4 Tipe Audiens yang Perlu Kamu Tahu sebelum Melakukan Public Speaking

Jasa Presentasi – Terdapat bermacam-macam tipe audiens dalam public speaking. Sebagian dari mereka ada yang memberi pengaruh positif dan sebagian lagi memberi dampak negatif yang bisa membuat mental public speaker menjadi down. Agar lebih siap dalam menghadapi berbagai macam tipe audiens dalam public speaking, pelajarilah 4 tipe audiens yang sering ditemukan dalam public speaking berikut ini.

1. Hotshot

Woman Writing on Seminar

Hotshot atau pembelajar adalah tipe audiens yang akan memberikan dampak positif. Audiens dengan tipe ini cenderung percaya diri dan merasa nyaman ketika mendengarkan pemaparan presentasi. Mereka akan terlibat aktif saat sesi diskusi berlangsung dan tak segan untuk mengajukan pertanyaan serta mengeluarkan pendapat.

Cara untuk menghadapi audiens tipe hotshot adalah dengan mempersiapkan materi presentasi dengan baik supaya sesi diskusi bisa berjalan dengan lancar.

2. Sniper

Audiences Listening to Speaker

Sniper adalah tipe audiens pengkritik. Mereka akan menyimak materi presentasi dengan baik hanya untuk mencari celah atau bagian yang perlu dikritik. Tujuan mereka adalah untuk mendapat perhatian atau sekedar menunjukkan kemampuan mereka dalam forum public speaking.

Public speaker harus benar-benar menguasai materi untuk menghadapi audiens tipe sniper ini, sebab kredibilitas sebagai pembicara bisa saja jatuh ketika tidak bisa memberikan jawaban sesuai dengan yang diharapkan audiens tipe ini.

3. Snowman

Audiences Focusing on Speak

Snowman adalah tipe audiens yang mengalami kesulitan dalam berinteraksi. Pada umumnya tipe ini malu ketika harus berbicara di hadapan umum. Saat sesi diskusi berlangsung biasanya tidak ada satupun yang bertanya ataupun sekedar mengeluarkan pendapatnya. Meskipun demikian mereka akan menganggap jika pembicara adalah sosok yang penting sehingga mereka tetap menyimak keseluruhan materi.

Cara untuk menghadapi audiens tipe snowman ini adalah dengan sering melakukan eye contact dan berjalan mendekati audiens. Hal ini akan menciptakan suasana yang hangat dan bisa membuat audiens lebih tertarik. Bila perlu cairkan suasana dengan cerita humor atau lelucon.

4. Shyness

A Woman Looking into Camera

Shyness atau pendiam adalah tipe audiens pasif. Apapun yang dikatakan, ditanyakan dan dilakukan pembicara dalam sebuah presentasi atau seminar, tidak akan mendapat respon dari audiens tipe ini. Ketika diminta untuk memberikan pendapat maupun mengajukan pertanyaan, mereka juga tidak akan berani untuk mengangkat tangan.

Cara untuk menghadapi audiens tipe ini adalah dengan melibatkannya untuk ikut aktif melalui sesi tanya jawab dan diskusi maupun ice breaking. Bila perlu berikan penghargan dan dorongan agar mereka mau terlibat.

 

Mengenali tipe-tipe audiens dapat membantu kita, sebagai public speaker, untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai macam tipe audiens dalam public speaking, sebab kredibilitas kita sebagai pembicara dan sumber informasi dapat dipertaruhkan jika kita tidak siap. Manfaatkanlah informasi di atas untuk mengetahui cara menarik perhatian audiens serta memotivasi mereka supaya antusias untuk mendengarkan presentasi kita.

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *