Masih Masa Pandemi, Webinar Masih Banyak Diminati! Simak Persiapan Webinar Untuk Para Profesional

Jasa Presentasi – Selama masa pandemi seperti ini tentu masih banyak kegiatan yang harus dilakukan tanpa ada kontak fisik, mulai dari transaksi, bersilahturahmi, hingga menuntut ilmu. Banyak kegiatan akademik dan non-akademik yang dilakukan secara virtual. Kegiatan akademik bukan hanya tentang mata pelajaran atauĀ  perkuliahan saja. Kegiatan menuntut ilmu juga bisa dilakukan secara non-akademik, misalnya melalui talkshow dan webinar.

Selama masa pandemi seperti ini kegiatan seperti webinar masih banyak diminati orang-orang, baik itu kaum pelajar atau masyarakat umum. Webinar sendiri merupakan kegiatan semacam seminar atau presentasi yang dilakukan secara online. Ada banyak pembahasan yang disampaikan dalam webinar mulai dari bisnis, ekonomi, pemberdayaan, isu-isu terkini dan lain sebagainya.

Sama seperti seminar, webinar memiliki banyak manfaat seperti menambah wawasan bagi audiens dan dapat menjalin relasi dengan orang baru entah dengan sesama audiens atau dengan narasumber. Narasumber pada webinar merupakan seseorang yang sudah ahli di bidangnya, umumnya Narasumber dalam webinar lebih dari satu orang. Meskipun demikian, ternyata dibutuhkan persiapan yang matang. Karena tidak adanya proses tatap muka terkadang hal ini menjadi tantangan tersendiri. Meskipun diselenggarakan secara virtual, tentu perlu adanya interaksi dari narasumber dan audiens sama seperti seminar konvensional. Kira-kira apa saja yang harus disiapkan sebelum memulai webinar?

1. Ingat pastikan tema dan pembahasan acara sesuai dengan keahlian

Saat kamu diundang untuk mengisi webinar atau justru menjadi pihak yang turut menyelenggarakan, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan tema dan pembahasan acara sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Jangan nekat! Jangan berusaha menyampaikan sesuatu yang belum dipahami ke khalayak umum, itu berbahaya. Argumen kamu tentu harus dipertanggungjawabkan kebenarannya.

2. Jangan ragu untuk mempromosikan webinar di media sosial

Setelah kamu yakin jika tema dan pembahasan webinar sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan webinar ke media sosial, dengan menyebarluaskan acara tersebut melalui platform yang tepat. Dengan begini webinar akan diketahui banyak orang, terlebih jika pengikutmu ternyata audiens yang sudah segemented.

3. Buatlah presentasi dengan visual yang menarik

Hal yang tak kalah penting adalah slide presentasi dengan visual yang menarik, hal ini bertujuan agar audiens tetap tertarik dengan materi yang disampaikan. Jika kamu membuat presentasi hanya tulisan saja, tanpa ada penambahan aksen atau animasi maka siapapun yang melihatnya akan merasa bosan. Serta mereka akan kesulitan menyerap informasi secara optimal. Selain itu, gunakan juga gambar yang dramatis agar dapat melibatkan emosi audiens. Selain itu, perhatikan pula perpaduan warna hindari kombinasi warna mati yang dapat mempersulit daya baca audiens.

4. Lakukan brief dengan moderator

Sama seperti seminar konvensional pada umumnya, webinar juga membutuhkan peran moderator sebagai penengah antara narasumber dengan audiens. Selain itu, moderator juga bertugas untuk mengatur jalannya webinar. Sehingga sebelum memulai acara ada baiknya kita berbincang dengan sang moderator. Selain membangun kemistri, berdiskui dengan moderator juga menjadi kesempatan bagimu untuk menyampaikan beberapa hal penting.

5. Jangan lupa lakukan check sound

Sebelum melaksanakan webinar maka sempatkan waktu 1 jam untuk check sound terlebih dahulu. Hal ini sangat penting dilakukan jangan sampai ketika webinar berlangsung ada kesalahan teknik yang dapat menganggu komunikasimu dengan audiens. Selain itu, check sound juga membantu kita untuk mengetahui apakah lokasi yang digunakan terlalu berisik atau tidak.

Dengan persiapan yang tepat maka informasi akan tersampaikan dengan baik kepada audiens. Webinar memang menjadi cara agar kita tetap tetap membagi ilmu dan berinteraksi salah sama lain. Jangan sampai diri yang kurang siap justru membuat tujuan utama dari webinar tidak tercapai. Semoga informasi di atas bermanfaat.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email keĀ hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *