Jangan Panik Saat Merasa Ada Kesalahan Dalam Presentasimu

Jasa Presentasi – Sebelum melakukan presentasi umumnya kita telah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan, seperti slide yang menarik, cara penyampaian, dan informasi yang telah dikumpulkan. Kita telah mempersiapkan segalanya bahkan sampai berlatih berbicara di depan kaca lengkap dengan gestur-gestur tubuh untuk menjalin interaksi dengan audiens. Segala persiapan tersebut dilakukan agar kita bisa memperkecil terjadinya hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Namun ternyata saat hari presentasi itu tiba, ada sesuatu yang salah sehinnga segala persiapan yang kita buat sebelumnya tidak berjalan sesuai harapan. Tentu hal ini akan membuat kita merasa panik dan kebingungan saat presentasi. Tenang, jangan terlalu panik! Ada beberapa trik yang bisa kita lakukan jika nanti kita menemukan kesalahan saat presentasi. Untuk lebih jelasnya simak berikut ini.

Kamu sedang tidak ingin presentasi

Hal ini mungkin tampak ironis, akan tetapi tak jarang terkadang semangat yang dimiliki sebelumnya justru menjadi boomerang. Kita mungkin sangat berhati-hati sebelumnya sehingga kita terlambat bangun, dan justru berangkat dengan tergesa-gesa. Dengan kondisi tersebut sangat mungkin jika kita melakukan kesalahan. Seperti terlalu panjang opening yang diberikan, atau terdapat kesalahan teknis yang diluar prediksi.

Situasi tersebut mungkin diluar kendali kita, akan tetapi hal ini dapat diatasi dengan datang ke tempat presentasi 30 menit sebelum memulai. Hal ini bertujuan agar kita bisa membiasakan diri dengan suasana tempat kita akan berpresentasi. Selain itu, malam sebelum hari presentasi sebaiknya kita tidur lebih awal, jika perlu nyalakan instumental menenangkan agar tidur lebih nyenyak sehingga kita lebih rileks menjelang presentasi.

Jika dirasa ragu, jangan lupa melakukan pengecekan ulang sehari sebelum presentasi, seperti materi, perlengkapan, bahkan pakaian yang akan dikenakan. Jika dirasa masih tegang dan panik, cobalah untuk duduk sejenak di sudut ruangan fokuskan pada diri sendiri dan hal-hal positif yang mungkin akan terjadi beberapa menit sebelum tampil di depan audiens.

Mengalami kegagalan teknis

Hal lain yang terkadang menggagalkan presentasi adalah kesalahan pada teknis, hal ini bisa karena perangkat lunak yang tidak kompatibel dengan komputer, proyektor yang tak manyala, atau komputer yang digunakan mati mendadak. Tentu kejadian-kejadian tersebut akan berdampak buruk pada jalannya presentasi.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya kita bisa melakukan latihan presentasi tanpa menggunakan slide. Cobalah lakukan gerakan tubuh yang menggambarkan informasi visual. Atau, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan garis besar dari presentasi yang dibawakan, hal ini akan menjaga diri kita untuk tetap percaya diri saat membawakan informasi. Dengan mencatat kita akan tahu bagaimana alur penyampaian informasi, sehingga apa yang kita sampaikan ke audiens tidak ngalur-ngidul.

Selain jika terjadi kesalahan teknis, sebaiknya kita segera meminta bantuan orang lain untuk menyelesaikan masalah tersebut sambil terus berkomunikasi dengan audien. Ingat jangan coba untuk menyelesaikan masalah sendirian.

Pikiranmu sedang kosong

Setelah melakukan opening, terkadang ada kalanya kita kehilangan pikiran sejenak. Saat masih terdiam, hal ini tentu membuat penonton kebingungan dan bisa saja mereka akan menarik diri dari presentasi kita jika itu berlangsung lama. Mungkin kita telah berlatih sebelumnya dan tahu persis hal apa yang akan dilakukan selanjutnya, akan tetapi terkadang rasa gugup terkadang membuat semua itu berantakan.

Untuk mengatasi hal ini ada baiknya kurangi pikiran-pikiran negatif yang mungkin memenuhi kepala kita. Selain itu, tumbuhkan rasa percaya diri dan tidak mempermasalah kekosongan pikiran yang baru saja dialami. Jika hal ini terjadi di tengah-tenga presentasi, kita bisa mengajukan pertanyaan kepada audiens.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *