The Power of Three dalam Presentasi

The Power of Three dalam Presentasi

Jasa Presentasi – Banyak presenter yang kurang memperhatikan slide presentasi dan membuatnya dengan careless. Padahal slide presentasi dapat mengantarkan seorang presenter pada kesuksesan presentasi. Slide presentasi, yang merupakan visualisasi dari penjelasan secara lisan, harus didesain agar dapat menarik perhatian audiens sehingga audiens akan lebih mudah memahami dan mengingat isi presentasi. Untuk memudahkanmu dalam mendesain presentasi yang menarik, berikut beberapa teknik yang memanfaatkan the power of three untuk membuat presentasimu lebih menyenangkan, mudah dipahami, dan diingat oleh audiens.

  1. Gunakan 3 ukuran font

Untuk memberikan kontras terhadap teks yang paling penting dengan teks pendukung, kamu dapat membedakannya dengan menggunakan font yang berbeda, menebalkan teks, atau dapat juga dengan membuat ukuran teks berbeda. Hal yang paling mudah untuk dilakukan ketika ingin membuat kontras adalah dengan membuat ukuran teks berbeda. Pilah teks menjadi paling penting, penting, dan pendukung. Kemudian gunakan ukuran font yang berbeda untuk masing-masing teks tersebut. Ukuran font yang paling besar digunakan untuk teks yang bersifat paling penting. Hal ini dilakukan agar mata audiens dapat secara langsung menangkap teks tersebut dalam pandangannya.

The Power of Three dalam Presentasi

The Power of Three dalam Presentasi

  1. Pilih 3 warna

Cara lain untuk menerapkan prinsip the power of three adalah dengan membuat palet warna yang terdiri dari 3 warna. Palet warna dapat diciptakan dengan memilih warna secara manual atau dengan melakukan eyedropping dari sebuah gambar. Pastikan untuk menerapkan aturan 60-30-10 ketika memilih warna. Aturan 60-30-10 mengatakan bahwa sebuah warna harus dapat memenuhi slide sebanyak 60%, kemudian warna lainnya sebanyak 30%, dan sisanya sebanyak 10% untuk warna ketiga.

The Power of Three dalam Presentasi

The Power of Three dalam Presentasi

  1. Buat 3 kata kunci

Manusia cenderung mengingat 3 hal dari apa yang disaksikannya. Agar pesan dalam presentasi dapat diterima dan diingat oleh audiens, kamu perlu membuat 3 kata kunci untuk seluruh presentasi atau 3 kata kunci untuk masing-masing slide. Pilih 3 poin utama yang ingin kamu sampaikan kepada audiens, kemudian desain slide dengan visual yang menarik, namun tidak berlebihan.

The Power of Three dalam Presentasi

The Power of Three dalam Presentasi

  1. Kombinasikan 3 elemen dalam presentasi

Slide merupakan visualisasi presentasi yang disampaikan secara lisan. Slide membantu audiens memahami apa yang disampaikan secara lisan serta membantu daya ingat mereka akan presentasi yang telah mereka dengarkan. Oleh karena itu, agar presentasimu diingat dan pesan yang disampaikan dapat diterima audiens, kamu perlu membuat slide presentasi dengan visual yang menarik dan mudah dipahami. Untuk melakukan hal tersebut, kamu dapat memanfaatkan the power of three yang berkaitan dengan penggunaan elemen visual dalam presentasi, yaitu gambar, video, ikon, dan lainnya. Kombinasikanlah teks dengan gambar/video dan ikon.

The Power of Three dalam Presentasi

The Power of Three dalam Presentasi

  1. Gunakan grid untuk menyertakan 3 gambar

Prinsip ini dapat dimanfaatkan ketika kamu memiliki banyak gambar yang ingin disertakan dalam sebuah slide. Pilihlah 3 gambar yang paling penting atau paling utama, kemudian posisikan gambar dengan memenuhi slide. Posisikan gambar yang menjadi kunci utama atau yang menjadi poin terpenting dalam slide tersebut pada area yang paling luas atau atur gambar tersebut dengan ukuran yang paling besar dibandig gambar lainnya. Kemudian batasi masing-masing gambar dengan grid atau sekat-sekat yang jelas. Grid berfungsi untuk memberikan kesan naratif pada gambar.

The Power of Three dalam Presentasi

The Power of Three dalam Presentasi

  1. Gunakan rule of thirds

Pada artikel yang berjudul “Tips Mengambil Gambar untuk Presentasi”, telah dijelaskan mengenai teknik rule of thirds untuk mengambil gambar atau foto secara pribadi. Untuk menerapkan teknik ini, kita harus membagi foto menjadi 9 area sama besar. Fungsi area-area ini adalah untuk menjadi patokan bagi fotografer agar dapat menempatkan fokus utama atau objek utama dalam sebuah foto pada area di sebelah kanan atau kiri. Teknik ini juga dapat diterapkan ketika kamu akan menyertakan foto atau gambar sebagai background sebuah slide. Bagi slide menjadi 9 area yang sama besar, kemudian posisikan fokus gambar ke salah satu area yang ada di bagian kanan atau kiri slide.

The Power of Three dalam Presentasi

The Power of Three dalam Presentasi

 

Sumber : here


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] The power of three merupakan sebuah prinsip dalam presentasi yang memanfaatkan angka 3 untuk mendesain presentasi, seperti menggunakan 3 ukuran font yang berbeda dalam satu slide, membuat palet warna yang terdiri dari 3 warna, menyertakan 3 poin terpenting dalam sebuah slide (atau dalam presentasi secara keseluruhan), menerapkan the rule of thirds ketika menerapkan gambar pada slide, dan lain-lain. Prinsip the power of three ini muncul karena sebuah fakta yang mengatakan bahwa manusia hanya dapat mengingat 3 hal dari apa yang dilihatnya, sehingga dari pada kamu menggunakan terlalu banyak waktu menjelaskan dan menampilkan hal yang tidak akan diingat oleh audiens, lebih baik kamu menerapkan prinsip ini, sehingga presentasimu lebih efektif dan efisien. […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *