Tips Hebat Berlatih Presentasi

Tips Hebat Berlatih Presentasi

Tips Hebat Berlatih Presentasi

Tips Hebat Berlatih Presentasi

Jasa Presentasi  Practice Makes Perfect. Ungkapan ini berlaku untuk semua hal yang berbentuk praktek, tidak terkecuali presentasi. Berlatih merupakan salah satu cara untuk mencapai kesuksesan dalam presentasi. Setelah mengetahui apa saja hal yang harus dilatih sebelum presentasi, berikut beberapa tips untuk melatih presentasi agar sukses.

  1. Simulasikan keadaan

Buatlah simulasi dari kondisi presentasi semirip mungkin dengan kenyataan. Simulasi tidak harus dilakukan dengan nyata, cukup bayangkan saja kondisi yang mungkin terjadi dalam presentasi. Bayangkan terdapat banyak orang dengan mata yang menatap presenter.

  1. Berlatih dalam posisi yang sesuai

Lakukan latihan dalam posisi yang sesuai dengan posisi yang akan dilakukan dalam presentasi. Misalnya, ketika presentasi akan dilakukan dalam posisi berdiri, maka lakukan latihan pada posisi berdiri. Jika presentasi akan dilakukan dalam posisi duduk, lakukan juga latihan dalam posisi duduk. Latihlah body language yang akan digunakan dalam presentasi.

  1. Rekam proses latihan

Merekam proses latihan berguna untuk memberikan evaluasi dan koreksi. Apakah masih ada yang kurang dan tidak sesuai dalam presentasi? Atau apakah presenter masih harus berlatih kembali untuk mematangkan penyampaian?

  1. Mainkan suara pada background

Hal ini berfungsi untuk meningkatkan fokus presenter, sehingga nanti ketika menyampaikan presentasi secara nyata, presenter tidak akan merasa terganggu oleh suara-suara yang mungkin terjadi dalam presentasi.

  1. Jangan terpaku pada naskah

Berlatih bertujuan untuk memperlancar penyampaian, sehingga presenter terlihat menguasai topik yang disampaikan. Latih juga pengucapan dan penyampaian untuk mengurangi atau menghilangkan kata “emmm” ketika berpikir. Oleh karena itu, hindarilah menghafal naskah ketika akan menyammpaikan presentasi. Kuasailah topik dengan menghafal poin-poinnya saja, kemudian kembangkan sendiri penjelasan atas poin-poin tersebut.

  1. Minta bantuan teman

Mintalah seorang teman untuk mendengarkan latihan presentasimu dan minta juga mereka untuk memberikan tanggapan berupa kritik dan saran.

  1. Berlatihlah sesering dan sebanyak mungkin

Berlatihlah sampai merasa lancar dalam menyampaiakn konten dan merasa nyaman dengan body language dan suara.

Penelitian menunjukkan bahwa berlatih dengan cara membayangkan dan memikirkannya di dalam otak dapat meningkatkan memori dan daya ingat dari pada berlatih semalaman sebelum presentasi dapat meningkatkan memori atau daya ingat. Oleh karena itu, berlatihlah beberapa hari sebelum hari presentasi, hindari berlatih secara mendadak, misalnya satu malam sebelum presentasi. Selain terburu-buru, cara ini sangat tidak efektif karena presenter akan lebih berisiko untuk lupa ketika menyampaikan presentasi.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *