Lakukan 4 Hal Ini Ketika Audiens Presentasimu Mulai Hilang Fokus

Jasa Presentasi – Terdapat banyak hal yang bisa mendistraksi perhatian audiens dari presentasi yang sedang kita sampaikan, seperti gadget, teman yang mengajak mengobrol, atau rasa kantuk karena bosan. Hal ini tentu tidak kita inginkan karena apa yang kita sampaikan tidak akan diterima oleh audiens. Untuk mencegah dan mengantisipasinya, terapkan beberapa trik berikut ini.

1. Berpindah Tempat

Terdapat banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menarik perhatian audiens, salah satunya dengan melakukan interaksi. Interaksi tidak harus dilakukan secara langsung. Kita bisa melakukan interaksi secara tidak langsung dengan berpindah tempat atau berjalan dari satu titik ke titik lainnya di atas panggung. Dengan melakukan hal tersebut, audiens akan bertanya-tanya di mana kita akan bergerak selanjutnya, dan ini berarti perhatian audiens tertuju pada kita.

2. Mengatur Kecepatan Suara

Berbicara dengan nada yang sama merupakan hal yang monoton dalam presentasi. Audiens tentu akan bosan mendengarkannya. Perlu adanya variasi dalam ritme untuk memberikan penekanan dan pembeda pada kalimat yang disampaikan. Selain itu, berubahnya ritme suara juga akan membuat penyampaian lebih menarik, sehingga audiens akan fokus dengan apa yang kita sampaikan.

‌3. Berhenti Sejenak dan Berikan Pertanyaan

Saat audiens mulai kehilangan fokus, berhentilah (diam) selama beberapa detik di tengah presentasi. Mereka otomatis akan menghentikan kegiatan dan bertanya-tanya, mengapa ia berhenti? Apakah ada yang salah? Teknik ini akan lebih powerful ketika diikuti dengan memberikan pertanyaan. Caranya, setelah memberikan pertanyaan, diamlah sejenak sambil mengedarkan pandangan ke seluruh audiens.

‌4. Menambahkan Cerita yang Relevan

Semua orang menyukai cerita, sebab cerita mengaktifkan imajinasi dan lebih mudah dicerna oleh otak manusia. Oleh karena itu, sertakanlah cerita yang relevan dan mendukung konten presentasi kita, sehingga audiens tidak mudah bosan dan tetap fokus pada apa yang kita sampaikan.

Jika kita ingin apa yang disampaikan dapat dipahami, diingat dan menginspirasi audiens, kita harus tahu cara untuk menarik perhatian mereka. Ikutilah beberapa strategi di atas untuk memastikan audiens tetap fokus dan memperhatikan apa yang kita sampaikan dalam presentasi.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *