Tips Menggunakan Bahasa Tubuh dari Pembicara Hebat

Tips Menggunakan Bahasa Tubuh dari Pembicara Hebat

Jasa Presentasi – Bahasa tubuh adalah hal esensial yang wajib didayagunakan oleh setiap pembicara. Banyak pembicara publik atau orator yang terkesan membosankan dalam membawakan sebuah pidato, orasi, presentasi, dan lain sebagainya. Salah satu faktornya adalah mereka tidak menberdayakan bahasa tubuh sebagai pendukung utama public speaking. 

Berikut ini adalah Tips dari Dananjaya Hettiarachchi, pemeang World Champion Public Speaking Contest pada tahun 2014 yang diselenggarakan oleh Toastmaster International, Cuplikan penampilannya pernah kami bahas di artikel sebelumnya.

Tips Pertama, Dalam video tersebut dijelaskan bahwa ketika orang merasa gugup saat menghadapi aktifitas public speaking. Mereka biasanya akan menutupi organ vitalnya seperti melipat tangan di depan perut, atau menyilangkan jari jemari kedua tangan. Sedangkan bahasa tubuh semestinya adalah membiarkan bagian depan tubuh kita terbuka agar tidak ada jarak antara pembicara dan audiens.

Tips kedua, Biarkan telapak tangan terbuka. Salah satu cara melatih agar bahasa tubuh tersebut secara otomatis digunakan adalah dengan cara melihat telapak tangan kita dan membaliknya, ternyata, mata kita akan lebih rileks ketika melihat bagian depan telapak tangan. Pembicara hebat membuka telapak tangan saat berbicara.

Tips ketiga, Coba bersahabat dengan panggung. Ketika kita bersahabat dengan panggung, maka kita akan merasa nyaman. Kenyamanan berpengaruh pada keberanian kita membuka bahasa tubuh serta berjalan menguasai panggung.

Bagaimana apabila terdapat podium ? Tips keempat, jika terdapat podium saat kita berbicara, maka jangan letakkan tangan kita pada podium apalagi menyandarkan anggota tubuh. Jika terdapat podium, maka jaga jarak yang nyaman dengan podium dan tetap gunakan bahasa tubuh serileks mungkin.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *