Ubah Laporan Perusahaan yang Membingungkan dengan Desain yang Mengesankan

Jasa Presentasi – Apakah pernah atasanmu di kantor meminta laporan? Entah itu laporan keuangan, pemasaran, dan lain sebagainya. Laporan menjadi hal yang penting dalam perusahaan karena dari laporan tersebut kita bisa tahu seefektif apa sebuah pekerjaan, mana yang harus diperbaiki, dan mana yang harus dipertahankan. Serta laporan juga menjadi salah satu alat yang mendukung perusahaan dalam mengambil keputusan.

Ada banyak laporan penting yang harus diberikan kepada bos, akan tetapi yang paling penting adalah laporan keuangan. Laporan keuangan bukan hanya sekadar pendapatan dan pemasukan saja, bagi sebagian karyawan laporan keuangan adalah kemajuan perusahaan. Untuk itu banyak pemilik usaha yang tak bisa menyepelekan laporan keuangan perusahaannya.

Seberapa penting laporan keuangan bagi perusahaan dan karyawan

Setiap tahun bahkan bulan dokumen ini sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Setiap perusahaan menggunakan laporan keuangan untuk melihat kondisi perusahaan dalam beberapa periode. Data laporan keuangan yang dimuat tentu bukan hanya sekadar pendapatan atau pengeluaran lain. Ada beberapa data lain yang turut ditulis antara lain utang, piutang, bunga bank, laba, rugi, dan lain-lain.

Sumber data-data tersebut diolah agar menjadi laporan keuangan yang jelas dan detail, umumnya disertakan juga bukti-bukti transaksi sebagai bentuk keabsahan laporan. Namun apakah laporan keuangan hanya sebatas mengetahui kondisi perusahaan? Tentu saja tidak, ada banyak hal yang menjadi alasan kenapa laporan keuangan diperlukan bagi perusahaan dan karyawan antara lain:

  1. Memberikan informasi yang jelas tentang kondisi finansial perusahaan, sehingga menjadi bahan pertimbangan bagi calon investor untuk berinvestasi di perusahaan tersebut. Selain itu, calon investor dapat memperhitungkan berapa banyak keuntungan yang mereka ambil dari hasil investasi ke prusahaan tersebut.
  2. Sedangkan dari pihak pelanggan, laporan keuangan yang diunggah dapat menjadi pegangan mereka untuk percaya dengan brand dari perusahaan tersebut. Apalagi jika perusahaaan memiliki kontrak kerjasama dengan pelanggang, laporan perusahaan dapat membuat pelanggan merasa tenang jika ingin meneruskan kontrak atau tidak.
  3. Laporan keuangan bagi para karyawan, laporan keuangan bagi para karyawan tentu memiliki fungsi yang cukup vital. Karena hal itu berkaitan dengan gaji, laporan keuangan yang stabil akan membuat mereka meningkatkan produktivitas dan betah bekerja di perusahaan.
  4. Bagi perusahaan, adanya laporan keuangan tentu menjadi evaluasi untuk setiap devisi. Dari dokumen ini perusahaan dapat mengetahui besarnya aset yang dimiliki, produk yang paling diminati pelanggan, dan lain-lain. Selain itu, laporan keuangan bagi pemerintah juga bermanfaat untuk menentukan seberapa banyak pajak yang harus dibayarkan.

Namun sering kali laporan keuangan tampak membingungkan

Laporan keuangan identik dengan angka yang diolah dalam Microsoft Excel. Tentu semua itu memusingkan bagi siapapun yang melihatnya. Laporan keuangan yang hanya menunjukkan angka, teks, dan grafik tentu tidak akan menarik. Sehingga meskipun kondisi keuangannya stabil, namun laporan keuangan dibuat biasa saja maka manfaat-manfaat yang telah dijelaskan di atas tidak bisa diperoleh. Kenapa demikian?

Karena orang tidak akan paham dengan isi laporan, bahkan mereka mungkin enggan membacanya. Meskipun laporan keuangan perusahaan terkesan hal yang penting dan krusial, bukan berarti tampilannya dibuat sekaku itu bukan? Untuk mendapatkan manfaat-manfaat di atas kita perlu membuat laporan keuangan terlihat lebih luwes.

Kita perlu menambahkan warna, bentuk, bahkan gambar yang dramatis. Sayangnya tak semua orang bisa memadupadankan elemen-elemen tersebut, kita perlu menyeimbangkan antara angka, data, narasi fakta, dengan seni visual yang berkesan. Untuk itu, jika kamu mengalami kesulitan untuk membuat laporan keuangan yang mengesankan dimata atasan ataupun pemilik perusahaan kamu bisa meminta bantuan pihak lain.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *