Jawablah 7 Pertanyaan ini Sebelum Melakukan Presentasi

Jasa Presentasi – Kesuksesan dalam presentasi tidak akan bisa dicapai tanpa rasa percaya diri. Tanpa rasa percaya diri, kita tidak bisa menarik orang untuk membeli produk yang kita jual, kita tidak bisa meyakinkan investor untuk menanamkan modal pada bisnis yang sedang kita jalankan, dan lain-lain. Oleh karena itu, kita perlu memunculkan rasa percaya diri sebelum melakukan presentasi. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Beberapa di antaranya adalah dengan menjawab tujuh pertanyaan berikut sebelum melakukan presentasi.

1. Apa yang kita ketahui tentang audiens?

Kita seringkali hanya fokus pada apa yang ingin kita sampaikan, bukan pada apa yang audiens ingin dapatkan dari presentasi yang kita lakukan. Kita tidak akan dapat menarik perhatian mereka jika hal ini terjadi, oleh karena itu, kenalilah audiens yang akan menghadiri presentasi kita. Cari tahu berapa persentase antara audiens wanita dan pria yang akan hadir, berapa rata-rata usia mereka, tingkat pendidikan mereka, dan seberapa besar pengetahuan mereka mengenai topik yang akan dibahas. Pastikan kita dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tesebut, sehingga kita dapat menyesuaikan gaya presentasi dan materi yang akan disampaikan.

2. Apakah konten yang akan kita sampaikan menarik?

Pertanyaan ini mungkin sulit untuk dijawab jika topik yang akan kita bahas adalah topik yang berat dan terkesan membosankan, seperti presentasi hasil penelitian yang berisi banyak data dan statistik. Padahal konten yang menarik akan membawa kita pada kesuksesan dalam presentasi. Oleh karena itu, meskipun konten yang akan kita sampaikan terkesan membosankan, carilah cara untuk menyajikannya dengan menarik. Misalnya dengan menambahkan cerita atau dukungan visual.

3. Apakah gerak tubuh yang kita gunakan sudah benar?

Menurut Albert Mehrabian, sebanyak 55% dari perasaan dan sikap kita digambarkan oleh komunikasi nonverbal. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan dan mengatur gerak tubuh atau body language ketika melakukan presentasi. Pastikan gerak tubuh yang kita lakukan tidak mendistraksi dan dapat mendukung penyampaian presentasi. Lakukan kontak mata juga dengan audiens, sehingga kita lebih terhubung dengan mereka. Jika kita belum terbiasa menggunakan gerak tubuh, lakukanlah latihan secara rutin dan rekam diri kita untuk memastikan bahwa gerak tubuh kita sudah benar dan sesuai.

4. Apakah visual presentasi yang kita tampilkan sudah cukup kuat?

Slide presentasi berfungsi untuk membantu kita untuk lebih mudah dalam melakukan presentasi. Selain itu, slide presentasi juga dapat membantu audiens untuk lebih mudah memahami apa yang disampaikan secara verbal. Oleh karena itu, pastikan slide yang kita sajikan memiliki tampilan yang menarik, tetapi tidak mendistraksi audiens. Atur jumlah slide secukupnya, usahakan tidak terlalu banyak. Hindari juga menyertakan terlalu banyak teks. Pastikan slide presentasi yang kita sajikan dapat membantu dan memudahkan kita dalam menyampaikan pesan kepada audiens,

5. Apakah pakaian yang kita pakai sudah tepat?

Pertanyaan ini mungkin tidak terlalu penting untuk ditanyakan ketika kita sedang mempersiapkan presentasi. Meskipun demikian, bagaimana cara kita berpakaian menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh audiens ketika kita naik ke atas panggung. Pakaian dapat membangun kesan kita terhadap audiens. Oleh karena itu, kita perlu memilih pakaian dengan benar. Usahakan untuk tidak mengenakan pakaian yang terlalu ramai dan mendistraksi. Hindari terlalu banyak mengenakan aksesoris.

6. Apakah kita sudah mengenal ruangan yang akan dipakai dengan baik?

Ukuran, dekorasi, dan posisi podium yang akan digunakan sebagai tempat berlangsungnya presentasi dapat mempengaruhi pendekatan kita, bagaimana kita harus bergerak, berdiri, dan berpakaian ketika presentasi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kondisi ruangan yang akan kita gunakan agar presentasi yang kita lakukan bisa maksimal. Hubungi pihak yang bertanggung jawab pada tempat yang akan digunakan. Jika perlu, kita bisa mengunjungi tempat tersebut sehari atau beberapa hari sebelum melakukan presentasi.

7. Apakah kita sudah benar-benar siap?

Banyak orang yang membuat kesalahan dengan tidak melakukan latihan. Padahal latihan dapat membantu untuk memastikan apakah kita sudah benar-benar siap untuk melakukan presentasi atau tidak. Selain itu, latihan juga dapat membantu kita untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas. Lakukanlah latihan dengan merekam diri sendiri, sehingga kita bisa mengetahui apakah intonasi, gerak tubuh, ekspresi, dan bahasa yang digunakan sudah tepat. Selain itu, kita juga bisa mengetahui apakah durasi presentasi kita sudah sesuai dengan yang ditentukan.

 

Kesiapan menjadi salah satu faktor yang dapat memunculkan rasa percaya diri sebelum presentasi, oleh karena itu, pastikan kita sudah melakukan persiapan dan latihan dengan baik. Kita bisa memastikan apakah persiapan yang dilakukan sudah baik atau beleum dengan menjawab beberapa pertanyaan di atas.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *