12 Tips Ini akan Membantumu Melakukan Presentasi dengan Baik (Part 3)

Jasa Presentasi – Mengetahui bagaimana menyajikan informasi dengan cara yang dapat mempengaruhi orang lain untuk beraksi bukanlah kemampuan bawaan atau keturunan, melainkan merupakan kemampuan yang dapat diasah dengan latihan secara terus menerus. Jadi, mereka yang takut pada public speaking adalah orang-orang yang sebenarnya dapat memiliki skill tersebut, namun belum terasah dan belum terbiasa. Berikut beberapa tips lanjutan yang bisa diterapkan untuk mengasah kemampuan presentasi kita.

9. Gunakan Visual

Sebuah gambar dapat menceritakan ribuan kata. Artinya, kita bisa memberikan penjelasan lebih dalam tentang suatu hal dengan bantuan visual. Begitu juga dalam presentasi. Kita diberi sebuah alat visual yang dinamakan slide. Gunakanlah tools ini dengan menyertakan gambar dan visual yang berkaitan dan mendukung topik yang sedang dijelaskan. Pastikan slide yang kita tampilkan tidak mendistraksi mendistraksi audiens. Gunakan slide hanya sebagai pendukung visual, bukan sebagai panduan dengan menyertakan banyak teks di dalamnya.

10. Hindari Menggunakan Filler Words

Kita kemungkinan besar akan mengatakan filler words ketika merasa gugup saat melakukan presentasi. Padahal filler words dapat menjadi distraksi bagi audiens dan mengancam kredibilitas kita sebagai sumber informasi dalam presentasi. Oleh karena itu, kita perlu menghilangkannya. Lakukanlah latihan, tidak hanya ketika sedang melakukan presentasi, tetapi juga ketika sedang mengobrol dengan orang lain. Semakin kita terlatih, semakin kecil kemungkinan mereka muncul dalam situasi presentasi yang menegangkan dan membuat stress.

11. Jangan Membuat Alasan

Kita mungkin memiliki sedikit waktu untuk melakukan persiapan karena satu dan lain hal, dan terkadang hal ini berpengaruh pada penyampaian presentasi kita. Seringnya, beberapa dari kita akan mengakui hal tersebut dan memberikan banyak alasan, seperti sibuk, sakit, dan lain-lain. Hal ini tidak akan membuat audiens simpati, tetapi akan membuat mereka hilang respect kepada pembicara. Jika kita tidak dapat memberikan jawaban atas pertanyaan audiens, akuilah bahwa kita belum mengetahuinya dan akan mencari tahu untuk kemudian memberikan jawabannya nanti.

12. Tutup Presentasi dengan Pesan yang Kuat

Presentasi yang berhasil adalah presentasi yang masih diingat bahkan setelah audiens meninggalkan tempat presentasi. Jika kita telah melakukan pembukaan dan penyampaian yang menarik, pastikan kita juga menutupnya dengan memberikan kesan dan pesan yang kuat. Pertahankan rasa percaya diri sampai akhir dan tutup presentasi dengan cara yang menarik, misalnya dengan memberikan quote, cerita singkat, atau hal menarik lainnya.

 

Kita yang takut dan kurang percaya diri saat melakukan presentasi bukanlah orang yang tidak memiliki kemampuan public speaking, melainkan orang yang memiliki kemampuan tersebut namun belum terasah. Lakukan beberapa tips di atas dan 8 tips lainnya yang telah dijelaskan pada part 1 dan part 2. agar ketakutan pada presentasi dapat diatasi dan pekerjaan profesional kita dapat berjalan dengan lancar.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *