5 Tips Mempersiapkan Presentasi Mendadak

5 Tips Mempersiapkan Presentasi Mendadak

5 Tips Mempersiapkan Presentasi Mendadak

5 Tips Mempersiapkan Presentasi Mendadak

Jasa Presentasi – Pagi itu, Alex sedang duduk santai di ruang tamu sambil membaca buku ketika ponselnya berdering. Ia mengalihkan pandangannya ke layar ponsel yang tergeletak di meja, tertera nama salah satu rekannya.

“Aku butuh bantuanmu,” kata suara di seberang sana.

“Bantuan apa?” Alex bertanya.

“Pembicara seminar nanti siang membatalkan kehadirannya secara mendadak karena orang tuanya meninggal dunia. Kamu bisa menggantikannya tidak?”

“Nanti siang?”

“Iya. Tolonglah. Aku tidak tahu harus menghubungi siapa lagi. Semua yang sudah aku hubungi menolak karena mendadak,” rekannya memohon. “Tolonglah.”

“Emmm, baiklah.”

“Serius? Terima kasih, Alex. Kamu memang penyelamatku.”

Percakapan di atas mungkin pernah terjadi padamu atau mungkin akan kamu hadapi suatu saat nanti. Ketika menghadapi situasi seperti ini, apa yang akan kamu lakukan? Bagaimana menyiapkan presentasi dalam waktu yang sangat singkat? Beberapa tips berikut mungkin dapat membantu.

  1. Jangan panik

Orang mungkin akan merasa panik ketika dalam situasi mendesak. Namun panik justru akan membuat pikiran menjadi buntu. Oleh karena itu, tenangkanlah diri dan usahakan untuk tidak panik agar dapat berpikir jernih.

  1. Tentukan topik

Jika topik dan tema telah ditentukan, presenter tidak perlu bersusah payah untuk menentukannya. Ia hanya perlu mencari bahan atau materi mengenai topik. Namun jika topik atau tema belum ditentukan, presenter perlu mencarinya secepat mungkin. Bagaimana caranya? Pilihlah topik yang paling dikuasai dan disukai, misalnya mengenai hobi. Atau sesuatu yang menyenangkan dan dapat menghibur audiens. Jika presenter benar-benar buntu dan tidak mendapatkan ide mengenai topik, presenter dapat menggunakan topik yang sudah pernah disampaikannya pada audiens yang berbeda.

  1. Slide presentasi

Ketika presenter tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan persiapan, ia tentu tidak dapat mendesain slide presentasinya dengan maksimal. Dibandingkan harus melakukan presentasi dengan slide yang tidak menarik, lebih baik presenter menggunakan template yang sudah ada. Atau jika presenter akan menggunakan topik yang sudah pernah disampaikan, presenter tidak perlu membuat slide presentasi yang baru, karena dapat menggunakan kembali slide yang sudah ada. Presenter cukup melakukan pembaruan-pembaruan dan penyesuaian dengan demografi audiens. Atau terdapat pilihan lain yaitu dengan meminta bantuan kepada Jasa Presentasi yang dapat mendesain presentasi dengan cepat.

  1. Ketahui tujuan presentasi

Setiap presentasi pasti memiliki tujuan dan alasan. Apa yang ingin dijelaskan presenter kepada audiens? Mengapa presenter ingin audiens mengetahui hal tersebut? Mengapa hal tersebut penting untuk dijelaskan? Ketika presenter sudah memiliki tujuan atau gagasan utama, pastikan bahwa seluruh bahan dan materi yang akan disertakan dapat mendukung tujuan. Hindari menjelaskan terlalu banyak informasi yang mungkin tidak relevan dengan topik. Pastikan untuk menyertakan cerita baik cerita personal maupun cerita yang berkaitan dengan topik, karena manusia lebih paham jika dijelaskan dengan cerita dan contoh.

  1. Buat outline atau note

Ketika kurang persiapan, orang-orang mungkin akan menuliskan naskah presentasi sebagai cue card untuk memudahkan penjelasan. Namun hal ini justru akan menghancurkan presentasi karena selain menunjukkan kurangnya persiapan, juga menunjukkan presenter yang kurang profesional. Sebagai gantinya, buatlah outline atau catatan mengenai inti dari konten yang akan dijelaskan. Selain memudahkan untuk berlatih secara singkat, juga mempermudah untuk mengingat alur.

Mempersiapkan presentasi dalam waktu yang singkat dan mendesak memang bukan perkara yang mudah dan sangat menantang. Namun, presenter harus menghadapinya dan melakukan apa yang presenter tahu bahwa ia bisa.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *