Lakukan 5 Langkah ini agar Komunikasi yang Kita Lakukan Efektif

Jasa Presentasi – Dunia yang bergerak semakin cepat dan serba digital membuat percakapan tatap muka menjadi kehilangan seninya, oleh karena itu kita perlu mengubah gaya komunikasi agar apa yang disampaikan dapat didengar dan dipahami. Kita memerlukan kerja keras, konsistensi, dan perencanaan yang baik untuk melakukannya. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan agar komunikasi menjadi lebih efisien dan dapat mempengaruhi audiens.

1. Menjadi Pendengar yang Aktif

Banyak orang yang ingin didengar, tetapi tidak mau mendengarkan. Padahal mendengar merupakan langkah pertama yang harus dilakukan untuk melakukan komunikasi yang efektif. Jadilah pendengar yang aktif, yaitu dengan mendengarkan apa yang orang lain atau lawan bicara katakan hingga selesai tanpa menginterupsi. Kosongkan pikiran-pikiran yang mengganggu dan tidak relevan dengan apa yang sedang dibahas. Lakukan juga kontak mata dengan lawan bicara, kemudian berikan respon setelah mereka telah selesai berbicara. Menjadi pendengar yang aktif akan menujukkan komitmen dalam diri dan menciptakan hubungan yang saling menghormati.

2. Berbicara dengan Ringkas

Lawan bicara atau audiens akan lebih mudah mengingat percakapan atau presentasi yang disampaikan dengan ringkas dan menarik. Kunci utama untuk dapat berbicara dengan ringkas, tetapi padat dan jelas adalah dengan mengetahui apa yang ingin disampaikan. Selain itu, gunakanlah kata “dan,” “jadi,” serta “tetapi,” hanya satu kali dalam sebuah kalimat. Berikan juga jeda sebelum kita melanjutkan untuk berbicara. Hal ini akan memberi waktu pada audiens untuk mencerna apa yang telah kita sampaikan. Terakhir, hindari penggunaan filler words, seperti “emmm,” “eeehhh,” dan lain-lain.

3. Hindari Berbicara dengan Cepat

Pergerakan dunia yang semakin cepat juga berpengaruh pada cara berbicara kita yang menjadi semakin cepat. Menyampaikan sesuatu dengan cepat dapat mempengaruhi cara audiens dalam memahami pesan yang ingin kita sampaikan. Selain itu, kita juga akan terlihat gugup dan terkesan kurang persiapan. Oleh karena itu, aturlah kecepatan berbicara menjadi lebih pelan. Pilihlah kata dengan hati-hati, berikan juga jeda antar satu pembahasan dengan pembahasan lain. Hal ini tidak hanya akan membantu kita mendapatkan lebih banyak waktu untuk berpikir, tetapi juga akan membantu audiens untuk mencerna apa yang kita sampaikan dengan lebih baik.

4. Gunakan Gerak dan Bahasa Tubuh dengan Tepat

Kita memerlukan bahasa tubuh yang kuat dan konsisten untuk membentuk kredibilitas, memperagakan emosi, serta terhubung dengan audiens. Selain itu, bahasa tubuh juga dapat membantu kita dalam menekankan poin kunci yang kita ingin agar audiens mengingatnya. Gunakan juga gerak tubuh untuk menunjukkan kepercayaan diri dengan menjaga postur tubuh tetap terbuka, pundak dan dada tegap, kepala terangkat, dan tangan yang santai. Hindari terlalu banyak melakukan gerakan, karena hal ini dapat mengganggu fokus audiens pada apa yang kita sampaikan.

5. Fokus

Aliran informasi yang mengalir deras membuat kita kewalahan dan mau tidak mau harus berpikir dengan cepat, akibatnya banyak informasi yang tidak bisa bertahan lama di pikiran kita. Kita perlu memiliki fokus ketika berbicara atau presentasi agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami dan diingat oleh audiens. Batasi topik pada pembahasan-pembahasan tertentu. Ketahui apa yang menjadi kebutuhan informasi audiens. Berikan pertanyaan untuk memastikan bahwa audiens telah memahami dan menerima apa yang kita sampaikan.

 

Perkembangan teknologi dan pengaruhnya terhadap pergerakan dunia membuat perubahan pada cara kita berkomunikasi. Kecepatan informasi juga memaksa kita untuk berbicara dan berpikir dengan cepat, sehingga mempengaruhi komunikasi yang kita lakukan. Ikutilah beberapa langkah komunikasi efektif di atas sehingga kita tidak membuang waktu dengan melakukan komunikasi yang sia-sia.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *