Bagaimana Menghadapi Sesi Tanya-Jawab dalam Presentasi dengan Cerdik?

Bagaimana Menghadapi Sesi Tanya-Jawab dalam Presentasi dengan Cerdik?

Bagaimana Menghadapi Sesi Tanya-Jawab dalam Presentasi dengan Cerdik?

Bagaimana Menghadapi Sesi Tanya-Jawab dalam Presentasi dengan Cerdik?

Jasa Presentasi – Banyak presenter yang merasa takut ketika harus menghadapi sesi tanya-jawab dalam presentasi. Ketakutan ini disebabkan oleh pertanyaan yang tidak terduga yang mungkin muncul. Padahal sesi tanya-jawab merupakan kesempatan yang baik untuk menunjukkan bahwa presenter menguasai topik. Berikut 10 tips untuk mengatasi sesi tanya-jawab dengan lancar.

  1. Pikirkan pertanyaan yang mungkin muncul

Ketika melakukan persiapan, pikirkan juga pertanyaan yang mungkin muncul mengenai topik yang dibahas. Posisikan diri sebagai audiens dan bayangkan pertanyaan yang mungkin mereka tanyakan. Catat apa saja pertanyaan tersebut, kemudian temukan jawabannya. Kembangkan pengetahuan dengan mempelajari topik lebih dalam.

  1. Pancing audiens untuk bertanya

Pertanyaan merupakan indikasi bahwa audiens tertarik dengan topik yang dibahas. Oleh karena itu, sebelum sesi tanya-jawab, pancinglah audiens untuk bertanya, misalnya dengan memberikan sebuah pertanyaan kepada audiens. Hal ini untuk memudahkan audiens untuk mengungkapkan pertanyaan mereka.

  1. Lakukan kontak mata dengan audiens

Kontak mata menunjukkan bahwa presenter menghargai penanya dan pertanyaannya. Selain itu, kontak mata juga membuat audiens lain ikut terlibat di dalamnya.

  1. Dengarkan pertanyaan dengan seksama

Seringkali audiens akan memberikan pernyataan pengantar sebelum mengajukan pertanyaan. Agar presenter memahami maksude pertanyaan dan dapat memberikan jawaban yang tepat, dengarkan seluruh pertanyaan yang diajukan audiens beserta kalimat pengantarnya dengan seksama. Jika perlu, catat inti pertanyaan yang diajukan agar tidak lupa.

  1. Ulangi pertanyaan

Sebelum menjawab, ucapkanlah terima kasih atas pertanyaan yang diajukan oleh audiens. Kemudian mulai menjawab dengan mengulangi pertanyaan untuk memastikan bahwa pemahaman presenter sesuai dengan apa yang dimaksud oleh audiens. Hal ini untuk memastikan bahwa presenter akan memberikan jawaban yang tepat sesuai dengan maksud penanya.

  1. Periksa apakah pertanyaan sudah terjawab

Pastikan kepada penanya apakah jawaban yang telah diberikan presenter sudah menjawab pertanyaan atau apakah penanya sudah puas dan paham dengan jawaban yang diberikan presenter.

  1. Jangan biarkan satu orang mendominasi sesi tanya-jawab

Seringkali terdapat seorang audiens yang sangat aktif memberikan pertanyaan, bahkan sampai audiens lainnya tidak mendapat kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Oleh karena itu, jangan biarkan hal ini terjadi. Beri juga kesempatan pada audiens lainnya untuk bertanya. Katakan kepada audiens yang mendominasi sesi tanya-jawab untuk mendiskusikannya di luar presentasi.

  1. Jawab dengan ringkas dan jelas

Berikan jawaban dengan ringkas, padat, dan jelas. Hindari memberikan jawaban yang terlalu panjang dan berbelit-belit. Selain membuat penanya dan audiens lain tidak memahaminya, juga akan membuat posisi presenter sebagai sumber informasi dalam presentasi menjadi rusak.

  1. Akui jika belum mengetahui jawabannya

Ketika presenter belum bisa menjawab dan belum mengetahui jawabannya, katakanlah dengan jujur kepada penanya dan audiens. Hal ini lebih baik dibandingkan presenter memberikan jawaban yang dibuat-buat. Katakan kepada audiens bahwa presenter akan belajar kembali berkaitan dengan pertanyaan yang tidak bisa dijawabnya.

  1. Akhiri dengan kesimpulan yang kuat

Ketika memberikan jawaban, presenter pasti akan menjelaskannya dengan memberikan contoh atau perumpamaan. Untuk memastikan penanya dan audiens mengerti inti dari jawabannya, akhiri penjelasan dengan memberikan kesimpulan yang berisi tentang inti dari jawaban yang telah diberikannya.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *