Lakukan 5 Hal Ini Saat Mengikuti Webinar

Jasa Presentasi – Banyak orang yang mengeluhkan tentang efektifitas presentasi atau pengajaran yang dilakukan secara online. Hal ini bisa dikarenakan persiapan dari presenter yang kurang matang sehingga terjadi masalah teknis saat presentasi berlangsung, audiens yang kurang memahami etika dan adab ketika mengikuti presentasi online, atau memang penyajian materi presentasi yang kurang menarik.

Pada artikel yang lalu, Jasa Presentasi telah merangkum beberapa tips untuk presenter agar presentasi online mereka lebih produktif dan efektif. Pada banyak kesempatan, Jasa Presentasi juga telah membahas tips-tips menyajikan presentasi secara menarik. Oleh karena itu, kali ini Jasa Presentasi akan menjelaskan beberapa hal yang perlu dipatuhi oleh audiens agar waktu mereka tidak terbuang sia-sia ketika mengikuti presentasi online. Berikut beberapa hal yang perlu dipatuhi ketika mengikuti webinar atau presentasi online.

1. Muncul Tepat Waktu

Salah satu etika yang harus dilakukan ketika kita menghadiri sebuah acara adalah datang tepat waktu. Hal ini juga berlaku pada saat kita hadir pada tatap muka virtual, terlebih lagi jika acara yang kita hadiri secara online memiliki audiens yang besar. Usahakanlah untuk muncul atau bergabung secara tepat waktu. Selain merupakan etika, muncul tepat waktu juga akan mencegah kita dari ketertinggalan mengikuti beberapa materi yang mungkin sudah disampaikan.

2. Matikan Kamera dan Mic Selama Presentasi Berlangsung

Terdapat banyak distraksi yang muncul ketika mengikuti presentasi online, padahal kita memerlukan fokus yang lebih besar agar dapat mengikuti dengan baik. Agar tidak menjadi distraksi audiens lainnya, matikanlah kamera dan mic selama presentasi berlangsung dan biarkan layar serta mic pembicara saja yang aktif.

3. Tunggu Giliran

Saat mengikuti presentasi yang dilakukan secara tatap muka, kita bisa melihat secara langsung siapa yang mengangkat tangan untuk bertanya, namun saat webinar, presenter memerlukan lebih banyak waktu untuk mengetahui audiens yang ingin bertanya. Oleh karena itu, berikanlah tanda sesuai arahan dari presenter atau host, kemudian tunggu sampai dipersilahkan. Hindari mengaktifkan dan menyela pembicaraan sebelum dipersilahkan,

4. Bertanyalah dengan Ringkas

Kita memerlukan fokus lebih saat mengikuti presentasi online, oleh karena itu, pastikan juga ketika diberi kesempatan untuk bertanya, lakukanlah dengan jelas dan ringkat. Hindari membuang waktu dengan memberikan kalimat pengantar atau pendapat yang panjang dan bertele-tele. Jika ingin mengutarakan komentar sebelum bertanya, pastikan komentar tersebut berkaitan erat dengan materi yang sedang disampaikan dan dapat membantu memperjelas pemahaman audiens lain.

5. Jangan Menggunakan Kolom Percakapan (Chat Room) untuk Kepentingan Pribadi

Kolom percakapan memang diperuntukkan bagi kita untuk berbagi informasi atau bercakap-cakap dengan audiens presentasi online lainnya, namun bukan berarti kita bisa berbagi atau bercakap-cakap sesukanya. Usahakan untuk berbagi informasi atau bercakap-cakap sesuai tema presentasi yang sedang dibahas. Pastikan juga percakapan kita tidak mengganggu berjalannya presentasi.

 

Keberhasilan presentasi online tidak hanya ditentukan oleh presenter, tetapi juga memerlukan dukungan dan kerja sama audiens. Oleh karena itu, ketahuilah dan terapkan beberapa etika di atas agar presentasi yang kita ikuti dapat berjalan dengan lancar.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *