File PowerPoint Tiba-Tiba Hilang? Begini Cara Menemukannya Kembali

Jasa Presentasi – Bayangkan ketika kita sudah menghabiskan banyak waktu untuk membuat presentasi, kemudian laptop kita tiba-tiba bermasalah, PowerPoint not responding, atau bahkan sampai menutup sendiri. Saat membukanya kembali, ternyata slide yang sudah kita kerjakan belum tersimpan atau bahkan file-nya hilang. Sedih? Frustasi? Panik? Tenang saja! File kita mungkin masih bisa diselamatkan dengan beberapa cara berikut.

1. Memulihkan Presentasi yang Belum Disimpan

Jika file PowerPoint menutup sebelum kita menyimpannya, kita bisa mencarinya pada folder Microsoft Unsaved Files.

  1. Klik menu “File
  2. Klik “Open
  3. Pada panel yang muncul di sebelah kanan, klik “Recover Unsaved Presentations” yang terletak di bagian paling bawah. Akan muncul dialog box yang menampilkan salinan dari presentasi yang belum disimpan.
  4. Pilih file yang ingin dipulihkan, kemudian klik “open”. Setelah file sudah terbuka, segera simpan file tersebut.

2. Memulihkan dengan Previously Stored File

Cara lain untuk memulihkan file yang hilang atau dihapus adalah dengan memeriksa file yang tersimpan sebelumnya. Cara ini hanya bisa dilakukan jika kita telah mengaktifkan AutoRecovery. Jika AutoRecovery belum aktif, maka kita harus mengulang kembali pekerjaanmu dari terakhir kita melakukan penyimpanan.

Jika AutoRecovery sudah aktif, ikuti cara berikut untuk menemukan file PowerPoint kita yang hilang.

  1. Buka Microsoft PowerPoint, kemudian klik menu File.
  2. Pilih “option” yang terletak di bagian paling bawah.
  3. Pilih “save”.
  4. Di bawah pilihan “Save Presentation,” akan terlihat pilihan “AutoRecover File Location”.
  5. Copy lokasi tersebut.
  6. Buka File Explorer dan paste-kan pada pencarian di File Explorer dan tekan enter.
  7. Lokasi AutoRecovery akan terbuka. Kemudian pilihlah file yang dimaksud. Klik kanan pada file tersebut, pilih open with dan pilih PowerPoint, kemudian tekan ok.

3. Memulihkan File dari Recycle Bin

Cara yang ketiga ini merupakan cara yang paling mudah, namun beberapa orang mungkin belum mengetahuinya. Kita hanya perlu membuka Recycle Bin, kemudian pilih file PowerPoint yang dimaksud, klik kanan dan pilih “restore”. File PowerPoint pun berhasil dipulihkan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kejadian seperti ini sering terjadi pada kebanyakan dari kita. Tentu sangat menyebalkan jika kita mengalaminya. Solusinya adalah jangan panik dan ikutilah beberapa cara di atas untuk menyelamatkan file PowerPoint berharga kita.

Gambar cover – <a href=”https://www.freepik.com/free-photos-vectors/business”>Business photo created by freepik – www.freepik.com</a>


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *