merusak tampilan presentasi kita. Oleh karena itu, hindarilah beberapa kesalahan mengatur teks berikut sehingga presentasimu akan lebih menarik.

1. Teks Paragraf yang Terlalu Lebar atau Terlalu Sempit

Kesalahan dalam mengatur panjang huruf dan kata dalam paragraf dapat mempengaruhi visual dan cara audiens membaca teks yang kita sajikan. Oleh karena itu, kita perlu mempertimbangkannya dengan baik. Paragraf yang optimal memiliki panjang 50-75 huruf per baris.

2. Mengatur Teks menjadi Rata Kanan-Kiri (Justify)

Mengatur teks menjadi rata kanan-kiri (justify) memang terkesan rapi, namun hal ini kurang efektif ketika diterapkan dalam visual presentasi. Pengaturan teks untuk slide presentasi sebaiknya dibuat rata kiri, karena hal ini dapat meningkatkan kemudahan bagi audiens dalam membacanya. Membuat teks menjadi rata kiri akan memudahkan mata kita untuk berpindah dari baris pertama ke baris kedua, dan seterusnya.

3. Ukuran Font Terlalu Kecil

Memilih ukuran font yang tepat merupakan hal krusial ketika mendesain presentasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa teks dapat dibaca bahkan oleh audiens yang duduk di bangku belakang sekalipun. Meskipun demikian, ada beberapa orang yang mengatur ukuran teks terlalu kecil dengan alasan aestetik dan hal ini justru menjadi distraksi bagi audiens yang mencoba untuk membaca teks berukuran kecil yang kita tampilkan. Agar hal ini tidak terjadi, aturlah ukuran teks presentasi minimal 12 pt.

4. Teks Panjang yang Dibuat Rata Tengah

Hampir sama dengan rata kanan-kiri (justify), mengatur teks panjang menjadi rata tengah merupakan langkah yang kurang tepat. Pengaturan yang paling tepat untuk teks panjang adalah rata kiri karena akan lebih mudah dibaca oleh mata.

 

Tips tambahan dari Jasa Presentasi

1. Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Jenis Font

Mengkombinasikan font memang merupakan salah satu cara untuk membuat tampilan presentasi menjadi lebih menarik. Meskipun demikian, jika menggunakan terlalu banyak font, presentasi kita justru akan terlihat kurang profesional dan kurang menarik. Oleh karena itu, gunakan maksimal 3 jenis font dalam satu presentasi, atau kita bisa menggunakan satu family font, kemudian mengkombinasikan beberapa anggota family font tersebut sesuai dengan hirarki teks yang ingin kita tampilkan.

2. Tambahkan Highlight pada Kalimat yang Panjang

Jika kamu harus menampilkan banyak teks dalam sebuah slide, berilah highlight pada beberapa kata penting dengan memberikan ketebalan huruf yang berbeda atau bisa juga dengan memberikan format italic.

Mengatur teks dengan baik dan benar bisa membantu tampilan presentasimu menjadi lebih menarik. Selain itu, hal ini juga akan membantu audiens untuk lebih mudah mencerna dan memahami isi slide presentasi.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *