Terapkan 5 Cara Ini untuk Mengontrol Kecepatan Berbicara ketika Presentasi

Jasa Presentasi – Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan beberapa alasan yang menyebabkan kita berbicara dengan cepat. Berdasarkan alasan-alasan tersebut, mereka yang berbicara dengan cepat mungkin memiliki komunikasi yang kurang efektif, sebab berbicara dengan cepat dapat menyebabkan beberapa akibat seperti artikulasi yang kurang jelas, semakin sering mengucapkan filler words, lawan bicara kurang memahami apa yang sedang dijelaskan, pesan tidak tersampaikan, dan pembicaraan mungkin akan dianggap memiliki kredibilitas rendah. Agar hal ini tidak terjadi ketika kita sedang presentasi, terapkanlah 4 cara ini untuk memperlambat cara bicara dan berbicara dengan lebih tersusun.

1. Monitor Kecepatan Bicaramu Sendiri

Kita mungkin akan secara tidak sadar untuk berbicara dengan cepat ketika sedang melakukan presentasi. Jika hal ini terjadi, segeralah untuk memberi jeda dengan berhenti sejenak kemudian mulai kembali dengan ritme yang lebih lambat. Katakan kepada diri sendiri atau bahkan kepada audiens bahwa kita memiliki kebiasaan untuk berbicara dengan cepat dan katakan juga bahwa kita akan memperlambatnya.

2. Minta Pengingat

Jika tahu dan sadar bahwa kita memiliki kebiasaan untuk berbicara dengan cepat, beritahukan hal ini kepada orang-orang di sekitar kita ketika akan melakukan presentasi dan mintalah mereka untuk memberitahu ketika kita berbicara dengan cepat.

3. Gunakan Botol Air sebagai Properti

Sebuah trik sederhana untuk membantu mengingatkan saat berbicara dengan cepat adalah dengan menempatkan botol air di dekat kita, sehingga kita bisa meminumnya di tengah-tengah presentasi. Hal ini akan menciptakan jeda secara natural dan akan memberikan waktu bagi audiens untuk berpikir dan mencerna apa yang telah kita sampaikan.

4. Buat Tanda pada Slide Presentasi

Cara lain untuk mengontrol kecepatan berbicara kita ketika presentasi adalah dengan membuat tanda. Jika kita melakukan presentasi menggunakan slide, berikan tanda yang hanya kita sendiri yang tahu untuk berbicara dengan lebih lambat atau memberikan jeda. Jika kita presentasi tanpa slide, kita bisa memberikan pengingat dengan materi yang sedang kita bahas, misalnya ketika selesai membahas poin tertentu, berhentilah sejenak. Rencanakan hal ini ketika kita masih menyusun materi yang akan dibawakan dalam presentasi.

5. Berlatih

Cara terakhir dan perlu dilakukan secara terus menerus adalah dengan berlatih. Selain melatih beberapa cara di atas, berlatihlah setiap ada kesempatan, misalnya ketika sedang melakukan percakapan sehari-hari, atau bisa juga membuat waktu khusus untuk melatih kecepatan berbicara kita. Jika perlu, minta juga orang lain untuk memberikan masukan ketika sedang berlatih.

 

Berbicara dengan cepat bisa membuat komunikasi menjadi kurang efektif, terutama ketika presentasi. Presentasi dilakukan dengan tujuan menjelaskan dan memberikan pemahaman kepada audiens tentang suatu topik. Oleh karena itu akan lebih baik jika dilakukan dengan tidak tergesa-gesa karena tidak semua orang dapat memahami informasi yang diberikan dengan cepat. Jika kamu adalah orang berbicara dengan cepat, terapkanlah beberapa cara di atas untuk mengontrol kecepatan berbicara terutama ketika presentasi.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *