Tips Membuat Presentasimu Membosankan

Tips Membuat Presentasimu Membosankan

Tips Membuat Presentasimu Membosankan

Tips Membuat Presentasimu Membosankan

Jasa Presentasi – Presentasi adalah salah satu teknik berkomunikasi dengan audiens dengan jumlah banyak atau paling tidak lebih dari satu. Tidak berbeda dengan indikator berkomunikasi yang lainnya, presentasi yang efektif adalah presentasi yang membuat audiens memahami isi presentasi dan memberikan reaksi seperti yang diharapkan presenter (misal : terinspirasi, melakukan investasi, membeli produk, dll). Paling tidak ada dua faktor utama yang membuat audiensmu bosan dengan presentasimu.

Slide Presentasi yang Membosankan

Slide presentasi merupakan salah satu alat pendukung yang paling sering digunakan untuk menunjang presentasi. Namun banyak presenter yang mengabaikan faktor slide. Berikut ini adalah slide yang membunuh presentasimu :

  1. Terlalu Banyak Teks

Tampilan slide presentasi dengan melibatkan banyak teks adalah cara ampuh membuat audiens bosan dan enggan mendengarkan presentasimu. Dalam proses penerimaan informasi, audiens akan melibatkan mata untuk melihat tampilah visual dan telinga untuk mendengarkan presenter. Oleh karena itu, penting untuk memanjakan audiens dengan tampilan presentasi yang menarik.

  1. Terlalu Banyak jenis Font yang Digunakan

Menggunakan banyak jenis font akan membuat tampilan slide-mu berantakan. Belum lagi jika font satu dengan lainnya tidak layak disandingkan bersama. Idealnya, dalam sebuah presentasi, cukup gunakan maksimal 3 font yang berbeda. Penting juga untuk mengkombinasikan jenis font yang sesuai. Salah satu tipsnya adalah dengan mengkombinasikan jenis font serif dan san serif.

  1. Penggunaan Warna Sembarangan

Warna adalah salah satu elemen penting dalam sebuah presentasi, karena selain menunjukkan identitas personal atau perusahaan (misal coca cola yang identik warna merah, facebook berwarna biru, dsb), warna juga bisa dimaknai sebagai sebuah pelibatan emosi tertentu. Misal presentasi ingin menunjukkan emosi marah, maka akan lebih mudah dipahami jika menggunakan warna merah.

  1. Transisi dan Animasi yang Mengganggu

Tidak jarang presenter menggunakan efek transisi atau animasi tertentu dalam sebuah presentasi. Prinsipnya, selama transisi dan animasi yang digunakan proporsional dan sesuai dengan tujuan, maka hal tersebut sah-sah saja. Namun jika salah memanfaatkannya, maka tampilan akan terlihat kacau dan tidak profesional.

  1. Gambar Tidak Relevan dan Salah Urus

Gambar adalah salah satu pendukung penting dalam presentasi. Gambar mendukung hingga 65% agar pesan dapat dipahami audiens. Oleh karena itu, menggunakan gambar yang relevan adalah cara terbaik. Selain mendapatkan gambar yang relevan yang membantu menjelaskan teks, langkah berikutnya adalah memperlakukan gambar dengan baik. Salah satu kasus yang sering kita jumpai dalam banyak presentasi adalah gambar yang diperbesar atau diperkecil dengan tidak proporsional, sehingga gambar terlihat gepeng. ‘Menggepengkan’ gambar adalah kesalahan fatal dalam sebuah presentasi, hindari!

Presenter yang Membosankan

Presenter adalah aktor utama penentu presentasi berhasil atau tidak. Sebaik-baiknya slide presentasi kalau dibawakan oleh presenter yang membosankan tidak akan berpengaruh banyak terhadap kesukesan sebuah presentasi. Beberapa hal yang membuat audiens bosan dengan sebuah presentasi :

  1. Body Language Monoton dan Kurang Interaktif

Body language memainkan peran dominan saat berbicara di depan publik. Sekitar 65% pesan tersampaikan karena peran bahasa tubuh, selebihnya adalah faktor intonasi dan konten. Oleh karena itu, ‘memainkan’ bahasa tubuh adalah kewajiban bagi presenter. Bahasa tubuh yang monoton ditunjang dengan presentasi yang kurang interaktif adalah cara cerdas supaya presentasimu membosankan.

  1. Tidak Menguasai Public Speaking

Presenter wajib menguasai teknik berbicara didepan publik. Karena tidak hanya presenter tidak hanya menyampaikan apa yang tertera di slide presentasi, tapi juga bercerita, menjelaskan, dan meyakinkan. Semuanya dapat dilakukan dengan baik apabila presenter menguasai teknik public speaking.

  1. Kurang Persiapan dan Tidak Menguasai Materi Presentasi

Banyak presenter yang mengalami situasi ini, dimana mereka kurang mempersiapkan materi presentasi, sehingga apa yang disampaikan terasa dangkal dan menyebabkan komunikasi presenter dan audiens tidak efektif yang akhirnya menimbulkan kebosanan. Bisa dijamin, apabila presenter kurang persiapan, maka audiens akan bertahan paling lama 10 menit.

  1. Peralatan yang Kurang Mendukung

Presentasi yang menarik tidak bisa lepas dari peralatan yang mendukung. Diantaranya adalah stage atau panggung, microphone, LCD projector, pointer, dan lain sebagainya. Salah satu diantaranya mengalami gangguan, hal tersebut bisa mengacaukan presentasimu. Sebut saja microphone yang tiba-tiba mati karena baterai habis. Presentasimu mendadak terhenti dan kamu lupa di bagian mana harus melanjutkan presentasi. Maka dari itu, presenter diharapkan datang tepat waktu untuk memastikan kondisi peralatan yang akan digunakan nantinya sesuai dengan ekspektasi dan diharapkan tidak mengalami gangguan pada saat presentasi.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *